Sponsors Link

15 Cara Memelihara Arnab di Dalam Rumah

Sponsors Link

Arnab atau biasa disebut dengan kelinci merupakan hewan mamalia memamah biak yang memiliki telinga panjang sehingga pendengarannya juga sangat tajam. Arnab adalah hewan peliharaan yang sangat menyenangkan dan bisa dipelihara baik di dalam rumah maupun diluar rumah.

ads

Seperti jenis hewan peliharaan yang lain, arnab juga membutuhkan pemeliharaan yang baik seperti pemberian pakan yang layak, waktu bermain cukup sekaligus mempererat hubungan atau bonding dengan arnab tersebut. Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai cara memelihara arnab di dalam rumah yang bisa anda terapkan khususnya bagi anda pemula.

  1. Jauhkan Arnab Dari Anak Anak

Arnab adalah hewan peliharaan yang rapuh sehingga tidak cocok jika dipelihara oleh anak anak. Berbeda dengan anjing atau kucing, arnab tidak bisa teriak saat sedang terganggu atau tersakiti sehingga biasanya akan mencakar atau menggigit untuk memperlihatkan jika ia sedang merasa terganggu. Selain itu, saat anak anak menggendong arnab dan terjatuh, maka risiko patah tulang khususnya tulang punggung juga akan semakin meningkat.

  1. Perhatikan Biaya Pemeliharaan Arnab

Seperti hewan peliharaan lain, cara memelihara kelinci di rumah atau arnab juga membutuhkan biaya khusus seperti makanan, tempat tidur, kunjungan ke dokter hewan dan juga tempat untuk buang liar. Anda tentunya harus menyiapkan dana sekitar beberapa juta dalam setahun untuk pemeliharaan arnab khususnya saat arnab sedang sakit dan memerlukan perawatan tambahan.

  1. Pastikan Memiliki Cukup Ruang

Arnab juga membutuhkan area yang cukup luas untuk bermain khususnya di dalam ruangan. Arnab butuh tempat cukup luas agar bisa berlari, melompat sekaligus bermain sebanyak beberapa jam sehari. Pastikan semua area diberi pagar dan diawasi dengan baik agar tidak ada pemangsa. Berikan area nyaman agar arnab bisa bermain seperti layaknya anda memiliki seorang bayi.

  1. Siapkan Sangkar

Anda bisa membeli atau membuat sangkar sendiri untuk memelihara arnab di dalam rumah seperti cara memelihara kelinci di musim hujan. Pastikan sangkar cukup besar untuk kotak buang air kecil, mangkuk untuk makanan dan juga minum serta ruang gerak yang cukup. Minimal sangkar harus empat kali panjang dari tubuh arnab dan jika ingin membuat sangkar snediri, maka bisa dibuat dari lembar jaring kawat yang bisa dilepaskan dari bingkai kotak kayu sehingga mudah untuk dibersihkan.

  1. Berikan Makanan Sesuai

Hampir semua arnab dewasa mengkonsumsi jerami, namun sebaiknya hindari memberikan jerami alfalfa karena bisa menyebabkan arnab sakit perut. Sedangkan untuk pemberian biji bijian sebaiknya diberikan dalam jumlah sedikit sekitar 1/3 cangkir per hari untuk arnab kecil.

Selebihnya bisa diberikan pakan berupa sayuran hijau dan buah buahan. Lengkapi kebutuhan gizi arnab dengan pelet, sayuran seperti brokoli, daun wortel, bok coy, daun ketumbar, bit, sawi, kubis, kol dan segala jenis daun hijau lain.

Sponsors Link

  1. Periksa ke Dokter Hewan

Tidak berbeda dengan cara merawat kelinci anggora, arnab juga membutuhkan pemeriksaan dokter hewan dengan teratur. Selain untuk memberikan vaksinasi, dokter hewan nantinya juga bisa memprediksi kapan arnab peliharaan anda membutuhkan perawatan medis sebab arnab sangat pintar untuk menyembunyikan rasa sakit tidak seperti jenis hewan lainnya.

Untuk itulah agak sedikit sulit dalam mendeteksi kapan arnab membutuhkan perawatan lebih lanjut. Selain itu, memeriksakan arnab ke dokter hewan dengan teratur juga sangat penting sebab anda bisa mendapatkan beberapa tips terbaik dari dokter hewan berhubungan dengan tingkah laku dan juga beberapa hal yang perlu diperhatikan dari arnab.

  1. Berikan Area Bermain

Arnab merupakan hewan yang sangat senang bermain seperti menjatuhkan barang dan terkadang menggelindingkan barang seperti bola.

Selain itu, arnab juga senang mencuri sesuatu sehingga anda harus memastikan semua barang barang di dalam rumah aman dimainkan. Buatlah area bermain yang menyenangkan untuk arnab seperti merancang rak terbuka susun bertingkat dan juga pagar yang semua bahannya bisa anda beli dengan mudah di toko perlengkapan. Pastikan lubang lubang pada rak tidak terlalu besar untuk kaki arnab.

Selain itu, tambahkan juga sebuah kotak tempat untuk arnab bersembunyi. Carilah sebuah kotak yang berukuran lebih besar dari tubuh arnab dan buatlah bukaan di kedua sisi sehingga membentuk seperti terowongan.

ads

  1. Hindari Terlalu Sering Memeluk Arnab

Meski arnab terlihat sangat menggemaskan, namun sebenarnya arnab tidak terlalu suka jika terlalu sering dipeluk atau dibelai. Selain itu, arnab juga seringkali takut saat anda mencondongkan tubuh kearahnya saat akan mengangkat atau menggendong arnab dan bisa memperlihatkan seperti tanda kelinci anggora sakit.

Hal ini bisa terjadi karena arnab adalah hewan mangsa dan gestur saat anda akan menggendongnya akan terlihat seperti seekor burung pemangsa yang hendak menerkam arnab tersebut. Saat anda ingin membelai arnab, maka lakukan cukup sebentar, sebab jika terlalu lama kemungkinan ia akan menggigit.

  1. Sediakan Kotak Kotoran yang Sesuai

Karena arnab akan dipelihara di dalam rumah, maka pastikan untuk menyiapkan kotak kotoran meski sebenarnya arnab tidak menyukai kotak kotoran jenis tertentu.

Anda bisa menyiapkan kotak kotoran tertutup dengan ketinggian dinding beragam namun jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu pendek asalkan cukup nyaman untuk dimasuki arnab. Beberapa jenis litter yang biasanya digunakan untuk arnab diantaranya adalah cat litter silika, sobekan kertas, serutan kayu namun bukan serutan kayu pinus dan cedar, rumput kering dan jerami.

Pastikan litter yang dipakai tidak menggumpal dan tidak terbuat dari tanah lempung sebab bisa berbahaya jika tertelan atau terhirup oleh arnab.

  1. Hindari Memberikan Vitamin

Pemberian vitamin sebagai suplemen makanan arnab sebaiknya dihindari sebab jika arnab dalam keadaan sehat, maka suplemen juga tidak dibutuhkan seperti dalam cara untuk beternak kelinci. Selain itu, hindari memberikan wortel pada arnab sebab bisa berbahaya untuk kesehatannya. Pemberian wortel tidak boleh dilakukan setiap hari namun hanya bisa diberikan 1 kali dalam seminggu saja.

  1. Berikan Banyak Rumput Kering

Rumput kering adalah hal penting yang harus anda miliki jika ingin memelihara arnab di dalam rumah. Rumput kering ini bisa digunakan sebagai alas kandang, litter, makanan dan juga mainan untuk arnab. Rumput kering dibutuhkan arnab agar asupan serat dalam tubuhnya bisa terpenuhi untuk mendukung pencernaan yang sehat.

Rumput kering ini juga bisa digunakan arnab untuk menggali dan menjadi tempat hiburan yang sangat menyenangkan untuk arnab khususnya jika anda juga menyembunyikan camilan seperti sereal atau potongan apel dalam alas kandang tersebut.

  1. Tambahkan Ranting Pohon

Untuk tambahan mainan arnab, ana bisa membuat mainan dari boks karton yang diberi lubang untuk tempat bermain seperti cara memelihara kelinci anggora. Selain itu, tambahkan juga ranting pohon yang tidak beracun dan sudah dikeringkan setidaknya selama 6 bulan sebelum diberikan yang nantinya akan digunakan arnab untuk digigiti. Pastikan juga ranting tersebut asli dan tidak disemprot dengan bahan kimia.

  1. Sediakan Tempat Makan Sesuai

Belilah tempat makan atau mangkuk yang sesuai bagi arnab. Arnab membutuhkan mangkuk pakan sebagai tempat makanan yang bisa dipilih dari bahan berat seperti keramik agar mangkuk tidak sering tergelincir saat sedang menginjak mangkuk tersebut. Selain itu, pastikan dinding mangkuk memiliki ketinggian yang cukup agar bisa menampung makanan namun juga cukup rendah agar mudah dijangkau arnab.

  1. Sediakan Mangkuk Air Minum

Selain menyediakan mangkuk untuk makan, mangkuk air minum atau botol juga harus disediakan namun sebaiknya siapkan juga beberapa botol cadangan.

Pilihan terbaik untuk wadah minum adalah mangkuk sebab arnab sering merasa kesal jika harus minum dari botol sehingga pilihan terbaik adalah mangkuk keramik seperti mangkuk yang digunakan sebagai tempat makanan arnab. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan arnab sesudah minum seperti cara membersihkan kelinci agar tetap bersih dan sehat.

  1. Biarkan Arnab Berinteraksi Dengan Sendirinya

Pastikan juga anda tidak memaksa arnab agar bisa berinteraksi dengan anda khususnya jika anda baru saja membelinya. Biarkan ia keluar sendiri dari kandang dan melompat lompat. Biarkan arnab mendekati anda dan hindari terlalu banyak bergerak sehingga nantinya ia akan dengan sendirinya menghampiri anda dan mengendus.

Berikan sayuran dalam jumlah kecil sebesar ujung ibu jari dan biarkan ia memakan sayuran tersebut. Jika arnab masih terlihat waspada, maka tetap duduk dengan tenang dan bicara secara lembut. Jangan bergerak terlalu cepat karena arnab bisa sangat ketakutan.

Tips Memelihara Arnab

  • Jika anda ingin memelihara sepasang arnab jantan dan betina, maka keduanya harus dinetralkan untuk menghindari anak anak arnab saling kawin. Selain itu, arnab betina sudah bisa mencapai tingkat kedewasaan seksual saat berumur 5 bulan sehingga jika tidak segera dinetralkan, maka akan banyak keturunan dari arnab yang mungkin akan membuat anda sedikit kebingungan dalam mengurusnya.
  • Periksa gigi arnab sebulan satu kali untuk memeriksa kerapihan gigi dan melihat apakah ada bagian gigi yang harus dipotong. Jika gigi tidak rapi, maka akan banyak air liur yang keluar dari mulutnya dan timbul masalah saat makan sehingga harus segera dibawa ke dokter hewan.
  • Hindari arnab merasa gerah atau panas karena mereka memiliki bulu tebal, pastikan suhu didalam rumah tetap nyaman dan sejuk.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 11th, May 2018 / 01:49 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan