Sponsors Link

10 Cara Pengobatan Jamur Pada Ikan Lele dengan Mudah

Sponsors Link

Lele adalah salah satu jenis ikan yang umum di temui. Bukan sebagai jenis ikan hias, lele lebih menjadi spesie ikan yang banyak di konsumsi. Oleh sebab itu budidaya ikan lele sangat berpeluang besar mendapatkan peruntungan lebih cepat. Tetapi dalam proses budidaya tersebut seseorang atau pembudidaya tidak selalu menuai langkah mulus. Sebagai makhluk hidup lele juga bisa terjangkit virus atau penyakit terutama jamur.

ads

Pengobatan Jamur Pada Ikan Lele sebenarnya bisa dilakukan sendiri melalui tahapan-tahapan yang sesuai. Tujuan ini sudah pasti untuk mencegah adanya penularan pada ikan yang lain, terutama jika ikan lele sebagai salah satu bisnis maka tujuan Pengobatan Jamur Pada Ikan Lele tak lain mencegah timbulnya kerugian. Pasalnya saat lele positif mengidap sakit atau jamuran, di pastikan keadaannya sulit pulih dan ujung-ujungnya mati. Untuk itu jika anda salah satu pembudidaya ikan lele dan mengetahui ternak anda mengalami kejadian seperti ini, sebaiknya ambil langkah tepat sebagai pengobatan dini. Berikut beberapa langkah yang harus Anda lalukan guna kesembuhan jamur pada Lele. (Baca Juga: Cara Ternak Lele Organik)

10 Cara Pengobatan Jamur Pada Ikan Lele

  1. Pilah Ikan Lele yang Jamuran

Satu langkah saat anda mendapati ikan lele telah jamuran, sebaiknya lakukan pemilahan pada ikan-ikan yang lain untuk mengetahui berapa banyak lele yang tidak sehat.

  1. Karantina Ikan Lele

Setelah anda berhasil mencari ikan-ikan yang jamuran, selanjutnya adalah dengan melakukan karantina atau menempatkan ikan lele yang tidak sehat pada wadah sendiri. Sehingga ikan yang lainnya tidak akan tertular oleh jamur pada lele yang terinfeksi.

  1. Memberikan Air Bersih

Air adalah sumber utama ikan lele. Sebagai jenis hewan yang hidup di air, sudah pasti tanpanya mereka akan mati. Nah, cara untuk memberikan perlakukan pada ikan lele yang jamuran yakni dengan mengisi air yang cukup. Jangan terlalu sedikit karena akan membuat lele anda merasa tidak nyaman dan malah menambah stres. (Baca Juga: Cara Merawat Bibit Lele di Musim Hujan)

  1. Rutin Membersihkan Kolam Ikan Lele

Mungkin kolam untuk budidaya ikan lele lebih besar dibandingkan dengan kolam budidaya ikan cupang. Namun jangan jadikan semua ini alasan anda untuk tidak membersihkan kolam tersebut. Kolam bersih menjauhkan dari berbagai serangga seperti nyamuk.

  1. Rutin Mengganti Air

Karena air adalah pasokan utama ikan lele untuk bernafas, sebaiknya rutinlah menguras air kolam dan mengganti dengan yang baru minimal 3 kali dalam seminggu. Langkah ini mungkin sedikit berat, namun apakah anda sempat berfikir bahwa keadaan air yang keruh adalah pemicu utama ikan lele mengalami jamuran. Terutama semua tubuh ikan hidup di air, sehingga tubuhnya juga memerlukan air bersih agar tidak mudah terinfeksi virus kulit.

  1. Memberikan Antibiotik

Berikan antibiotik khusus ikan lele dengan cara mencampurkannya kedalam kolam ikan yang jamuran. Pencampuran antibiotik kedalam air akan diserap oleh lele dan masuk kedalam tubuh sebagai salah satu Pengobatan Jamur Pada Ikan Lele. (Baca Juga: Cara Beternak Lele di Drum Plastik)

  1. Memberikan AntiBakteri

Selain antibiotik, anda juga harus memberikan antibakteri pada ikan lele anda. Obat ini adalah sebagai rangsangan untuk ikan lele yang jamuran. Tujuannya membasmi jamur dan bakteri menempel pada tubuh ikan lele. Caranya tidak jauh berbeda dengan pemberian antibiotik, yakni dengan mencampurkannya kedalam kolam.p

Sponsors Link

  1. Memberikan Vitamin

Ikan lele juga butuh asupan nutrisi seperti yang bisa anda berikan melalui pemberian vitamin. Anda bisa membelinya di toko khusus penjualan ikan yang menyediakan berbagai kebutuhan ikan lele.

  1. Berikan Makanan Bergizi

Makanan bergizi untuk ikan lele bukanlah buah-buahan layaknya manusia. Tetapi jenis makanan ikan umumnya berupa por yang terjual di tempat penjualan pakan khusus ikan. Harganya relatif terjangkau, sehingga alangkah lebih baik kalau Anda memberikan lele anda makanan ini untuk kelangsungan lele yang lebih sehat. (Baca Juga: Budidaya Ikan Lele Dumbo)

  1. Berikan Garam

Sama seperti pengobatan pada ikan-ikan lain, garam juga di butuhkan pada tubuh lele kala mengalami sakit. Secara tidak langsung garam bersifat kasar yang akan mematikan jamur pada ikan lele. Campurkan beberapa garam kedalam kolam ikan lele. Biarkan resapan air garam yang larut bekerja sendiri dalam Pengobatan Jamur Pada Ikan Lele.

Lakukan 10 cara Pengobatan Jamur Pada Ikan Lele di atas selama kurang lebih tujuh hari. Tunggu hasilnya apakah ikan lele anda telah sembuh atau tidak. Jika anda melakukan tahapan dengan benar, kemungkinan besar ikan lele juga terbebas dari jamur. Dengan melakukan perawatan pada ikan lele, artinya anda telah menutup peluang kerugian yang bisa saja terjadi akibat spesies tidak sehat. (Baca Juga: Budidaya Lele Organik di Kolam Terpal)

Demikianlah info yang dapat disampaikan, semoga bisa berguna dan bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 02nd, April 2018 / 04:41 Oleh :
Kategori : Ikan