Sponsors Link

5 Jenis Kerang Penghasil Mutiara Terbaik

Sponsors Link

Kerang adalah salah satu binatang laut yang mudah sekali di temui, ragam jenisnya pun lebih dari satu atau dua. Hewan ini banyak diburu dan bernilai tinggi tak jauh berbeda dengan udang maupun lobster. Hal itu karena tingginya jumlah permintaan pasar akan olahan seafood yang termasuk masakan aneka kerang. Salah satunya seperti sebuah restoran, dimana menyajikan aneka makanan seafood dengan harga cukup mahal satu porsinya.

ads

Meskipun isi daging tak sesuai dengan cangkangnya, tetapi rasanya sangat istimewa. Kelezatan kerang tidak ada duanya, begitupun dengan kandungan gizi di dalamnya. Tetapi setiap kerang yang di oleh mempunyai macam-macam sendiri, baik kerang kecil atau remis, kerang hijau dan masih banyak lagi. Bahkan tidak sedikit pula ada jenis Kerang penghasil Mutiara, apa saja itu?

Seperti yang sudah diketahui bahwa kerang adalah satu-satunya hewan yang mampu menghasilkan mutiara. Akan tetapi pasti untuk beberapa jenis tertentu saja. Mutiara inilah yang banyak ditemui pada toko perhiasan yang dijual sangat mahal, tergantung tingkat kemurnian mutiara tersebut. Namun untuk mencarinya sendiri tidaklah mudah, apalagi harus benar-benar bisa mencari kerang yang mempunyai mutiara. (Baca Juga: Budidaya Kerang di Tambak)

Kerang mutiara sendiri merupakan jenis binatang lunak berkeping dua dari golongan kelas Pelecypoda atau Bivalva. Mutiara tersebut di cetak kerang bilamana ada benda asing yang terselip dalam tubuhnya, sangat unik bukan? Berikut ini ada beberapa jenis Kerang yang dapat menghasilkan Mutiara:

Jenis Kerang Penghasil Mutiara

1. Pinctada Maxima

Pinctada maxima adalah jenis kerang yang mampu menghasilkan mutiara. Jenis kerang ini termasuk dalam kelompok bivalvia. Adapun ciri yang dimiliki dari kelompok bivalvia ini adalah tubuhnya yang simetri bilateral. Sebutan dengan nama bivalvia ini lantaran memiliki dua buah cangkang yang disebut tangkup. Spesifikasi lainnya, kerang pinctada maxima ini tidak mempunyai radula seperti gastropoda. Akan tetapi mereka mendapatkan makanan dengan cara menyaring.

Pinctada Maxima merupakan juga jenis kerang yang tidak mempunyai kepala atau tentakel yang nyata. Kerang ini termasuk organisme yang membawa nilai ekonomis cukup tinggi karena dapat menghasilkan mutiara. (Baca Juga: Cara Budidaya Kerang Kupang)

2. Pinctada Margaritifera

Selain pinctada maxima, kerang yang mampu menghasilkan mutiara lainnya adalah pinctada margaritifera. Kerang jenis ini merupakan si primadona Negara-negara pasifik selatan. Bahkan untuk mutiara yang dihasilkan juga sangat beragam macamnya, mulai dari warna cream, sampai dengan warna hitam sekalipun.

Mungkin sejauh ini anda merasa bahwa kerang identik dengan warna terang. Tetapi justru warna hitam dari mutiara pinctada margaritifera inilah yang banyak diminati dan paling dicari. Namun diameter yang dihasilkan mayoritas terbilang kecil jika dibandingkan dengan pinctada maxima.

3. Pinctada Fucata

Jenis kerang yang dapat menghasilkan mutiara selanjutnya adalah Pinctada Fucata. Jenis ini merupakan spesies moluska laut bivalvia juga yang termasuk dari keluarga pteriidae. Adapun ciri-cirinya, jenis kerang ini mempunyai dua katub yang dihubungkan oleh kedua engsel lurus yang cukup panjang. Sedangkan untuk cangkangnya sendiri mempunyai panjang yang sedikit lebih besar.

Sponsors Link

Untuk katup kanan pada kerang jenis ini lebih rata daripada bagian kiri, serta terdapat gigi engsel di kedua katup. Anterior telinga yang dimiliki memang lebih besar dibandingkan dengan anggota genus yang lainnya. Jenis kerang ini yang paling banyak dibudidayakan di Jepang dan cukup familiar serta populer disana. (Baca Juga: Cara Budidaya Kerang Abalon)

4. Pteria Penguin

Masih terdapat beberapa jenis kerang lain yang dapat menghasilkan mutiara selain dari yang telah disebutkan di atas. Salah satunya yakni Pteria Penguin, yakni termasuk salah satu jenis kerang yang mampu menghasilkan mutiara. Berbeda dengan jenis kerang Pinctada Fucata, untuk jenis pteria penguin ini kebalikannya. Artinya kerang jenis ini tidak banyak di budidayakan karena hal itu disebabkan jika suatu hasilnya di peruntukkan pada kalangan tertentu mengingat bentuk mutiara yang dihasilkan umumnya tidak bundar. Jenis kerang Pteria Penguin umumnya di kenal oleh masyarakat dengan tiram sayap penguin.

Pteria penguin ini juga merupakan spesies moluska laut bivalvia yang di kategorikan dalamkeluarga pteriidae juga. Penamaan untuk Pteria Penguin sendiri di ambil dari sebuah tanaman yang berada di wilayah Indo-Pasifik barat dan tengah. Sedangkan untuk jangkauannya sendiri telah membentang dari pantai Afrika Timur dan Laut Merah menuju ke India, Cina Selatan, Filipina, Australia, Jepang Selatan dan termasuknya Indonesia.

5. Kerang Mutiara Air Tawar

Seperti namanya, Kerang Mutiara Air Tawar juga mampu menghasilkan butiran cantik mutiara yang tak kalah elegan seperti jenis yang lainnya, meskipun pada faktanya ini merupakan jenis kerang yang hidup di air tawar. Jenis kerang mutiara air tawar ini termasuk ke dalam spesies hewan invertebrate.

Dan sama seperti kerang yang lain, kerang air tawar mempunyai dua cangkang yang berbentuk simetris dan mempunyai engsel untuk membuka dan menutup. Cara hidupnya yakni menempel pada subtract dan kerang ini akan memakan jenis-jenis plankton. (Baca Juga: Teknik Budidaya Kerang Darah)

Itulah kelima jenis Kerang penghasil Mutiara yang bisa anda pelajari dan mungkin dapat Anda coba untuk menternaknya dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Sunday 07th, April 2019 / 17:15 Oleh :
Kategori : Ikan