Sponsors Link

7 Manfaat Kutu Air Untuk Pakan Ikan Yang Baik

Sponsors Link

Memelihara ikan menjadi salah satu bentuk aktivitas yang banyak dilakukan sebagai sebuah hobi. Aktivitas memelihara ikan ini bahkan sudah ada sejak zaman dahulu dimana berbagai macam jenis ikan terus bermunculan dan bergantian menjadi primadona. Dalam proses memelihara ikan hias, kebutuhan pakan menjadi hal yang sangat penting bagi proses pertumbuhan ikan dan kesehatannya atau menjadikan ikan terhindar dari berbagai macam bentuk permasalahan. Salah satu pakan ikan yang sering diberikan para pemilik ikan tersebut adalah kutu air. Berikut penjelasan mengenai manfaat kutu air untuk pakan ikan dalam ulasan di bawah ini.

ads
  1. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ikan

Kutu air merupakan salah satu bentuk pakan yang memiliki nilai nutrisi tinggi bagi ikan sehingga dengan memberikannya pada ikan maka akan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan oleh ikan untuk dapat hidup dengan normal. Tingginya nilai gizi pada kutu air memang sudah dipercaya dengan bukti penggunaan kutu air sebagai pakan ikan hampir pada seluruh jenis ikan hias. (Baca juga : jenis pakan alami untuk ikan)

  1. Sebagai pakan alami

Kutu air merupakan sebutan sederhana dan awam untuk krustacea kecil yang hidup di air. Kutu air berbeda dengan jenis kutu yang hidup diluar air dan tidak bukan serangga serta tidak hidup sebagai parasit. Kutu air secara alami berada diperairan dimana tempat ikan yang sekarang banyak di pelihara sebagai ikan hias hidup. Manfaat kutu air untuk pakan ikan adalah sebagai salah satu pakan alami untuk ikan hias tersebut. (Baca juga : cara menghilangkan parasit pada ikan mas koki)

  1. Membantu proses perkembangan ikan

Kutu air sebagai pakan alami yang disebutkan diatas memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, Dengan adanya protein tersebut menjadikan kutu air sebagai salah satu pakan yang membantu dalam proses perkembangan ikan. Ikan yang berkembang dengan baik tentu menjadi suatu tujuan dalam pemeliharaan ikan sehingga ikan akan terus hidup hingga lama. (Baca juga : cara beternak ikan cupang yang baik)

  1. Mudah dikembangbiakkan

Kutu air menjadi salah satu jenis pakan bagi ikan hias yang mudah untuk dikembang biakkan. Kemudahan pengembang biakannya tersebut menjadikan pemenuhan kebutuhan pakan bagi ikan hias. Dengan kemudahan tersebut pemilik ikan tentu akan lebih mudah memilih jenis pakan alami bagi ikannya yang dipelihara.

  1. Sebagai peluang usaha 

Kutu air yang mudah untuk dikembang biakan juga menjadi salah satu peluang bagi para penyedia pakan ikan karena dengan kemudahan pembiakannya maka stok pakan yang dimiliki tentu akan lebih berlipah dan sulit untuk kehabisan stok. (Baca juga : cara membuat pakan ikan tanpa mesin)

  1. Mengatasi ikan yang nafsu makannya berkurang

Kutu air sebagai salah satu pakan alami bagi ikan hias juga menjadi salah satu pilihan pakan yang sangat membantu dalam mengatasi nafsu makan yang berkurang pada ikan. Ikan memang akan memiliki resiko mudah mengalami kondisi nafsu makan yang berkurang.

  1. Mencegah penyakit pada ikan

Dengan kondisi pakan kutu air yang sangat mudah dikonsumsi oleh ikan menjadikannya akan selalu dalam kondisi pemenuhan nutrisi yang baik sehingga dengan nutrisi yang terjaga maka ikan hias juga dapat terhindar dari berbagai macam bentuk permasalahan. (Baca juga : tips melakukan kultur jentik untuk pakan ikan)

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat kutu air untuk pakan ikan yang alami dan mudah untuk dikembangbiakan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 14th, May 2019 / 01:44 Oleh :
Kategori : Ikan