Sponsors Link

5 Cara Membuat Pakan Udang Vaname Sendiri

Sponsors Link

Pakan yang diberikan dalam proses pembudidayan ikan dan hewan laut lain tentu sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil panen maupun besar kecilnya modal usaha atau ongkos produksi yang harus dikeluarkan termasuk dalam proses pembudidayaan udang vaname.

ads

Untuk dapat menekan biaya produksi dari proses pembudidayaan udang vaname tersebut maka perlu upaya dalam hal ini membuat pakan sendiri yang lebih mudah namun tetap memiliki kualitas yang memadai untuk menghasilkan udang vaname berkualitas baik.

Berikut ini beberapa cara membuat pakan udang vaname sendiri yang dapat menjadi salah satu alternatif pembudidaya untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan atau udang yang murah namun tetap bernutrisi.

  1. Pemilihan bahan pakan

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam proses atau cara membuat pakan udang vaname sendiri adalah memilih bahan pakan yang sesuai dengan kebutuhan. Bahan terbagi menjadi dua yakni bahan protein hewani dan bahan protein nabati. Beberapa bahan pangan berupa protein hewani diantaranya seperti tepung ikan, tepung darah, tepung keong mas.

Sedangkan untuk bahan protein nabati diantaranya seperti dedek halus, bungkil kedelai, jagung kuning, bungkil kacang tanah, minyak nabati, dan beberapa jenis hijauan. (Baca juga : Cara membuat pakan lele dari ampas tahu)

  1. Penimbangan dan penghalusan bahan

Setelah bahan dipersiapan dan ditentukan mana yang akan digunakan maka langkah selanjutnya adalah menghaluskan bahan baku dan kemudian menimbang sesuai dengan komposisi yang diinginkan.

Semua bahan baku yang sudah dihaluskan ditimbang sesuai dengan perhitungan berdasarkan formula yang dibuat. Dalam proses pembuatan pakan udang vaname hampir sama dengan pembuatan pakan ikan dalam hal penentuan komposisi proteinnya. (Baca juga : Cara membuat pakan lele dari dedek)

  1. Pencampuran bahan baku

Bahan baku yang sudah ditimbang dan dihaluskan dapat segera dicampur secara merata dengan bantuan mesin mixer. Jika memang tidak tersedia mesin mixer maka dapat menggunakan cara manual dengan tangan.Dalam proses pencampuran ini, bahan protein nabati dan bahan protein hewani sebaiknya dicampur satu sama lain terlebih dahulu dan baru mencampurkan keduanya. Untuk mendapatkan pencampuran yang baik maka perlu ditambahkan bahan perekat yang biasanya adalah tepung kanji maupun tepung tapioka. (Baca juga : Cara membuat pakan buatan untuk ikan nila)

  1. Pembentukan pellet

Jika memiliki alat extruder yang memang khusus digunakan sebagai mesin pembuat pellet maka langkah pencampuran, pembentukan pellet. dan pengeringannya akan lebih mudah dikerjakan karena dapat berlangsung dalam satu proses saja.

Tanpa menggunakan alat extruderpun pembentukan pellet dapat diakali dengan menggunakan tanggan secara langsung satu persatu atau menggunakan mesin penggiling daging. Dalam proses atau cara membuat pakan udang vaname sendiri ini pastikan ketika proses pembentukan pellet campuran yang ada sudah terbagi secara merata dan tidak ada gumpalan gumpalan. (Baca juga : Budidaya udang di lahan sempit)

  1. Pengeringan pakan

Langkah terakhir yang perlu dilakukan sebelum pakan diberikan kepada udang vaname adalah melakukan pengeringan pellet tersebut. Dalam industri pakan ikan maupun udang, pellet akan dikeringkan menggunakan oven besar maupun dalam mesin extruder.

Untuk sekala kecil, pellet dapat dikeringkan dengan bantuan sinar matahari langsung dalam beberapa hari hingga kadar air yang ada benar benar minimal. Pengeringan pellet merupakan salah satu cara untuk mengawetkan pellet agar dapat digunakan seterusnya. Pellet yang sudah kering sebaiknya disimpan dalam kantong plastik yang kedap. (Baca juga : Cara membuat pakan ternak ayam organik )

Itulah beberapa cara membuat pakan udang vaname sendiri yang dapat diperhatkan dan diikuti oleh para pembudidaya udang vaname untuk menekan biaya produksi yang ada. Selain murah, pakan yang dibuat sendiri dapat lebih menyesuaikan kebutuhan yang ada pada masing masing pembudidayaan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 24th, August 2018 / 09:41 Oleh :
Kategori : Udang