Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan Koi

Koi adalah salah satu jenis ikan cantik yang banyak di sukai orang. Ikan hias ini identik dengan harga mahal, sehingga harus benar-benar di jaga kesehatan dan perkembangannya. Akan tetapi sepandai-pandainya anda dalam memelihara ikan, terkadang masih saja menemui beberapa masalah.

Salah satu kejadian yang sering kali ditemui oleh peternak ikan adalah penyakit yang menyerang, mulai dari skala ringan hingga berat. Disini yang di maksud bukan saja penyakit serius, namun parasit seperti kutu yang seringkali terjadi. Bicara mengenai kutu, jenis yang banyak di jumpai pada ikan koi yakni kutu jarum.

Kutu jarum atau disebut juga dengan kutu jangkar merupakan parasit yang berukuran besar dan kadang nampak menyerang ikan hias peliharaan, seperti koi. Parasit ini disebut sebagai kutu jarum lantaran bentuk tubuhnya memang lebih mirip dengan jarum yang menempel pada tubuh sang ikan. Lalu disebut juga sebagai kutu jangkar lantaran parasit ini menggunakan semacam kait mirip jangkar yang ada di kepalanya untuk menempel di tubuh ikan hias anda. Tanda-tanda bahwa koi anda terserang kutu jarum yakni timbul bintik putih dan kelincahan berkurang.

Lalu bagaimana cara menghilangkan Kutu Jarum pada Ikan Koi jika mengalami seperti kasus tersebut? Pastinya anda sebagai pemilik koi terus berupaya agar sang ikan mampu hidup normal kembali tanpa adanya gangguan penyakit-penyakit atau parasit. Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda simak. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kutu Jarum Pada Ikan Hias)

Cara Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan Koi

1. Kenali Gejalanya

Pahami gejala sang ikan koi anda, ketika sehat dan sakit pasti ada tanda-tanda mencolok yang bisa di ketahui. Salah satunya yakni kelincahan yang semakin menurun. Seperti yang anda ketahui semua, bahwa ikan koi adalah jenis ikan lincah gerak sana kemari. Apabila anda melihat koi tenang, lesu atau tak banyak aktifitas maka di pertanyakan. Biasanya itu tanda awal bahwa ikan sudah merasakan tidak enak pada tubuhnya.

2. Pindahkan ke Tempat Lain

Jika tanda-tanda awal sudah di ketahui dari gerakan ikan yang mulai menurun, maka langkah selanjutnya yakni memindahkan pada tempat lain. Jadi, apabila terdapat dua ikan dalam kondisi berbeda dengan yang lain maka pindahkan pada tempat lain agar tidak menularkan virus ke ikan yang lain. Selain itu anda bisa lebih banyak lakukan pengobatan keduanya secara intensif dan optimal. Demikian akan bagus bagi pemulihan koi. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan Arwana)

3. Ganti Air

Ganti air dengan yang bersih, meskipun sudah terlihat bersih namun jika anda menemukan ikan koi kurang sehat maka pindahkan beberapa ikan yang sakit dan ganti semua air yang ada karena air tersebut bisa saja terkontaminasi dengan virus jahat dari kutu jarum yang di bawa ikan. Sehingga anda pun juga harus membersihkan air dan kolam atau aquarium agar tidak terjadi penularan.

4. Masukkan Antibiotik

Taburkan antibiotik pada kolam atau aquarium anda, hal ini dikarenakan obat cair tersebut cukup berguna untuk membersihkan dan mensterilkan air. Ketika kolam ikan bersih dan steril, maka kecil kemungkinannya atau bahkan tidak akan ada sama sekali ikan yang terjangkit kutu jarum. Untuk harga dari antibiotik perawatan ikan tidak mahal, anda bisa membeli di kios ikan dengan harga terjangkau. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Kenari)

5. Berikan Dimilin

Jangan lupa berikan obat untuk ikan-ikan koi anda yang terserang kutu jarum. Untuk menghilangkan Kutu Jarum yang terjadi pada Ikan Koi, Anda dapat menggunakan obat jenis dimilin. Tentu saja bagi semua penghobi koi, dimilin tidak asing lagi. Obat ini dipercaya sangat ampuh untuk memberantas berbagai jenis parasit pada ikan termasuk kutu jarum. Sedangkan untuk cara kerja dimilin sendiri, dimilin akan perlahan membunuh parasit kutu jarum atau jangkar secara ampuh.

6. Berikan Bubuk Abate

Banyak yang tidak mengetahui bahwa bubuk abate yang umumnya untuk membasmi jentik-jentik bisa di gunakan memberantas kutu jarum. Caranya cukup mudah, campurkan pada kolam atau aquarium anda secara berkala sampai ikan benar-benar sembuh. Minimal yakni 3 hari sekali sembari penggantian air. (Baca Juga: Jenis Pakan Alami Untuk Ikan)

7. Angkat Kutu Jarum dengan Tangan

Penyakit yang merugikan koi seperti kutu jarum dewasa mempunyai ukuran tubuh cukup besar sehingga nampak dengan mata telanjang begitu saja. Sebenarnya untuk mengatasi serangan dari parasit kutu jarum dewasa tersebut sangat mudah. Disini yang perlu anda lakukan adalah dengan cara mencabut kutu tersebut dari tubuh ikan koi peliharaan menggunakan tangan. Kutu jarum atau kutu jangkar dapat dicabut langsung dengan jari tangan anda secara perlahan.

8. Cabut dengan Pinset

Selain menggunakan tangan telanjang, cara menghilangkan Kutu Jarum berikutnya yakni mencabut menggunakan pinset. Akan tetapi perlu di cermati bahwa dalam melakukan pencabutan tersebut haruslah hati-hati, jangan sampai melukai atau merobek kulit koi. (Baca Juga: Cara Merawat Ikan Arwana Kecil)

Demikianlah mengenai cara menghilangkan kutu jarum pada ikan koi yang telah di sampaikan, selamat mencoba dan sukses selalu merawat ikan hias koi. Jangan lupa untuk rutin menjaga steril kolam agar parasit sulit datang.

, , , , , , ,
Post Date: Friday 19th, April 2019 / 23:01 Oleh :
Kategori : Ikan