Sponsors Link

12 Jenis Kupu-Kupu yang Punya Tampilan Cantik

Kupu-kupu merupakan salah satu hewan cantik, dan pastinya tidak akan menyakiti siapapun dan dalam hal apapun atau bagaimanapun. Ada banyak Jenis Kupu-Kupu yang bisa anda ketahui, dan semuanya mempunyai corak sayap indah. Kupu-kupu juga merupakan sosok paling tepat untuk menggambarkan indahnya kebebasan, mengepak kesana dan kemari. Bahkan harus anda ketahui bahwa jumlah spesies kupu-kupu pun sangat beragam, mulai dari bentuk, ukuran, dan coraknya. Ketahui juga tentang cara beternak ulat bumbung.

Nah, untuk mengetahui berbagai macam kupu yang memiliki tampilan indah dan cantik di Dunia bisa langsung simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Jenis Kupu-Kupu

1. Milbert Tortoiseshell Butterfly

Milbert Tortoiseshell Butterfly

Milbert tortoiseshell butterfly namanya, memang bagus dan kebarat-baratan. Jenis kupu ini memiliki lebar sayap 4,2 – 6,3 cm, dan berasal dari Amerika Utara dari Alaska selatan hingga ke Meksiko. Corak sayapnya kombinasi hitam dan kuning ke oranye-an.

2. The Zebra Swallowtail

The Zebra Swallowtail

Selanjutnya adalah The Zebra Swallowtail, tak kalah bagus untuk sebuah nama kupu. Spesies ini merupakan kupu yang sayapnya berwarna hitam dan putih yang khas dan memiliki sayap panjang kebelakang layaknya ekor. Diketahui bahwa untuk lebar sayapnya sekitar 5-7 cm.

Sedangkan untuk masa hidupnya kupu kupu Zebra Swallowtail sekitar 6 bulan di tahap dewasa. Kupu kupu ini akan banyak ditemukan di bagian timur Amerika Utara dari Kanada ke Florida, AS.

3. Red Admiral

Red Admiral

Red Admiral adalah jenis kupu-kupu yang memiliki kemampuan terbang sangat cepat dan jenis ini merupakan hasil migrasi yang umum ditemukan di daerah beriklim utara berawa-rawa di Asia, Eropa dan Amerika Utara. Motif pada sayapnya sangatlah bagus, seperti namanya kupu ini mempunyai corak warna merah yang berkombinasi putih dan kecoklatan serta sedikit warna hitam. Ketahui juga tentang cara merawat burung agar rajin berkicau.

4. Monarch Butterfly

Monarch Butterfly

Masih begitu banyak jenis kupu-kupu yang bisa disebutkan, untuk yang keempat ini adalah Monarch, adalah jenis kupu-kupu beracun yang memiliki lebar sayap 8,6 – 12,4 cm dan umum ditemukan di seluruh dunia. Bahaya atau tidaknya, jadi anda memang harus waspada dan berhati-hati saja. Juga Kupu kupu ini memakan tanaman milkweed pada tahap larva dan bertelur di pohon milkweed yang beracun.

5. Karner Blue Butterfly

Karner Blue Butterfly

Karner Blue Butterfly ialah jenis kupu-kupu biru kecil yang memiliki lebar sayap hanya sekitar 2,5 cm. Spesies ini merupakan kupu-kupu yang terancam punah dan hidup di pohon ek dan pinus pinus sabana. Sebelum menjadi kupu kupu, ulat dijaga oleh semut semut yang mengumpulkan cairan bergula dan disekresikan ulat, dan sebagai imbalannya semut melindungi ulat dari beberapa predator juga parasit.

6. Blue Morpho Butterfly

Blue Morpho Butterfly

Blue Morpho Butterfly, namanya bagus untuk spesies berwarna dominan biru. Jenis ini tinggal dan menempati habitat hutan hujan di Brasil ke Venezuela. Kupu kupu jantan mempunyai warna yang sangat cerah, sedangkan betina tidak berwarna serah selayaknya si jantan.

7. Julia Butterfly

Julia Butterfly

Julia Butterfly adalah jenis kupu berikutnya menjadi jenis tropis kuning-oranye yang memiliki sayap anterior panjang. Kupu ini banyak ditemukan dari Amerika Selatan dan Tengah ke Amerika Serikat bagian selatan.

8. The Mourning Cloak Butterfly

The Mourning Cloak Butterfly

Jenis Kupu Kupu Mourning Cloak Butterfly merupakan kupu-kupu dengan garis luar yang tidak biasanya. Sayap maroon lebih gelap memiliki tepi pucat, berbintik-bintik dan margin dalam gelap dengan bintik-bintik biru.

9. Peacock Butterfly

Peacock Butterfly

Jenis Kupu Kupu-Peacock Butterfly merupakan jenis yang biasa dari daerah beriklim Eropa (termasuk Inggris) dan Asia. Tetapi untuk jenis kupu-kupu ini bisa mengeluarkan suara mendesis ketika terancam dengan menggosokan sayapnya (biasanya saat melihat burung). Jangan lupa juga membaca pembahasan tentang cara mengobati burung stres.

10. American Snout Butterfly

American Snout Butterfly

Jenis Kupu-Kupu yang satu ini bernama American Snout Butterfly yang mempunyai ciri palp labial panjang (mulut bersisik seperti kumis di kedua sisi belalai) yang terlihat seperti moncong panjang. Itulah sebabnya namanya adalah Snout, yang artinya moncong. Kupu kupu American Snout ini juga terkadang melalukan perjalanan untuk migrasi yang cukup panjang. Jenis Kupu-Kupu ini mempunyai lebar sayapnya adalah 3,5-5 cm, sedangkan warnanya mirip dengan daun kering untuk kupu kupu dewasa.

11. Southern Dogface

Southern Dogface

Jenis kupu berikutnya adalah Southern Dogface atau dikenal dengan nama lain Colias cesonia, ialah kupu-kupu yang memiliki warna kuning dan juga dikenal sebagai kupu-kupu muka anjing. Untuk kupu kupu jenis ini yang jantan mempunyai warna lebih cerah dibandingkan dengan betina, sedangkan lebar sayak kupu kupu muka anjing ini 5,8-6,5 cm.

12. Queen Alexandra Birdwing Butterfly

Queen Alexandra Birdwing Butterfly

Queen Alexandra Birdwing Butterfly atau di kenal dan populer juga dengan nama kupu-kupu sayap burung Ratu Alexandra, merupakan jenis kupu-kupu besar yang ditemukan hanya di Indonesia. Tepatnya yakni di bagian utara Papua Nugini, bahkan Queen Alexandra Birdwing Butterfly juga dianggap sebagai spesies kupu-kupu terbesar di dunia dengan lebar sayapnya mencapai 30 cm.

Jadi itulah ke 12 jenis kupu-kupu yang sudah dijelaskan. Kalau membahas cantik di air, Ikan Louhan menjadi salah satunya dan berikut ini jenis ikan louhan lokal yang memiliki tampilan paling indah.

, , ,




Post Date: Wednesday 23rd, October 2019 / 10:45 Oleh :
Kategori : Serangga