Sponsors Link

9 Cara Membuat Pakan Alternatif Lele

Sponsors Link

Budidaya lele memang menjanjikan, memberikan keuntungan yang cukup memuaskan. Beberapa orang telah melakukan hal ini sebagai suatu bisnis mereka. Anda pun sebenarnya bisa melakukan hal yang sama, namun semua tergantung dari niat masing-masing orang.

ads

Akan tetapi ternak lele berbeda halnya dengan ternak ayam. Jika pada umumnya beternak ayam hanya memerlukan kandang yang terbuat dari bambu, maka lain halnya dengan budidaya ikan. Jelas saja karena ikan harus hidup di air, yang mana tentunya anda wajib menyediakan lokasi yang strategis.

Salah satunya adalah dengan membuatkan kolam. Padahal untuk membangun kolam memerlukan dana lebih besar dari pada membuat kandang ayam yang hanya dari bambu. Belum lagi jika pada waktu membersihkan benar-benar memerlukan waktu dan tenaga.

Lele sendiri akan mudah mati jika hanya di biarkan hidup dalam tong atau wadah, apalagi jika kapasitas lele yang anda ternak cukup banyak.

Kendati demikian, ketika menuai panen akan dapat anda rasakan bagaimana keuntungannya. Ternak lele memberikan keuntungan cukup besar, meski semua tetap tergantung dari perlakuan anda.

Salah satu cara untuk memberikan kualitas hasil budidaya lele berkualitas adalah pemberian nutrisi cukup dan makan.

Pemberian gizi yang seimbang akan berpengaruh pada kesehatan lele untuk masa panen. Pakan menjadi asupan penting untuk lele yang harus anda perhatikan, tidak melulu beli karena sebenarnya anda bisa membuatnya sendiri. Cara Membuat Pakan Alternatif Lele akan di sampaikan untuk memudahkan anda dalam meracik.

Pentingnya anda membaca artikel tentang Cara membuat pakan Alternatif Lele yakni lebih meringankan anda dari hal pengeluaran, karena tidak harus setiap hari beli. Berikut akan di sampaikan beberapa cara untuk membuat pakan alternatif untuk lele. (Baca Juga: Cara Ternak Ikan Lele Organik)

Sebelumnya, yang harus anda tahu bahwa bahan organik untuk membuat pakan lele alternatif ternyata banyak di temukan disekitar kita. Lebihnya lagi yang harus diperhatikan dalam memilih bahan pembuatan pakan lele organik pengganti pelet yakni kandungan proteinnya.

Semakin tinggi kandungan protein di dalam suatu bahan, maka pakan yang dihasilkan juga akan semakin baik untuk di berikan pada lele. Adapun beberapa bahan yang dapat kita gunakan untuk pembuatan pakan lele alternatif seperti tepung ikan, tepung kedelai, bungkil kelapa, tepung jagung, dedak halus sampai dengan tepung tapioka.

  1. Persiapan Bahan

Seperti yang sudah di sebutkan, beberapa bahan yang di gunakan antara lain telah di sebutkan di atas. Langkah pertama untuk membuat pakan alternatif lele yakni dengan menyiapkan semua bahan-bahannya. Pastikan semua bahan dasar yang di perlukan tidak perlu mencari-cari lagi alias benar-benar telah tersedia.

  1. Menyiapkan Wadah

Siapkan wadah atau ember yang akan di pakai untuk membuat pakan lele. Gunakan wadah yang steril, karena dengan wadah yang higienis maka kesehatan lele tetap terjaga. Ember yang di butuhkan tidak usah terlalu besar, ukuran sedang saja. (Baca Juga: Budidaya Lele Organik di Kolam Terpal)

  1. Pencampuran

Setelah bahan serta media yang di perlukan telah siap, anda hanya tinggal memproses untuk membuat pakan lele. Caranya yakni dengan mencampurkan semua bahan seperti tepung ikan, tepung kedelai, tepung jagung dan ragi tempe menjadi satu serta diaduk sampai tercampur rata. Pastikan semua telah menyatu dengan baik, dan selanjutnya anda bisa menambahkan sedikit air agar adonan menjadi lebih kalis.

Sponsors Link

  1. Fermentasi Sementara

Dikatakan fermentasi karena proses ini akan di diamkan terlebih dahulu, hanya saja tidak sampai dua hari hingga lebih. Cukup dengan memasukkan adonan kedalam wadah yang telah di siapkan dan ditutup rapat, jangan sampai ada celah sedikitpun. Kemudian diamkan selama kurang lebih 12 jam.

  1. Penggilingan

Adapun bahan yang perlu di giling adalah ikan asin dan daun pepaya. Proses ini di lakukan sampai keduanya benar-benar halus dan lembut. (Baca Juga: Budidaya Lele Sangkuriang di Kolam Terpal)

  1. Pencampuran Ikan Asin

Setelah masa 12 jam terlewati, anda bisa membuka fermentasi pakan lele. Kemudian campurkan dengan gilingan ikan asin dan daun pepaya. Aduk-aduk dengan pelan atau campurkan hingga rata dan membentuk adonan kalis.

  1. Pencetakan

Adonan yang telah di campur dengan ikan asin dan daun pepaya akan di cetak. Mesin yang di gunakan untuk mencetak adalah mesin pelet. Untuk proses pencetekan ini sangat diperlukan sebab selain mudah untuk Anda simpan, pemberiannya terhadap lele pun juga mudah.

Sponsors Link

  1. Masa Penjemuran

Setelah di cetak dengan menggunakan mesin pelet, pakan masih belum bisa di berikan pada lele. Hal itu karena pakan harus mengalami penjemuran terlebih dahulu. Proses ini dilakukan sampai dengan adonan benar-benar kering. (Baca Juga: Cara Ternak Lele Dumbo)

  1. Siap di Berikan Pada Lele

Setelah melalui 8 tahap di atas, akhirnya pakan bisa di berikan pada lele. Untuk teknik pemberian pakan ini Anda juga harus menebarnya secara merata, hal ini dikarenakan supaya lele tidak mengumpul di satu tempat saja sehingga lele satu dengan yang lainnya dapat saling melukai.

Demikianlah panduan cara membuat pakan alternatif Lele dapat Anda coba terapkan sendiri pada ternak lele yang sedang Anda kelola dan semoga bisa membantu para pembudidaya semua. Dengan membuat pakan sendiri tentu akan menghemat pengeluaran nantinya. Selamat mencoba dan salam sukses!

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 19th, August 2018 / 06:22 Oleh :
Kategori : Ikan