Sponsors Link

8 Jenis Ikan Pembersih Kaca Kolam

Sponsors Link

Setiap orang mempunyai tujuan dan hobi masing-masing. Ada beberapa yang hobinya tersebut hanya untuk kesenangan saja, dan sebagian penghobi ada yang dimanfaatkan untuk mengais rupiah. Bicara saja mengenai ikan, dimana dengan hobi memeliharanya sekaligus bisa untuk menjadi bisnis. Caranya adalah dengan berbudidaya ikan, dan seperti yang anda ketahui akan ragam jenis ikan.

ads

Salah satu yang paling banyak dijual adalah ikan hias dan semua jenis pembersih kaca. Ikan pembersih kaca memang banyak di pilih seseorang karena manfaatnya, yakni mampu membersihkan kolam sebagaimana namanya. Untuk itu jenis ikan ini cocok sekali bagi anda yang malas membersihkan kolam atau terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan yang lainnya. Terdapat banyak jenis Ikan pembersih kaca kolam yang bisa anda ketahui, seperti beberapa poin berikut.

Munculnya lumut atau sejenis alga di dalam kolam memang sulit sekali untuk dihindari, apalagi jika anda sudah sangat sering tidak membersihkan kolam tersebut maka lumut tidak terhindarkan lagi. Parahnya lagi, jika lumut tersebut di biarkan maka kondisi kolam akan kotor dan bukan tidak mungkin lagi jika parasit mulai datang dan virus-virus penyerang lainnya. Berikut ini beberapa macam Ikan Pembersih Kaca Kolam yang bisa anda simak.

Jenis Ikan Pembersih Kaca Kolam

1. Ikan Pembersih Kaca CAE

CAE atau Chinese Alga Eater adalah jenis pembersih kaca kolam yang cocok anda pelihara. Ikan CAE merupakan jenis ikan herbivora pemakan lumut yang ada di dalam air. Adapun warnanya yakni kuning dan putih. Ikan ini juga kerap kali di kenal sebagai lemon algae eater yang dapat tumbuh hingga ukuran 28 cm dan hanya bisa memakan lumut atau alga saat ketika masih kecil. Pada saat ikan ini mulai dewasa maka sudah berhentilah memakan lumut atau alga. Namun hal ini akan membahayakan jenis ikan yang lainnya karena ikan pembersih kaca CAE dewasa akan mengganggu ikan yang lain. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan Koi)

2. Ikan Pembersih Kaca SAE

Hampir mirip namanya dengan poin pertama, yakni untuk jenis yang kedua adalah pembersih kaca SAE. Jenis SAE atau Siamese Algae Eater merupakan salah satu jenis ikan pembersih kaca yang tugasnya sebagai pemakan alga popular dikalangan pecinta ikan. Berbeda dengan ikan CAE yang lebih suka menganggu ikan lainya ketika sudah mulai dewasa, ikan SAE cenderung lebih mampu bersahabat dengan jenis ikan yang lainnya. Selain memakan lumut atau alga, SAE juga bisa memakan cacing pipih yang mampu menganggu ekosistem di dalam kolam.

3. Ikan Pembersih Kaca Oto

Oto atau Otocinclus Affinis adalah jenis pembersih kaca yang berasal dari perairan berazil tenggara. Spesifikasi ikan ini mempunyai ukuran tubuh yang cukup kecil yakni hanya sekitar 4 cm, akan tetap soal tenaga tentu saja kekuatan yang dipunyai cukup besar untuk membersihkan kolam dari serangan lumut serta alga. Oleh karena itu ikan ini sering diburu oleh para pecinta ikan atau aquascape untuk membersihkan aquariumnya, namun lebih banyak di isikan pada kolam buatan guna membersihkan dari lumut atau alga. Selain itu ikan Oto ini juga merupakan jenis ikan yang mampu bersahabat dengan jenis ikan lainnya. Namun sayangnya Oto tergolong jenis ikan yang sulit untuk didapatkan, dan jikalau ada harganya akan cukup mahal. (Baca Juga: Jenis Pakan Alami Untuk Ikan)

4. Ikan Pembersih Kaca Corydoras

Jenis-jenis pembersih kaca yang lainnya yakni Corydoras, yang banyai di buru banyak orang. Bukan saja dapat memakan lumut atau alga, tetapi Ikan Corydoras ini juga efektif dalam membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di dasar kolam anda. Selain itu ikan ini juga sangat cocok dijadikan sebagai ikan hias. Hal itu karena corydoras adalah ikan yang memiliki bentuk dan warna yang unik.

Sponsors Link

5. Ikan Pembersih Kaca Brushmouth

Brushmouth merupakan ikan pembersih kaca yag termasuk dalam jenis ikan pleco atau di Indonesia sendiri sering disebut sebagai ikan sapu-sapu. Jenis ikan sapu-sapu ini bukan saja efektif untuk menghilangkan lumut atau alga namun juga bisa digunakan sebagai ikan hias. Mengapa bisa dijadikan sebagai ikan hias? Hal itu lantaran Ikan Brushmouth sendiri memiliki banyak sekali jenis dan bahkan untuk setiap jenisnya mengusung keunikan masing-masing. (Baca Juga: Cara Menjaga Sanitasi Kolam Air Ikan Koi)

6. Ikan Pembersih Kaca Bandaraya

Mirip seperti brushmouth, ikan bandaraya ini di kenal juga sebagai ikan sapu-sapu. Tugasnya sama, yakni membersihkan kolam dengan cara memakan lumut serta alga. Bandaraya merupakan sekelompok ikan air tawar yang berasal dari Amerika tropis dan termasuk dalam famili Loricariidae. Akan tetapi tidak semua anggota Loricariidae adalah jenis ikan sapu-sapu. Ikan ini dikenal sebagai pemakan alga atau lumut paling efektif. Jadi bagi anda yang sangat ingin melihat kolam bersih maka bisa memilih jenis ikan ini.

Dalam perdagangan ikan internasional, ikan pembersih kaca bandaraya dikenal dalam bahasa latin dengan Hypostomus Plecostomus atau dikenal dengan Cleaningser-Fish atau singkatannya, yakni plecos dan plecs. Ikan ini mampu hidup bersama dengan ikan akuarium apa saja dan diperdagangkan dalam ukuran kecil. Kendati demikian, bandaraya bisa tumbuh hingga sepanjang 60 cm dan menjadi kurang aktif serta kurang bersahabat. Ikan jenis ini adalah hewan omnivora (pemakan segala) namun biasanya mencari sisa-sisa tumbuhan air di malam hari.

7. Ikan Pembersih Kaca Common Pleco

Common pleco merupakan jenis ikan sapu-sapu yang familiar ditemui. Tubuhnya identik dengan warna hitam elegan. Jenis ikan ini banyak di temukan di Amerika sebagai pemakan lumut atau alga. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kutu Jarum Pada Ikan Hias)

8. Ikan Pembersih Kaca Zebra Pleco

Jenis ikan pembersih kaca yang lainnya yakni Zebra Pleco, merupakan ikan sapu-sapu yang begitu cantik dan pemakan lumut atau alga. Coraknya identik dengan memadukan antara warna hitam dan putih membentuk belang teratur.

Itulah 8 jenis Ikan pembersih Kaca Kolam yang mungkin dapat Anda pelihara untuk menjaga kebersihan sekaligus menambah varian ikan pada kolam. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 19th, April 2019 / 23:34 Oleh :
Kategori : Ikan