Sponsors Link

3 Jenis Jenis Burung Kasuari Yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Burung kasuari merupakan jenis burung yang cukup unik dan memiliki ukuran yang besar serta merupakan salah satu jenis burung yang langka. Burung kasuari merupakan jenis burung pemburu yang hidup di dalam hutan dan dikenal berasal dari daerah Australia, Papua, dan New Guinea. Burung kasuari memiliki beberapa spesies dan jenis yang berbeda beda. Berikut beberapa jenis jenis burung kasuari yang berbeda tersebut baik secara bentuk maupun kondisi visual dan keadaan lainnya dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  • Burung kasuari gelambir tunggal

Burung kasuari jenis ini memiliki nama ilmiah Casuarius unappendiculatus yang dapat dilihat dari bentuk lehernya yang bergelambir tunggal dengan ukuran yang panjang. Burung kasuari jenis ini juga memiliki ciri bulu yang berwarna hitam kaku, kepala berwarna biru cerah, bertanduk segitiga, tebal dan tinggi. Bentuk kaki dari burung kasuari gelambit tunggal ini juga terlihat besar kokoh serta memiliki tiga jari berkuku tajam, Karena bentuk kokoh dan jarinya yang tajam tersebut, burung kasuari ditetapkan sebagai salah satu jenis burung berbahaya di dunia. (Baca juga : budidaya burung cendrawasih)

Burung kasuari jenis gelambir tunggal ini banyak ditemukan dibeberapa daerah seperti papua bagian timur, daerha kepala burung sampai selat ramu, dan di beberapa pulau lain dinataranya pulau yapen, pulau batanta, dan pulau salawati. Spesies burung gelambir tunggal ini terbagi lagi menjadi beberapa subspesies diantaranya seperti unappendiculatus, occipitalis, aurantiacus dan philipi yang masih sulit dibuktikan perbedaannya dengan jelas. (Baca juga : cara melestarikan burung cendrawasih)

  • Burung kasuari gelambir ganda

Jenis jenis burung kasuari selanjutnya adalah burung kasuari gelambir ganda yang secara ilmiah disebut sebagai Casuarius casuarius. Ciri burung dewasa yang dimiliki oleh kasuari gelambir ganda ini hampir sama dengan burung kasuari gelambir tunggal dengan bentuk yang besar dan warna dasar hitam kaku. Yang membedakan dari kasuari gelambir ganda tersebut adalah kulit lehernya yang berwarna biru dan ada dua gelambir yang memanjang. Kepala kasurai gelambir ganda memiliki tanda yang berwaran coklat. (Baca juga : cara penangkaran elang jawa)

Habitat asli jenis jenis burung kasuari gelambir ganda ini berada di dalam hutan dataran rendah yang terdapat di beberapa wilayah seperti Australia, pulau Papua, dan pulan Seram di provinsi Maluku. Burung kasuari biasanya memiliki kebiasaan untuk hidup sendiri dan hanya berpasangan jika sudah masuk musim kawin. (Baca juga : cara penangkaran nuri pelangi)

  • Kasuari kerdil

Jenis burung kasuari yang terakhir adalah spesies kasuari kerdil atau Casuarius bennetti yang sesuai dengan namanya memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan kasuari lainnya. Ciri kasuari kerdil hampir sama dengan ciri burung kasuari lainnya kecuali bentuk tubuhnya lebih kecil dengan tidak ada gelambir yang mengantung pada bagian leher burung tersebut. Habitat asli burung kasuari kerdil ini ada di pulau Papua tepatnya pada hutan dan bukit hingga ketinggian 3 ribu kaki. Ada 7 subspesies dari burung kasurai kerdil diantaranya seperti picticollis, papuanus, goodfellowi, claudii, shawmayeri, hecki, dan bennetti. (Baca juga :  cara penangkaran nuri kepala hitam)

Itulah penjelasan mengenai jenis jenis burung kasuari dan ciri ciri serta habitatnya yang perlu diperhatikan. Burung kasuari sekarang ini dijadikan salah satu hewan langka yang dilindungi karena populasi dari burung kasuari di habitat aslinya terus mengalami penurunan.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Tuesday 14th, May 2019 / 01:38 Oleh :
Kategori : Burung