Sponsors Link

5 Tips Membuat Kroto Super Untuk Pakan Burung Kicau Yang Bernutrisi Tinggi

Sponsors Link

Memelihara burung kicau menjadi salah satu bentuk aktivitas hobi yang belakangan ini kembali populer meskipun sudah sejak lama memang sudah digeluti oleh berbagai orang di masyarakat. Dalam prosesnya melakukan pemeliharaan burung kicauan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yang salah satunya adalah pakan burung. Kroto menjadi salah satu jenis pakan burung yang baik dan bermanfaat bagi kondisi perkembangan burung maupun menstimulus kemampuan kicauan burung untuk lebih baik. Berikut ini beberapa tips membuat kroto super untuk pakan burung kicau dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Bibit semut rangrang berkualitas

Untuk menghasilkan kroto super tentu bibit semut rangrang sebagai indukan kroto harus memiliki kualitas yang baik. Kualitas bibit tersebut dapat diperoleh dari semut rangrang yang berasal di alam liar yang diperhatikan hasil kroto yang dihasilkannya. Memilih semut rangrang yang berkualias memang perlu pengalaman sehingga sebaiknya pahami cara pemilihannya dari pada peternak kroto yang sudah berpengalaman. (Baca juga : cara ternak rangrang kroto)

  1. Perhatikan pakan untuk semut rangrang

Melakukan proses ternak dan budidaya kroto merupakan salah satu hal yang mudah namun untuk menghasilkan kroto dengan kualitas super tentu perlu proses yang dilakukan secara tepat. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas dari kroto adalah pakan semut rangrang. Untuk mendapatkan kroto berkualitas dengan kondisi kering dan putih maka pakan yang diberikan haruslah tinggi protein. Beberapa jenis pakan yang dapat diberikan kepada semut rangrang dengan kandungan protein tinggi sehingga dapat menghasilkan kroto super seperti ulat pisang, ulang hongkong, cacing tanah, jangkrik, dan kecoa. (Baca juga : cara ternak rangrang media toples)

  1. Pastikan semut rangrang tetap berada di dalam kandang

Tips membuat kroto super untuk pakan burung kicau selanjutnya adalah memastikan agar semut rangrang tidak keluar dari kandang sehingga pakan yang dikonsumsinya sesuai dengan jenis pakan yang disiapkan. Agar semut rangrang tidak keluar dari kandang maka gunakan waskom dengan air yang ditaruh pada kaki kaki kandang. Bagian kaki rak yang direndam dalam air juga harus dilapisi dengan plastik agar tidak mudah rapuh dan rusak. (Baca juga : cara panen kroto agar tidak digigit)

  1. Pilih media budidaya yang tepat

Untuk dapat menghasilkan kroto dengan kualitas super maka media budidaya semut rangrangnya harus dipilih dengan tepat dari banyak pilihan jenis media yang ada. Media budidaya yang sering menghasilkan kroto dengan kualitas super adalah rak dan toples. Rak dapat dibuat dari kayu, triplek, ataupun menggunakan bambu. Rak dan toples yang digunakan harus sesuai dengan jumlah bibit semut rangrang karena rak dan toples yang terlalu besar juga dapat mempengaruhi jumlah kroto yang dihasilkan menjadi sedikit. (Baca juga : cara mempercepat kroto bertelur)

  1. Kondisi lingkungan yang sesuai

Kondisi lingkungan sekitar dimana tempat semut rangrang hidup harus sesuai dengan keadaan yang nyaman untuk semut rangrang tersebut agar dapat menghasilkan kroto kualitas super. Lingkungan yang baik untuk semut rangrang diantaranya seperti kondisi ruangan yang gelap dengan intensitas cahaya hanya maksimal 30%, ruangan tertutup, bersuhu optimal, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. (Baca juga : kendala dalam beternak kroto)

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips membuat kroto super untuk pakan burung kicau yang perlu diperhatikan sehingga kroto yang dihasilkan dan membantu meningkatkan kondisi kualitas yang dimiliki oleh burung kicauan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 14th, May 2019 / 01:52 Oleh :
Kategori : Burung