Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Kutu Jarum Pada Ikan Hias

Sponsors Link

Kutu jarum atau dikenal juga dengan kutu jangkar merupakan parasit berukuran besar yang kadang nampak menyerang ikan hias peliharaan anda. Nah, mungkin anda salah satunya yang mempunyai ikan hias dan terserang parasit ini.

ads

Parasit ini disebut kutu jarum lantaran bentuk tubuhnya memang mirip seperti jarum yang menempel pada ikan. Lalu dikenal juga dengan kutu jangkar karena parasit ini menggunakan semacam kait mirip jangkar di kepalanya untuk menempel di tubuh ikan. Lalu bagaimana cara mengatasi Kutu Jarum pada Ikan Hias tersebut?

Ikan hias yang mulai terserang parasit jarum tersebut akan memperlihatkan kondisi tubuh atau badan dengan adanya bintik mirip jarum yang menempel. Benda tersebut akan terlihat kecoklatan agak kelabu dan umumnya mempunyai panjang sekitar 6 mm. Kutu atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan anchor worm ini sebenarnya merupakan krustacea yang menempel pada tubuh ikan guna menghisap darah dan memakan sebagian dari sel-sel ikan atau sari makanan pada tubuh ikan. Terdapat berbagai macam jenis kutu jarum, akan tetapi yang paling sering ditemukan adalah jenis Lernae cyprinacea.

Apapun macam atau jenisnya, anda hanya perlu memahami beberapa cara untuk mengatasinya seperti yang di sampaikan berikut ini:

Cara Mengatasi Kutu Jarum Pada Ikan Hias

1. Memperhatikan Gejala Awal

Ikan hias yang telah terserang kutu jamur akan menunjukkan tingkah laku yang aneh dan tidak biasa. Umumnya ikan peliharaan anda akan sering menggesekkan tubuhnya di dinding akuarium dan di bebatuan dasar akuarium. Oleh karena itu perhatikan tubuhnya tentu anda akan menyadari ternyata ada semacam benda mirip jarum yang menempel di dekat sirip punggung ikan hias peliharaan. (Baca Juga: Cara Membuat Vitamin Untuk Ikan Hias)

2. Mengenali Penyerangan Kutu Jarum

Kutu yang dalam bahasa inggris disebut dengan anchor worm ini sebenarnya merupakan krustacea yang bermaksud menjadi parasit dengan cara menempel pada tubuh untuk menghisap darah dan memakan sebagian dari sel sel ikan hias peliharaan anda sehingga akan sangat berbahaya dan beresiko pada kematian.  Inilah yang harus anda pelajari jika mendapati ikan hias anda tidak seperti biasanya.

3. Langkah Pencabutan

Tahap yang ketiga ini adalah pencabutan kutu jarum tersebut dengan menggunakan pinset. Ini merupakan cara yang mudah dilakukan dan hal pertama yang harus anda lakukan. Akan tetapi pada saat pencabutan anda harus berhati-hati sekali, hal ini karena untuk menjaga kulit sang ikan. Jika anda terlalu keras dalam pencabutannya maka bisa membuat kulit ikan hias menjadi robek. Demikian ini karena jaringan penyakit kutu jarum tersebut berbentuk seperti kail dan mengikat. (Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Hias dalam Toples)

4. Pemberian Antibiotik

Usai anda telah berhasil melakukan pencabutan kutu jarum pada ikan hias, maka segeralah memberikan tambahan seperti antibiotik yang di masukkan di dalam air kolam atau aquarium dimana ikan hias anda di pelihara. Antibiotik ini bisa anda beli di toko ikan semua terdekat. Kegunaan antibiotik ini guna melawan serangan bakteri atau segala jenis penyakit seperti parasit dan lain sebagainya.

Sponsors Link

5. Jaga Kebersihan

Cara mengatasi kutu jarum yang menjangkit Ikan Hias Anda lainnya yakni dengan menjaga kebersihan. Dimanapun anda menaruh atau memelihara sang ikan, baik dalam sebuah aquarium atau kolam maka anda harus terbiasa dan tlaten melakukan kebersihan. Salah satu misalnya yakni sering mengganti air aquarium atau mengurasnya.

Begitu pula dengan kolam, anda harus rajin menguras dan mengganti air dengan yang lebih baru. Kondisi kolam atau aquarium yang kotor bukan saja sebagai sarang penyakit namun juga akan memperburuk kesan ikan hias tersebut. Dengan kondisi tempat yang kotor maka ikan akan jauh dari kesan cantik. (Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Sapu Sapu Hias)

6. Pertahankan Kondisi Steril

Guna mengatasi penyakit penyakit kutu jarum pada ikan hias peliharaan anda selanjutnya, yang harus dilakukan yakni menjadikan ikan peliharaan anda lebih steril, caranya yakni sebagai berikut.

  • Siapkan toples kosong yang berisi dengan air
  • Pindahkan ikan hias anda dari aquarium / kolan ke dalam toples tersebut
  • Bersihkan kolam atau aquarium sebersih mungkin
  • Masukkan air yang baru ke dalam aquarium atau kolam.
  • Tambahkan antibiotic ke dalamnya.
  • Pindahkan ikan yang di toples ke dalam aquarium atau kolam.

7. Berikan Bubuk Abate

Bubuk abate yang biasanya digunakan untuk membasmi jentik jentik nyamuk ternyata dapat mengatasi penyakit ikan hias seperti kutu jarum dan caranya cukup mudah untuk dilakukan. Anda cukup menambahkan bubuk abate pada aquarium tempat ikan hias milik anda di letakkan. Akan tetapi perlu anda ingat bahwa dosis bubuk abate yang ditambahkan haruslah pas dengan kapasitas air pada aquarium anda. (Baca Juga: Jenis Ikan Pembersih Untuk AquaScape)

8. Angkat Kutu Jarum dengan Tangan

Penyakit kutu jarum dewasa mempunyai ukuran tubuh yang cukup besar, sehingga hal ini nampak dengan mata telanjang. Sebenarnya untuk mengatasi serangan penyakit kutu jarum dewasa cukup mudah. Adapun yang perlu dilakukan adalah dengan cara mencabut kutu tersebut dari tubuh ikan hias secara langsung dengan menggunakan tangan.

Itulah beberapa cara mengatasi Kutu Jarum pada Ikan Hias Anda agar kesehatannya lebih terjaga, begitu juga dengan penampilannya. Semoga berhasil.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, April 2019 / 16:36 Oleh :
Kategori : Ikan