Sponsors Link

7 Cara Merawat Kucing Sphynx dengan Baik

Kucing Sphynx

Kucing merupakan salah satu mamalia yang banyak dipelihara, banyak dijumpai dengan berbagai jenis dan karakteristiknya. Banyak yang menyukai kucing lantaran lucu, disamping ini karena hewan berkumis yang satu ini juga mudah jinak. Kucing mampu mengenali karakter manusia yang benar-benar tulus padanya. Identiknya seekor kucing terletak pada bulunya, tak heran jika anda melihat orang-orang lebih suka memilih ras seperti persia atau anggora ketimbang kucing kampung biasa.

Akan tetapi tidak mudah merawat kucing berbulu tebal, salah memberi makan dan perawatan bisa rontok bulunya. Artikel serupa juga sudah disampaikan sebelumnya yakni tentang penyebab bulu Kucing botak yang wajib dihindari. Selain itu juga masih banyak yang sudah disampaikan mengenai kucing, diantaranya seperti cara merawat bulu Kucing paling mudah dilakukan supaya kucing anda akan senantiasa bagus dan berbulu lebat.

Jika kebanyakan orang menyukai kucing berbulu tebal, lantas bagaimana dengan kucing ras yang memang tidak mempunyai bulu. Misalnya saja kucing Sphynx, yang mana anda harus menyimaknya. Salah satu jenis kucing unik yang harus anda ketahui adalah Sphynx, yang merupakan satu-satunya jenis kucing yang dikenal tidak berbulu di Australia. Kucing-kucing botak inilah juga telah dikenal di Mexico,Perancis dan Kanada. Bagaimana Cara Merawat Kucing Sphynx?

Sebelum anda menyimak beberapa hal dari cara untuk melakukan perawatan terhadap Kucing Sphynx, disampaikan terlebih dahulu mengenai seperti apa kucing jenis ini. Ya, Sphynx dulunya dikembang biakan dari seekor kucing yang tidak berbulu yang muncul dari mutasi di Ontario, Kanada, yakni pada 1966. Pada kenyataannya, kucing ini memiliki bulu akan tetapi sangat pendek, hampir seperti kulit. Bulu yang ada di wajahnya digambarkan mirip dengan beludru dan terasa seperti lumut, sehingga tampak kalau dari jauh tidak berbulu.

Uniknya lagi kucing ras ini mempunyai tubuh lebih ramping dari kebanyakan jenis kucing yang anda ketahui. Selain itu kucing sphynx ini juga memiliki telinga yang berbentuk segitiga. Untuk cara perawatannya dapat anda simak berikut ini, namun kurang lebih bahwa perawatan kucing sphynx tak jauh berbeda dengan kucing peliharaan lain pada umumnya, cuman untuk masalah bulu memang sedikit berbeda teknik perawatannya.

Cara Merawat Kucing Sphynx

1. Pemberian Makan yang Benar

Jika anda menginginkan kucing anda sehat dan baik-baik saja, maka salah satu Cara Merawat Kucing Sphynx yang pertama adalah dengan memberikan pakan yang benar. Artinya anda tidak boleh secara sembarangan memberi makan, karena terkadang ada seseorang yang memberikan makanan basi.

Selain itu, yang terpenting adalah tidak lupa untuk selalu membersihkan tempat makannya supaya senantiasa bersih. Jika kucing anda susah makan, simak selengkapnya tentang cara mengatasi Kucing tidak mau makan dan tidur terus yang efektif.

2. Pemberian Susu

Tidak selalu susu dari sang induk, karena terkadang ada anak kucing yang terabaikan oleh induknya. Oleh karena itulah anda harus siaga susu formula yang akan diberikan pada kucing-kucing sphynx. Memberikan susu merupakan salah satu Cara Merawat Kucing Sphynx yang baik. Susu akan membantunya hidup, mengisi perutnya dari kelaparan dan pastinya untuk menunjang kesehatan.

3. Pemberian Vitamin

Jangan lupa untuk memberikan vitamin tambahan, anda bisa membelinya di pet shop dengan harga yang cukup terjangkau. Ada merek Vitamin penambah Nafsu makan Kucing yang bisa anda simak kembali.

4. Melakukan Vaksin

Bahwa perawatan semua kucing kurang lebih memang sama, begitupun dengan kucing sphynx ini. Jangan lupa untuk memberikan vaksinasi setiap satu bulan sekali ataupun dua bulan sekali. Vaksinasi mampu memberikan kekebalan tubuhnya, sehingga tidak akan mudah sakit.

5. Pemberian Tempat Layak

Entah di kandang atau anda biarkan lepas, kucing memerlukan tempat yang layak. Jika di kandang berikan ukuran lebih besar dari tubuhnya dan jika di lepas maka jagalah dari lingkungan luar, mungkin anda bisa membuatkan pagar untuk menjaga kucing anda.

6. Memandikan

Cara Merawat Kucing Sphynx lainnya adalah dengan memandikan supaya bersih, mandi untuk menjaga dari kotoran yang menempel. Minimal mandikanlah kucing dua hari sekali dengan menggunakan shampoo yang cocok untuknya. Memandikan adalah langkah yang simple menghindarkan kucing dari virus berbahaya yang datang melalui kotoran atau debu-debu.

7. Penjemuran

Lakukan penjemuran setelah di mandikan, tetapi disarankan untuk menjemur di pagi hari yakni mulai pukul tujuh sampai dengan batas maksimal adalah jam sembilan. Akan tetapi yang harus anda ketahui bahwa dalam menjemur kucing jangan terlalu lama, lakukan selama 20 menit saja.

Jadi, sejatinya memang tidak mudah untuk merawat kucing-kucing. Semakin bagus dan menarik maka akan semakin sulit perawatannya karena tidak bisa sembarangan. Kadang, mendapati kucing sakit saja seseorang sudah pasti kebingungan. Kucing yang sehat tentu akan menyenangkan, dan Tanda Kucing di Steril sudah di jelaskan pada kesempatan sebelumnya.

Seperti itulah cara merawat Kucing Sphynx yang bisa Anda lakukan dengan baik. Dan masih ada beberapa teknik perawatan lain yang bisa dilakukan, seperti cara merawat kucing tanpa kandang dan cara merawat kucing liar agar nurut. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Thursday 24th, October 2019 / 12:00 Oleh :
Kategori : Kucing