Sponsors Link

10 Cara Merawat Anjing Umur 1 Bulan Bagi Pemula

Memiliki anjing lucu yang beranak atau memiliki anjing kecil tentu sebuah kebahagiaan tersendiri untuk pecinta anjing. Selain untuk meramaikan rumah, sebagai peliharaan dan teman yang lucu, juga menyenangkan dapat melihat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Nah, bagi anda yang saat ini memiliki anjing umur 1 bulan dan belum memahami sepenuhnya apa saja yang wajib diperhatikan selama perawatan, dapat menyimak artikel yang penulis uraikan kali ini. Yakni mengenai 10 cara merawat anjing umur 1 bulan secara lengkap dan terperinci yang tepat sekali sebagai panduan dalam perawatan untuk anjing anda juga sebagai wawasan baru yang bermanfaat. Yuk simak selengkapnya dalam artikel ini hingga selesai.

1. Sediakan Tempat yang Aman

Cara merawat anjing umur 1 bulan entah itu anjing dari peranakan mandiri atau anjing yang dibeli, pada awalnya pemilik wajib mnenyiapkan tempat atau kandang yang terbaik untuk tempat tinggalnya. Berikan tempat yang sejuk dan berpagar, mmeiliki sirkulasi udara yang baik dan dapat dijangkau oleh cahaya matahari. (Baca juga mengenai  cara menjinakkan anak anjing).

Jauhkan dari benda benda yang berbahaya seperti barang yang mudah pecah, kabel listrik, bahan kimia seperti obat nyamuk, dan beri agar dari plastik. Berikan tempat tidur yang hangat dan mudah dibersihkan, misalnya ialah kasur kecil yang terbuat dari busa atau tempat tidur buatan sendiri dari tumpukan handuk yang disusun.

2. Tempat Makan dari Logam

Sediakan dua tempat makan dari logam, sebab bagi anjing umur 1 bulan, logam jauh lebih aman dari kaca yang mudah pecah. Dua tepat makan tersebut untuk tempat makanan dan minuman, pastikan selalu dalam kondisi bersih dan rutin dibersihkan setidaknya sehari sekali agar tidak menimbulkan kuman penyakit. (Baca juga mengenai cara merawat anak anjing baru lahir).

3. Makanan Berkualitas Baik

Berikan makanan berkualitas baik dan bergizi serta bantu ia untuk makan, pastikan memberinya makanan dengan tekstur yang lunak dan empuk seperti bubur. Makanan tersebut bisa anda beli di toko yang menyediakan keperluan hewan atau membuat sendiri dari daging ayam atau daging sapi yang telah dikukus kemudian dihaluskan seperti bubur.

Jika anda membeli makanan kalengan atau yang instant, pastikan makanan tersebut bebas dari zat pewarna, perisa, atau zat pengawet sebab beberapa anjing terkadang alergi dengan bahan bahan ini, tentunya akan mengkhawatirkan jika anjing kecil anda yang masih lemah terkena alergi dimana ia belum bisa menjaga diri sendiri dan belum memiliki kekuatan tubuh serta daya tahan yang maksimal. (Baca juga mengenai cara merawat bulu anjing agar lebat).

4. Lakukan Perawatan Dasar

Siapkan semua peralaatan untuk memandikan dan merawat kesehatan bulunya seperti handuk untuk mandi, siisr bulu khusus anjing, handuk mandi, dan sebagainya. Pastikan tubuhnya terasa nyaman dengan menjaga kebersihan tubuhnya. tubuh atau lingkungan yang kotor akan membuatnya mudah terserang penyakit dan terpapar kuman. (Baca juga mengenai gejala flu pada anjing).

5. Biarkan Tetap di Dalam Rumah

Upayakan agar ia tetap berada di dalam rumah, karena 1 buln ialah umur yang masih rawan untuknya, berikan segala yang ia butuhkan di dalam rumah. Di luar rumah memiliki cuaca yang tidak menentu dan hewan lain yang mungkin bisa membahayakannya. Ajak keluar rumah hanya sesekali ketika anda menjemurnya di sinar matahari pagi agar tubuhnya terasa bugar dengan tetap menjaganya dan mencegahya dari bergerak terlalu jauh. (Baca juga mengenai cara mengobati anjing rabies).

6. Sering Membelai

Sering seringlah membelai dan mengelus bulu anjing kecil anda, di uur yang masih sangat kecil, ia sangat membutuhkan kasih sayang dan sentuhan. Cara merawat anjing umur 1 bulan yang disertai dengan kasih sayang akan memberikan ikatan tersendiri sehingga ia akan terus mengingat kebaikan majikannya hingga ia dewasa dan nantinya menjadi anjing yang setia.

Anak anjing umur 1 bulan ialah makluk yang rapuh sebagaimana anak manusia yang masih kecil, pastikan anda membelainya dengan lembut, jika anda mengangkat atau membelainya, ambil dengan lembut dan jaga dengan satu tangan tetap berada di bawah dadanya untuk melindunginya dari trauma, tekanan, dan rasa kaget yang berlebihan.

7. Sediakan Air Segar

Jangan lupa untuk selalu menyediakan air segar untuknya dimana di masa pertumbuhan ia juga membutuhkan air yang matang dan sehat untuk perkembangannya. Jangan pernah berikan air yang mentah dan selalu ganti tempat minumnya secara berkala. Bantu ia minum dengan menyuapinya jika ia membutuhkan bantuan.

8. Vaksinasi

Lakukan vaksinasi awal sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit, bukan tidak mungkin anjing yang berumur 1 bulan tidak memiliki resiko penyakit apapun. Konsultasikan vaksinasi yang terbaik untuknya dan yang sesuai dengan umurnya dengan menceritakan riwayatnya atau mungkin penyakit yang pernah diderita induknya sebagai bahan pertimbangan dan pencegahan awal.

Pastikan untuk mendapatkan aksinasi atau pelrindungan dari penyakit cacingan yang berbahaya bagi anak anjing, tanyakan juga mengenai vaksinasi rabies untuk upaya pencegahan. Jka memang belum saatnya, tanyakan waktu yang terbaik serta minta tambahan vitamin untuk daya tahan dan meningkatkan nafsu makannya.

9. Sediakan Cemilan

Jangan lupa sediakan cemilan, tentunya harus cemilan yang sehat, bentuknya kecil, dan mudah ditelan. Pilih merek merk cemilan untuk anak anjing yang banyak disediakan di toko keperluan hewan, biasanya cemilan tersebut bersifat renyah dan lembek. Hal ini juga bagus untuk kesehatan giginya yakni melatih kekuatan gigi dan belajar untuk makan secara mandiri.

10.Berikan Mainan

Cara merawat anjing umur 1 bulan ialah dengan melengkapi dan mencukupi segala fasilitas yang dibutuhkannya seperti mainan, sediakan mainan yang memungkinkan untuk digigit, yakni mainan yang lunak. Pastikan mainannya cukup kuat agar tidak mudah rusak atau membuatnya tersedak. Pilih mainan seperti bola bola atau tulang tulangan yang lunak dan terbuat dari bahan yang aman.

Sediakan tempat bermain yang nyaman, cukup dengan area kecil yang di dalamnya tersedia kumpulan mainan, bisa di dalam rumah atau di pekarangan rumah yang sejuk dan jauh dari terik matahari. Temani ia ketika bermain dan latih sosialisasinya dengan bermain bersama anak anjing seumurannya atau bersama induknya yang tidak akan menyakitinya.

Lakukan semua tahap perawatan yang telah disebutkan dengan telaten agar pertumbuhan anak anjing berjalan maksimal dan sehat. Demikian artikel mengenai 10 cara merawat anjing umur 1 bulan, semoga mudah dipahami untuk anda dan dapat bermanfaat. Terima kasih. Salam hanagat dari penulis.

, , , , ,
Post Date: Wednesday 25th, April 2018 / 07:26 Oleh :
Kategori : Anjing