Sponsors Link

12 Manfaat Budidaya Lebah Madu Bagi Perkebunan

Sponsors Link

12 Manfaat Budidaya Lebah Madu Bagi Perkebunan

ads

1. Nilai ekonomis

Menurut penyelidikan ilmiah terbaru mengenai budidaya buah strawberry yang diterbitkan belum lama ini, budidaya lebah madu bagi perkebunan diketahui memiliki manfaat nilai ekonomis yang jauh lebih besar ketimbang yang selama ini sudah diketahui. (Baca juga : cara budidaya lebah madu liar)

2. Membuat buah yang diserbuki lebih berkualitas

Buah strawberry yang diserbuki oleh budidaya lebah madu bagi perkebunan, memiliki nilai komersial yang jauh lebih tinggi daripada buah yang menyerbuk sendiri atau penyerbukannya oleh angin. Kalangan peneliti di Jerman menemukan, buah buah strawberry yang diserbuki budidaya lebah madu bagi perkebunan lebih berat, lebih kencang kulitnya, lebih merah, dan dapat bertahan lebih lama di rak penjualan. (Baca juga : cara budidaya lebah madu hutan)

Sedihnya, saat ini populasi budidaya lebah madu bagi perkebunan sendiri berada di bawah ancaman, karena besarnya gangguan, yang oleh beberapa pihak dikaitkan dengan pestisida dan polusi.

3. Memberi tambah produksi pangan

Menurut laporan Program Lingkungan PBB (UNEP) tahun 2011, penyerbukan oleh budidaya lebah madu bagi perkebunan dan serangga lainnya memberikan kontribusi sekitar 153 miliar euro (US$ 204 miliar) atau 9,5 persen dari nilai global total produksi pangan. (Baca juga : proses budidaya lebah madu)

4. Lebah madu memiliki achene

Manfaat budidaya lebah madu bagi perkebunan mungkin sebagian dapat dijelaskan oleh efek zat achene, biji-biji kecil yang menciptakan lekukan-lekukan di bagian luar buah strawberry itu. Buah strawberry yang diserbuki budidaya lebah madu bagi perkebunan memiliki zat achene yang jauh lebih fertil dibandingkan buah lainnya karena serangga, (Baca juga : cara ternak lebah madu bagi pemula)

dengan ketekunan khas mereka, menyerbuki semua tanaman, bukan hanya sebagian. Zat achene penting karena mereka mengontrol kadar hormon tanaman yang disebut auksin, yang pada gilirannya mempengaruhi hormon kedua yang disebut asam giberelat. Tingginya tingkat kedua hormon ini menunda protein pelunakan buah yang disebut ekspansins. (Baca juga : cara budidaya lebah madu bagi pemula)

5. Membuat hasil panen buah lebih baik

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa penyerbukan tanaman merupakan faktor ekonomi yang lebih penting daripada yang diperkirakan sampai sekarang,” kata ulasan tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal Inggris Proceedings of the Royal Society B.

“Temuan kami yang komprehensif harus diterapkan ke berbagai tanaman dan menunjukkan penyerbukan budidaya lebah madu bagi perkebunan yang sampai sekarang diremehkan tapi menjadi penentu penting dan nilai ekonomis dari kualitas buah.”

6. Melestarikan lingkungan

Dengan mengurangi limbah makanan, budidaya lebah madu bagi perkebunan juga bisa membantu untuk menyelesaikan masalah: bagaimana memberi makan penduduk bumi yang berkembang pesat namun juga melestarikan lingkungannya yang menyusut.

7. Pengendali hama

Budidaya lebah madu bagi perkebunan pemangsa berperan sebagai pengendali hama hayati (biological control). Peran tersebut terkait sifat mereka sebagai pemangsa ulat atau larva serangga lain. Yang sering kali merupakan hama bagi banyak tanaman pertanian atau perkebunan.

Sponsors Link

Budidaya lebah madu bagi perkebunan juga sering mengunjungi bunga untuk mendapatkan nektar sebagai sumber energi mereka. Perilaku tersebut membuat mereka juga memiliki peran dalam proses penyerbukan bunga (pollinator). “Fungsi lainnya, budidaya lebah madu bagi perkebunan dapat digunakan sebagai bio-indikator kualitas ekosistem atau lingkungan, serta untuk melihat ada atau tidaknya gangguan habitat”.

8. Memperpanjang kesuksesan perkebunan

Budidaya lebah madu bagi perkebunan banyak memberikan manfaat bagi manusia. Mereka memproduksi madu yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan, selain itu propolis budidaya lebah madu bagi perkebunan pun tidak kalah bermanfaatnya untuk manusia. Namun selain banyak memberikan manfaat, keberadaan budidaya lebah madu bagi perkebunan merupakan suatu ekosistem yang sangat penting dan berpengaruh bagi keberlangsungan hidup manusia dan seluruh makhluk hidup.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Albert Einstein “If the bee disappeared off the face of the Earth, man would only have 4 years left to live.” yang artinya “Jika budidaya lebah madu bagi perkebunan menghilang dari muka Bumi, maka manusia hanya memiliki 4 tahun lagi untuk dapat bertahan hidup”.

ads

9. Membantu pertukaran genetik dalam perkebunan

Budidaya lebah madu bagi perkebunan menyerbuki 90% dari semua tanaman berbunga di Amerika Serikat dan minimal 30 % dari seluruh tanaman di dunia. Setidaknya sepertiga dari makanan yang kita makan, tergantung pada penyerbukan.

Penyerbukan oleh lebah diperlukan untuk banyak tanaman seperti: apel, ceri, kacang kedelai, jeruk, lemon, jeruk nipis, wortel dan lain-lain. Lebih dari 100 tanaman pangan kita memerlukan penyerbukan ini, tanaman seperti pohon almond, akan tumbuh buah hanya jika bunga mereka menyerbuk silang, membuat pertukaran genetik antara dua varietas yang berbeda.

10. Meningkatkan produksi tanaman

Ilmuwan telah meneliti setidaknya ada sekitar 20.000 species lebah-lebahan di dunia. Namun sejumlah orang masih merendahkan kesejahteraan dunia yang bertumpu pada koloni budidaya lebah madu bagi perkebunan.

Perlu diketahui bahwa jasa penyerbukan alami yang disediakan oleh serangga penyerbuk khususnya budidaya lebah madu bagi perkebunan jantan, adalah €153 milyar Euro, kembali pada tahun 2005, nilai mereka menyumbang setidaknya 9,5 % dari total nilai makanan dari pertanian dunia, dan bertanggung jawab untuk peningkatan senilai $ 15 miliar tanaman per tahun.

11. Alat utama penyerbukan tanaman

Sederhananya, jika budidaya lebah madu bagi perkebunan untuk penyerbukan punah, maka kita tidak memiliki tanaman bunga dan tanaman buah. Karena jika tidak ada penyerbukan, maka tumbuhan juga tak akan dapat beregenerasi atau berkembang biak.

Hal itu membuat semua rantai makanan termasuk hewan juga akan mati, begitu pula mamalia dan manusia. Hal ini tentunya harus menjadi kewaspadaan masyarakat dunia, karena koloni budidaya lebah madu bagi perkebunan seantero Amerika dan dunia semakin lama semakin menurun drastis.

12. Menyeimbangkan ekosistem

Mungkin apa yang dikatakan Albert Einstein belum tentu benar adanya, tetapi dari apa yang dikatakannya, bisa jadi hal itu merupakan peringatan bagi kita untuk lebih peduli terhadap alam disekitar kita, termasuk mencegah punahnya keberadaan budidaya lebah madu bagi perkebunan. Hal ini berdasarkan asumsi bahwa semua elemen dari suatu ekosistem keberadaannya sangat penting,

dan mereka memainkan peran mereka sendiri yang berbeda dalam fungsional holistik ekosistem tersebut. Jika Anda menghapus salah satu unsur itu, maka akan dapat menyebabkan tingkat kehancuran tertentu, dan sistem alami akan perlu melakukan penyesuaian, yang bisa positif atau negatif dan berada di luar kendali kita.

Ada beberapa cara agar koloni budidaya lebah madu bagi perkebunan dapat tumbuh dan naik jumlahnya, diantaranya:

  • Tanamlah tumbuhan berbunga dan/atau tumbuhan buah di pekarangan, taman, halaman di sekitar perumahan anda.
  • Tanamlah tumbuhan berbunga di badan-badan jalan seperti di trotoar dan jalur hijau jalanan, jalur hijau jalan tol, juga taman-taman mulai dari desa dan juga perkotaan. Gunakan semaksimal mungkin lahan yang ada untuk tumbuhan bunga.
  • Jangan gunakan pestisida kimiawi seperti yang mengandung neo-nikotinoid, terhadap semua tumbuhan bunga dan tumbuhan buah-buahan disekitar anda. Gunakanlah pestisida organik atau alamiah. Atau dapat pula hama tanaman tersebut dimusnakan dengan cara menggunakan predator alami, misalnya burung.
  • Beritahu kepada kerabat anda termasuk semua petani dan masyarakat dunia mengenai mengapa koloni budidaya lebah madu bagi perkebunan dunia menyusut drastis pada beberapa tahun ini. Sehingga dengan begitu, semoga koloni budidaya lebah madu bagi perkebunan dapat kembali naik dan menjadi sehat kembali sebagai salah satu kunci hidupnya semua species di Bumi.

Sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Monday 24th, June 2019 / 19:53 Oleh :
Kategori : Lebah