Sponsors Link

8 Cara Mengobati Burung Digigit Nyamuk

Mempunyai burung di rumah sebagai peliharaan atau tanpa adanya burung memang cukup jauh berbeda. Sebagian mungkin akan merasa senang karena tidak terganggu oleh suaranya. Akan tetapi bagi beberapa pecinta burung hal ini sangat berbeda. Mereka lebih menganggap keadaan sepi atau gersang. Banyak jenis burung yang bisa di pelihara, sehingga ada banyak yang bisa anda pilih mulai dari jenis, warna sampai dengan bulu. Bahkan kicaunya untuk setiap burung berbeda. Nah, kicauan inilah yang akan berarti bagi anda nantinya, mengapa? Karena gacoran suatu burung bisa di ikutsertakan pada ajang lomba.

Apalagi jika anda pandai merawat burung hingga mampu membuatnya pandai bersiul. Selain mampu memenangkan kontes, burung yang gacornya bagus bisa laku mahal di pasaran. Selain memelihara dari segi kualitas, anda juga harus bisa memberikan perawatan yang tepat. (Baca Juga: Cara Mengobati Tengeng Leher Pada Burung Dara)

Terutama menemukan bagaimana cara mengobati Burung Digigit Nyamuk, lantaran kondisi ini rawan sekali terjadi hingga mengalihkan fokus burung atau mengganggunya. Burung yang di gigit oleh nyamuk bukan lagi tidak nyaman, namun akan selalu kelabakan kesana dan kemari. Di bawah ini akan di sampaikan mengenai beberapa cara mengobati Burung Digigit Nyamuk yang harus anda ketahui:

  1. Kerodong Sangkar
    Salah satu cara paling umum adalah dengan cara mengerdong sangkar burung. Sehingga menjadikan kandangnya lebih tertutup, meskipun sebenarnya hal ini tidak menutup kemungkinan nyamuk yang tetap saja datang melalui lubang kecil. Namun jika kerdong di tutup penuh, bisa-bisa burung tidak bisa bernafas alias merasa pengap.

2. Gunakan Obat Nyamuk
Bukan saja manusia yang memerlukan pertolongan pertama ketika di gigit nyamuk, akan tetapi burung pun sama. Ketika di gigit nyamuk, anda harus melakukan pengobatan agar burung anda tidak merasa terganggu. Gunakan obat nyamuk bakar, dan letakkanlah di dekat sangkar burung anda. Asap daripada obat nyamuk bakar ini cepat menyengat nyamuk dan akhirnya kabur. (Baca Juga: Cara Mengobati Burung di Gigit Kucing)

3. Bersihkan Lokasi Sekitar
Mungkin saja nyamuk-nyamuk yang datang lantaran kondisi lingkungan yang cukup kumuh. Jalan satu-satunya ketika melihat lokasi tidak cukup bersih, maka bersihkan dengan benar dan tlaten. Jika kondisi lingkungan bersih maka nyamuk enggan datang.

4. Pemberian Minyak Tawon
Cara yang lainnya adalah dengan memberikan pertolongan pertama berupa pengolesan minyak tawon. Cara memberikannya yanki dengan media cotton bad atau kapas yang telah di beri minyak tawon. Kemudian oleskan pada tubuh burung anda. Nyamuk sangat tidak menyukai aroma minyak tawon, jadi anda bisa mencobanya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Gestang Pada Burung Lovebird)

5. Berikan Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih mempunyai khasiat yang tidak jauh berbeda dengan minyak tawon. Bahkan cara memberikannya juga sama, yakni dengan menggunakan kapas dan oleskan pada tubuhnya. Minyak kayu putih mempunyai aroma khas yang sangat di benci oleh nyamuk, jadi anda bisa memberikannya agar burung tidak terganggu oleh gigitannya.

6. Pemberian Krim
Selain dari lima cara di atas, anda bisa juga dengan mengoleskan krim untuk mengatasi luka akibat gigitan nyamuk lantaran gatal layaknya BirdCream. Penggunaan krim tersebut sangat ampuh sekali dalam menangani gatal gigitan nyamuk. Caranya adalah, oleskan krim tersebut setiap harinya terutama pada malam hari. Dengan begitu nyamuk tidak akan berani mendekati burung anda apalagi menggigit. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kegemukan Pada Burung Lovebird)

7. Aroma Terapi
Jangan hanya obat nyamuk bakar, namun anda juga perlu mencoba mengobati burung di gigit nyamuk dengan aroma terapi. Untuk manusia, aroma terapi mempunyai bau harum dan semerbak. Tetapi aroma ini justru di benci oleh nyamuk. Jadi, cara pengobatannya sendiri yakni dengan memberikan aroma terapi yang di letakkan di dekat sangkarnya.

8. Kapur Barus
Anda pasti tau seperti apa aroma kapur barus bukan? Ya, kapur ini bisa anda letakkan di pinggiran sangkar burung dan perlahan aromanya menyengir. Dengan begitu para nyamuk tidak berani mendekati sangkar lantaran aromanya yang sangat khas. (Baca Juga: Manfaat Jagung Pada Burung Kenari)

Dari 8 cara di atas, anda bisa melakukan semuanya atau mencoba satu per satu untuk mengobati burung anda yang di gigit nyamuk. Ya, sebagaimana pada kenyataannya bahwa memelihara burung bukan sekedar tau cara untuk menjinakkan, memberikan pakan atau hanya melatih supaya gacor. Akan tetapi, anda perlu tau bagaimana caranya untuk mengatasi nyamuk yang telah menggigit burung.

Seperti yang di ketahui, gigitan nyamuk cukup mengganggu. Apalagi jika terlalu sering pasti terasa gatal dan seolah tidak bisa di lepaskan dari kulit gigitan tersebut. Jika manusia pada umumnya mampu menggaruk, lantas bagaimana dengan burung sendiri? Itulah pentingnya anda membaca artikel ini. Karena burung tidak mungkin bisa menggaruk sendiri, sehingga tetap anda sendiri yang harus melakukan cara untuk mengatasinya.
Demikian artikel yang telah di sampaikan mengenai cara mengobati Burung digigit Nyamuk mudah dan ampuh, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

, , , ,
Post Date: Thursday 27th, December 2018 / 11:08 Oleh :
Kategori : Burung