Sponsors Link

Jenis Susu untuk Kambing

Sponsors Link

Ada banyak penyebab hewan kambing harus diberi jenis minuman susu untuk untuk hewan kambing baru lahir. Mulai dari induk hewan kambing mati, air minuman susu tidak mau keluar atau induk hewan kambing tidak mau menyusui anaknya.

ads

Apabila memang kondisi mengharuskan untuk menggunakan jenis minuman susu untuk untuk hewan kambing baru lahir, maka harus yang aman dan mudah ditemukan. Perlu diingat pemberian jenis minuman susu untuk untuk hewan kambing tidak boleh sembarangan. Minuman susu harus dalam kondisi yang bersih dan minim kontaminasi bakteri. Hal ini karena hewan kambing riskan terkena diare. ( Baca juga : cara merawat anak domba yang baru lahir)
Selain itu, pemberian sebaiknya sedikit sedikit tetapi sering diberikan. Hindari memberikan jenis minuman susu untuk terlalu banyak dalam sekali waktu. Baiklah, langsung saja berikut ini Jenis Susu untuk Kambing.

1. Hindari Gunakan Minuman susu Formula

Sebelum masuk ke macam macam minuman susu yang bisa diberikan, sebelumnya Arenahewan.com  berikan peringatan terlebih dahulu. Arenahewan.com  sarankan hindari gunakan minuman susu formula bayi manusia sebagai jenis minuman susu untuk untuk hewan kambing baru lahir. ( Baca juga : cara mudah ternak kambing gibas)

Minuman susu formula bayi dikondisikan untuk memenuhi standar kebutuhan manusia, sehingga kurang cocok untuk hewan kambing.Resiko yang paling mungkin terjadi ketika hewan kambing diberi minuman susu formula bayi adalah diare. Hal ini akan semakin memperparah keadaan. ( Baca juga : teknik dasar ternak kambing)

2. Berikan Minuman susu Induk Hewan kambing Lain

Jenis minuman susu untuk untuk hewan kambing baru lahir yang terbaik adalah minuman susu induk hewan kambing lain. Apabila ada, minuman susu induk hewan kambing yang melahirkan pada hari yang sama atau berdekatan dengan kelahiran hewan kambing Anda. Minuman susu dari induk hewan kambing ini memiliki kualitas yang tentu saja hampir sama dengan induk aslinya. ( Baca juga : cara membantu kambing melahirkan)

Minuman susu induk lain diambil dengan tetap memperhatikan kebutuhan anak asli dari si induk hewan kambing. Cara pemberian jenis minuman susu untuk dari induk hewan kambing dapat secara langsung menyusu atau diperas kemudian diberikan dengan dot. Namun yang perlu menjadi catatan, ketika diminuman susukan langsung sebaiknya tetap dalam pengawasan. Hal ini untuk menghindari induk hewan kambing yang tidak mau menyusui.  ( Baca juga : budidaya kambing biri biri)

3. Minuman susu Sapi Yang Masih Segar

Apabila Sobat tidak memiliki hewan kambing lain yang sedang menyusui, jenis minuman susu untuk untuk hewan kambing baru lahir dapat menggunakan minuman susu sapi. Minuman susu sapi yang diberikan sebaiknya adalah minuman susu sapi segar yang baru saja diperas. Hal ini untuk menghindari kontaminasi bakteri, mengingat minuman susu merupakan produk peternakan yang sangat mudah terkontaminasi.

Cara memberikan minuman susu sapi untuk hewan kambing adalah dengan menggunakan dot. Namun yang perlu diperhatikan adalah, minuman susu sapi memiliki kualitas yang berbeda dengan minuman susu hewan kambing. Sehingga perlu ketika awal pemberian harus diamati apakah ada ciri hewan kambing mengalami diare.

Sponsors Link

4. Milk Replacer

Milk replacer adalah jenis minuman susu untuk untuk hewan kambing yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhannya. Namun yang banyak beredar di pasaran adalah Calf Milk Replacer (CMR) atau jenis minuman susu untuk anak sapi. Sedangkan minuman susu buat hewan kambing belum banyak beredar di pasaran.

Milk Replacer ini adalah minuman susu formula yang dibuat khusus, sehingga kandungan nutrien yang dibutuhkan hewan kambing. Namun, apabila yang digunakan adalah CMR, terkadang hewan kambing juga mengalami diare. Merawat hewan kambing memang cukup menguras perhatian. 

5. Buatkan Minuman susu Jolong

Minuman susu jolong adalah minuman susu formula yang bisa Sobat buat sendiri. Minuman susu jolong dapat dibuat dari campuran minuman susu sapi, minyak ikan, telur ayam, madu dan gula pasir. Cara pembuatannya juga cukup mudah, dengan bahan dasar 0,25-0,5 liter minuman susu sapi. Kemudian ditambah satu sendok minyak ikan dan satu butir telur serta setengah sendok madu atau gula pasir. Tinggal diaduk dan siap untuk diberikan.

ads

Pembuatan minuman susu jolong sebagai jenis minuman susu induk hewan kambing sebaiknya sekali pemberian. Sehingga hindari sampai menyetok banyak campuran karena mudah terkontaminasi bakteri.
{Apabila terpaksa memberikan minuman susu formula manusia}

  • Pastikan Minuman susu formula dalam keadaan baik

Apabila memang ingin menggunakan minuman susu formula seperti minuman susu SGM untuk hewan kambing, maka pastikan minuman susu masih dalam keadaan baik. Apabila sobat mencari di google maka akan banyak yang menjual minuman susu formula expired untuk ternak. 

Apabila memang ingin memberikan minuman susu terbaik untuk hewan kambing kesayangan sebaiknya berikan yang belum expired. Tetapi apabila adanya yang sudah expired, periksa kembali apakah terdapat jamur pada minuman susu.

Pastikan minuman susu masih berbentuk bubuk normal dan tidak menggumpal. Hewan kambing sangat sensitif terhadap bakteri karena dapat menyebabkan diare. Hewan kambing yang diare tentu akan sulit diobati apalagi tanpa minuman susu langsung dari induk

  • Tambahkan sumber lemak

Ketika membuat jenis minuman susu untuk untuk hewan kambing baru lahir, hindari hanya memberikan minuman susu SGM untuk hewan kambing begitu saja. Sobat perlu menambahkan beberapa bahan lain. Minuman susu formula merek apapun memiliki kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi, sedangkan hewan kambing membutuhkan lemak 20 hingga 30 % dalam minuman susu. 

Oleh karena itu, sobat perlu menambahkan sumber lemak ke dalam jenis minuman susu untuk. Sumber lemak yang sering digunakan adalah minyak ikan karena mengandung lemak dan protein yang bagus untuk ternak.

  • Tambahkan sumber protein dan vitamin

Selain lemak, hewan kambing juga membutuhkan sumber protein. Minuman susu formula biasanya memiliki protein 7-10%, karena menyesuaikan kebutuhan manusia. Namun hewan kambing membutuhkan protein yang lebih tinggi. 

Sumber protein sekaligus lemak yang baik untuk hewan kambing adalah bersumber dari telur. Telur memiliki kandungn protein dan lemak yang cukup tinggi. Perpaduan antara telur dan minyak ikan adalah perpaduan yang baik karena bersumber dari laut dan dari ternak darat.

Dimana keduanya memiliki kelengkapan asam lemak dan asam amino yang berbeda dan saling melengkapi.  Sobat bisa menambahkan premik sebagai pelengkap. Premik merupakan sumber vitamin yang dikhususkan untuk ternak.

  • Usahakan ditambah kolostrum atau minuman susu segar

Apabila hewan kambing memang ditinggal induknya sejak lahir, sebaiknya hindari langsung memberikan minuman susu formula SGM untuk hewan kambing. Usahakan terlebih dahulu untuk mencari kolostrum dari induk yang lain. Baru setelah itu diberi jenis dengan campuran minuman susu SGM untuk hewan kambing. 

Termasuk apabila sudah lebih dari lima hari, pembuatan jenis minuman susu untuk untuk hewan kambing sebaiknya ditambah dengan minuman susu segar. Minuman susu segar bisa berasal dari minuman susu sapi maupun minuman susu hewan kambing. Hal ini karena minuman susu segar masih mengandung nutrien yang lengkap untuk hewan kambing.

Sponsors Link

  • Hindari terlalu banyak membuat jenis minuman susu untuk

Hewan kambing bisa diberi minum sesering mungkin dalam sehari. Pemberiannya tidak perlu terlalu banyak karena dapat menyebabkan diare. Nah apabila sobat membuat campuran jenis minuman susu untuk, hindari membuat terlalu banyak. 

Sebaiknya jenis minuman susu untuk untuk hewan kambing ini dibuat ketika akan diberikan saja. Jenis minuman susu untuk sangat mudah digunakan sebagai tempat tinggal bakteri. Minuman susu yang sudah dibuat bisa mudah basi dalam satu hingga dua jam saja terutama bila tidak disimpan dengan baik. 

Sekian tadi macam jenis minuman susu untuk untuk hewan kambing baru lahir. Sobat bisa memilih jenis minuman susu untuk yang paling memungkinkan untuk didapatkan secara continue. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 08th, May 2019 / 08:49 Oleh :
Kategori : Kambing