Sponsors Link

17 Cara Merawat Perkutut Agar Jinak dan Gacor

Sponsors Link

Cara Merawat perkutut bagi pemula maupun yang sudah mahir terbilang mudah. Karena pada dasarnya burung perkutut adalah burung yang mudah untuk di rawat sama halnya dengan Cara Memelihara Burung Kakatua.

ads

Burung perkutut merupakan salah satu burung pemakan biji-bijian yang masuk dalam suku Columbidae, dari genus Geopelia. Burung ini memiliki beberapa ciri-ciri seperti tubuh yang ramping dan kecil dengan ukuran maximal 21 cm dengan warna dari kepala sampai leher berwarna abu-abu.

Burung perkutut lebih sering di katakan burung asli indonesia karena burung ini tersebar di beberapa wilayah indonesia terlebih di beberapa kota di pulau jawa. Akan tetapi penyebaran burung ini terdapat di beberapa wilayah negara tetangga seperti filipina ,semenanjung malaysia ,thailand dan beberapa negara terdekat lainnya.

Sampai saat ini jumlah burung perkutut semakin bertambah seiring dengan peminat yang terus bertambah. Akan tetapi peminat dari burung ini biasanya masih berkutat di sekitaran pulau jawa yang memang senang memelihara burung burung perkutut karena bunyinya yang khas.

Dalam memelihara atau cara merawat perkutut haruslah mengetahui beberapa aspek yang harus di lakukan rutin demi menghasilkan burung perkutu yang juara. Cara merawatnya mungkin ada beberapa yang sama seperti Cara Memelihara Burung Kenari.

Berikut adalah beberapa cara merawat burung perkutut yang bisa di praktekan dirumah.

1.Pemilihan jenis kelamin yang tepat

Untuk kalian yang menginginkan burung perkutu yang gacor sudah di pastikan kalian harus memilih jenis kelamin jantan. Dan begitu juga sebaliknya apabila kalian hanya ingin merawat burung saja , jenis kelamin dari burung janganlah jadi patokan. Ketika kalian masih bingung menentukan jenis kelamin burung cuku dengan cukup membedakan sumpit kerapatan kaki.

Apabila kurang lebih 1 cm berarti burungnya berjenis kelamin jantan, dan untuk betina sumpitnya lebih renggang dari ukuran jantan. Apabila masih bingung , bisa juga dengan cara membedakan badan dimana badan burung perkutut jantan  memiliki badan yang besar dan tegak serta ekor yang menyatu.

2. Mandikan burung

Hal nomor 2 yaitu memandikan burung dengan teratur. Memang poin ini adalah poin wajib bagi kalian yang memang ingin memelihara burung jenis apapun.Karena dengan cara memandikannya teratur membuat si burung selalu fresh dan terlihat lebih menarik.

Apabila memandikan burung perkutut alangkah baiknya di semprot menggunakan spryer yang halus. Selain itu juga  ada ramuan khusus untuk memandikan burung perkutut ini yaitu menggunakan air beras dicampur dengan daun sirih sebanyak 7 lembar untuk menghilangkan kutu dan mengkilapkan warna bulu burung perkutut.

3. Menjemur burung

Setelah memandikan burung, hal yang harus dilakukan adalah dengan menjemur burung itu sendiri. Jemurlah burung di panas pada pagi hari mulai pukul 7 – 9 pagi agar panas matahari tidak terlalu menyengat. Fungsi dari menjemur burung adalah agar menjaga suhu tubuh burun dan membuat burung terbiasa dalam suhu panas.
selain itu juga menjemur burung juga bisa membuat menjauhkan dari penyakit dan juga kutu.

Sponsors Link

4. Pemberian makanan pokok

Cara Merawat Perkutut nomer 4 adalah pemberian makanan pokok yang tepat bagi burung perkutut kita agar burung perkutut kita sehat. Jenis pakan utama perkutut ini seperti biji-bijian, rumput dan padi-padian. Selain pakan itu ada beberapa pakan yang sering di berikan oleh para pecinta burung perkutut seperti beras merah, milet, butiran jagung, campur makanan pabrik dengan kandungan protein tinggi.

5. Suasana yang baik

Selain 4 faktor di atas yang telah di sebutkan , faktor suasana yang baik untuk burungpun perlu di perhatikan demi membuat si burung nyaman. Biasanya apabila suasana yang kurang baik atau kurang baik atau kurang bersahabat akan membuat si burung stress.

6. Pemberian Minum

Selain pakan , minuman pun perlu di berikan yang terbaik bagi si burung. Berikan minuman di tempatnya yang di taruh di dalam sangkar agar ketika haus burung bisa minum , karena burung perkutut biasanya burung yang cukup butuh air dalam sehari-harinya,

7. Pemberian minyak ikan

Tidak hanya manusia saja yang mebutuhkan minyak ikan untuk daya tumbuhnya , Burung perkututpun butuh untuk membantu perkembangan baiknya. Dalam cara memberikannya cukup dengan cara dilolohkan langsung ke mulut burung. Dalam melolohkannya hindari jangan sampai burung tersedak , berikan air atau basahi paruh burung agar burung tidak tersedak. Pemberian minyak ikan ini sebaiknya di berikan 1 butir per 3 hari agar burung tetap sehat.

8. Pemberian kencur

Selain minyak ikan , pemberian kencur pun bisa membantu si burung untuk tetap sehat dan akan menjadi burung yang  unggul. selain itu ada beberapa manfaat kencur yaitu :

  • Menyehatkan perkutut dari dalam
  • Menghilangkan lendir/dahak pada perkutut agarperkutut memiliki suara yang bagus
  • Mencegah dan mengobati radang tengorokan pada perkutut
  • Membantu melonggarkan Rongga nafas dan menguatkan nafas pada perkutut
  • Membantu dalam menguatkan pita suara pada perkutut

Dengan beberapa manfaat di atas dalam memberikan kencur pada perkutut ada 2 cara yaitu dengan cara kencur di parut kemudian di campur air dan di peras sehingga mengeluarkan air kencur. Airnya lalu di berikan kepada perkutut. Atau dengan cara lain yaitu di lolohkan langsung ke mulut perkutut.  Cara melolohkannya yaitu kencur di kupas lalu di ambil bagian dalam  kencur dan di potong sebesar biji kacang kedelai dan kemudian di berikan kepada perkutut. Rentang waktu memberikan kencur adalah minimal 3-4 hari setelah pemberian minyak ikan.

ads

9. Pemberian kacang hijau

Untuk selanjutnya kita bisa memberikan kacang hijau sebagai asupan nutrisi baik untuk burung perkutut. Cara memberikannya yaitu dengan cara merebus 5-8 butir kacang hijau agar si kacang hijau lebih lunak dan kemudian berikan dengan cara dilolohkan langsung ke dalam mulut burung perkutut. Berikan kacang hijau dalam durasi 1 minggu sekali agar nutrisi yang terdapat pada kacang hijau dapat di cerna sempurtna oleh burung perkutut.

10. Jaga kebersihan kandang

Tidak hanya manusia saja yang akan senang apabila rumahnya bersih , burung pun apabila rumahnya atau sangkarnya bersih akan membuat burung nyaman tinggal di dalam sangkar. Selain itu juga menjaga kebersihan sangkar burung akan menjaga burung kita terbebas dari beberapa penyakit yang akan membahayakan si burung dan juga pemilik burung. Cara membersihkannya hampir sama dengan membersihkan kebanyakan sangkar burung atau sama dengan Cara Memelihara Burung Lovebird

kita bersihkan setiap hari dari kotoran burung dan juga membersihkan tempat pakan dan tempat minum burung dari lumut yang menempel. Jika memang memungkinkan bisa di berikan insektisida untuk menjauhkann kandang dari virus dan juga bau yang menyengat.

11. Pemberian vitamin

Selain makanan pokok dan makanan pendamping yang sudah di katakan di atas tadi pemberian vitamin pun perlu diberikan sebagai pelengkap nutrisi dari kebutuhan burung perkutut. Kebanyakan pemilik burung memberikan Ebod Vit  khusus untuk perkutut agar perkutut kita tetap sehat.

12. Pemberian multivitamin

Setelah pemberian vitamin ebod vit yang guna membantu menjaga dan memelihara kesehatan si burung perkutut ,pemberian multivitaminpun di anjurkan bagi burung perkutut yang akan di daftarkan dalam beberapa jenis perlombaan. Pemberian multivitamin ini bisa berupa EBOD-JOSS yang bisa  membuat perkutut gacor, daya tahan prima, dan mental tidak mudah anjlok. Selain itu juga multivitamin ini juga mampu  membantu dalam merangsang pembentukan hormon testosteron.

13. Pemberian extrafood

Hampir sama dengan multivitamin ataupun pakan lainnya pemberian extrafood seperti ulat hongkong dan juga kroto bisa di berikan kepada burung perkutut agar burung tidak terlalu bosan dengan makanan pokoknya . Selain itu juga pemberian extra food ini  merupakan salah satu penyuplay protein hewani yang bisa di berikan seminggu sekali kepada burung perkutut kita.

14. Pemberian jamu

Untuk cara yang satu ini biasanya dilakukan oleh para penggiat perkutut untuk jenis perkutut bakalan. Jamu yang di berikan bisa berupa campuran beberapa rempah pilihan yang sering di racik khusus untuk burung perkutut.  Dalam memberikan jamunya bisa seminggu sekali agar terbiasa manggung, biasanya dalam rentan dua hari  setelah pemberian jamu tadi, pasti perkutut akan jadi lebih sering berbunyi. Jenis jamunya bisa jamu racikan ataupun jamu kemasan yang di jual di toko-toko pakan burung.

15. Melakukan mastering

Hampir sama dengan beberapa jenis burung lainnya , dalam tahapan melakukan mastering disini adalah memancing burung perkutut kita agar mau berbunyi mengikuti suara lainnya. Caranya cukup putar mp3 suara burung perkutut atau burung lainyya agar memancing burung perkutut mau berbunyi. Biasanya cara ini efektif untuk membantu burung yang sulit bunyi.

Sponsors Link

]

16. Memberikan pasangan

Untuk faktor ini yaitu dengan memberikan pasangan terhadap si burung, biasanya burung yang memang dalam masa birahi dia akan selalu berbunyi setiap saat. Caranya yaitu dekatkan burung jantan dengan betina atau bisa juga di masukan dalam satu kurung. Biarkan mereka dalam satu kurung beberapa saat, setelah itu baru pisahkan kembali burung yang terlihat sudah berjodoh. Biasanya burung yang di pisahkan akan terus berbunyi untuk memanggil pasangannya.

17. Berikan obat yang tepat ketika sakit

Cara yang terakhir adalah penanganan dimana apabila si perkutut terkena beberapa gejala penyakit ataupun penyakit yang memang tidak terlihat secara kasat mata. Cara mengetahuinya biasanya bisa dari warna dan wujud kotoran dari burung perkutut perkutut yang mengeluarkan mencret / berair biasanya mengisyaratkan kurang sehat atau mungkin  bisa cacingan.

Selain faktor cacingan ketika burung mencret ada juga di temukan burung perkutut yang sangat doyan minum hingga kotorannya berair seperti mencret. selanjutnya apabila menemukan kotoran yang berwarna hijau bisa juga mengisyaratkan bahwa burung perkutut kita sedang kurang sehat.

Disamping beberapa informasi diatas, berikut ini Saya lampirkan tutorial berupa video tentang beerapa tips yang baik dan benar dalam merawat burung perkutut keasayangan Anda.

Beberapa cara di atas adalah sebagian kecil tutorial Cara Merawat Perkutut yang biasa di lakukan oleh beberapa penggiat ataupu penyuka burung perkutut. Hampir semua langkah bisa di coba langsung oleh kita. Apabila kita ingin membuat burung perkutut kita menjadi burung yang unggul , cukup dengan melakukan perawatandi atas dengan cara tekun dan rajin agar bisa menghasilkan burung perkutut yang baik.

 

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 08th, November 2017 / 09:06 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan