Sponsors Link

7 Cara Ternak Hamster Anggora

Sponsors Link

Hamster adalah hewan lucu nan mungil banyak disukai orang, terutama anak kecil. Sama seperti kucing, jenisnya ada yang anggora. Cara Memelihara Hamster Anggora tidak jauh berbeda dengan kebanyakan hewan peliharaan lain.

ads

Semua membutuhkan perhatian dan kesabaran untuk membuat sang hamster betah dan tetap sehat selama berada di dekat Anda. Namanya hamster anggora, tentu saja bulu yang dimilikinya sangat lebat dan panjang. Selain itu, sifatnya yang sangat ramah dan manis membuat hewan satu ini mudah akrab dengan siapa saja. Hamster bisa bertahan hidup 2 – 4 tahun.

Hamster anggora umumnya di dapati berdasarkan hasil gen dan DNA dari hamster Syrian yang memang memiliki ciri khas bulunya yang lebat. Lantaran begitu lucu, banyak kalangan yang ingin memiliki Hamster Anggora ini di Rumahnya.

Mungkin anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan cara berbudidaya hamster dan menjualnya di pasaran. Ketika Anda berhasil menerapkan metode ini, maka bukan hal yang tidak mungkin lagi bagi Anda untuk menghasilkan uang tambahan dan keuntungan menjanjikan. Berikut langkah-langkah ternak Hamster Anggora yang benar supaya pertumbuhannya dapat terjaga dengan baik.

Cara Ternak Hamster Anggora

  1. Persiapan Kandang

Kandang menjadi salah satu media yang paling penting dan harus di persiapkan terlebih dahulu. Biasanya kandang untuk satu ekor hamster tidak terlalu besar. Namun untuk menghemat usaha ternak anda, sebaiknya siapkan 1 – kandang dengan ukuran besar yang berisikan kapasitas hamster sekitar 5 ekor.

Namun jika anda ingin budidaya hamster lebih banyak lagi maka banyak kandang yang di butuhkan bisa anda tentukan sendiri. Biasanya kandang yang di gunakan memang bukan terbuat dari bambu selayaknya kandang ayam, namun kawat atau besi. (Baca Juga: Tips Memelihara Hamster dengan Baik)

  1. Membeli Bibit Unggul

Setelah anda menyiapkan media seperti kandang, lalu belilah bibit hamster berkualitas pada produsen. Carilah bibit hamster yang mempunyai tingkat kesehatan normal, atau kasarannya tidak sedang cacat.

Selain itu carilah hamster dengan nafsu makan yang baik dan lincah. Bibit yang unggul akan menentukan kualitas hasil hamster anggora anda nantinya. Terkadang banyak orang yang mengabaikan hal ini, membiarkan pilihan bibit sembarangan yang ternyata sakit-sakitan. Alhasil, sebelum merasakan panen sudah di timpa kerugian.

  1. Pemberian Pakan

Cara Ternak Hamster Anggora yang ketiga adalah rajin memberikan makan, karena sumber nutrisi untuknya semua ada pada pakan yang anda berikan. Untuk membuat para hamster ternakan anda sehat, perlu pemberian pakan sehat.

Sponsors Link

Bicara soal makanan hamster, mungkin sebagian besar menjawab biji bunga matahari (kuaci) akibat pengaruh dari serial TV Hamtaro. (Baca Juga: Cara Merawat Bayi Hamster yang Baru Lahir)

Boleh memberikan biji bunga matahari, akan tetapi jangan menjadikan kuaci makanan pokoknya karena bisa menimbulkan obesitas. Ketika obesitas telah melanda, dengan mudah serangan penyakit akan menghantam hamster anggora anda. Adapun makanan yang harus anda berikan adalah sebagai berikut:

  • Kacang Hijau
  • Kacang Kedelai
  • Beras Merah
  • Jagung
  • Gabah
  1. Memberikan Pakan Kucing

Mengapa hamster harus diberikan makanan kucing? Dengan memberikan pakan kucing anggora atau persia untuk hamster, maka makin cepat untuk menumbuhkan bulunya.

Umumnya adalah hamster yang berusia 1-3 bulan baru boleh diberikan pakan kucing. Berikan secukupnya saja, jika berlebihan juga tidak baik. Semua memang ada takaran-takarannya sendiri. Minimal suplai empat kali dalam seminggu.

  1. Rajin Memandikan

Hewan peliharaan harus tetap terlihat bersih dan harum, sehingga orang akan segan menggendong. Sama seperti kucing, hamster pun juga harus rajin di mandikan. Apalagi bagi anda yang sengaja untuk beternak, tentu membutuhkan strategi untuk menarik perhatian konsumen. Agar hamster anggora anda tetap lembut dan bersih, mandikan minimal 1 kali dalam seminggu atau setidaknya 3 kali dalam seminggu. (Baca Juga: Cara Memandikan Hamster)

Sponsors Link

  1. Membuatkan Trowongan

Jangan lupa untuk membuatkan gorong-gorong untuk hamster anggora. Lebih tepatnya bukan gorongan namun terowongan untuk mereka bersembunyi karena hamster sangat suka hal ini. Jika anda merasa kesulitan dalam membuatkan, anda bisa membelinya di pet shop.

  1. Memberikan Air Masak

Hamster juga perlu minum, tetapi berbeda dengan kucing yang mungkin tahan dengan air mentah yang belum di masak. Untuk merawat hamster anggora, sajikan minuman bersih dengan wadah yang bersih. Pastinya air yang diberikan juga harus sudah melalui rebusan. Sekali dua kali jika anda memberikan air mentah mungkin akan tahan, tetapi makin lama akan membuat hamster mudah sakit. (Baca Juga: Tanda-tanda Hamster Hamil)

Beternak memang sudah menjadi kegiatan sebagian besar orang demi memperoleh hasil tambahan. Disamping itu, hal ini juga menjadi salah satu kegiatan sampingan sekedar mengisi waktu luang atau mungkin memang sudah menjadi hobi.

Nah, bagi Anda yang ingin berwirausaha tidak ada salahnya mencoba buka pet shop khusus hamster anggora. Apalagi saat ini bukan hanya kucing yang banyak di beli tetapi hamster pun tak kalah populer. Namun, jika anda benar-benar sudah siap untuk melakukannya, jangan mengabaikan 7 cara ternak Hamster Anggora kali ini. Secara keseluruhan cara melakukan perawatan terhadap hamster anggora ini sangatlah mudah jika sudah di dasari dengan tekad yang kuat, anda pun bisa. Selamat mencoba dan salam sukses!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 19th, July 2018 / 11:56 Oleh :
Kategori : Hamster