Sponsors Link

11 Manfaat Usaha Budidaya Ikan Konsumsi

Keuntungan budidaya ikan konsumsi dapat diperoleh secara maksimal jika dilakukan secara intensif. Hal ini dapat mendukung sistem produksi sehingga menghasilkan panen berlimpah. Intensifikasi budidaya ikan konsumsi tidak hanya dalam penerapan pembenihan, melainkan juga dalam perawatan lanjutan serta didukung dengan pemberian pakan yang baik dan berkualitas.

Selain itu, intensifikasi juga meliputi manajemen pemeliharaan yang terkontrol, pengawasan kesehatan, dan sistem pemasaran yang terencana. Di sisi lain, perihal prospeknya, budidaya ikan konsumsi sangat terbuka lebar mengingat kebutuhan pasar yang terus meningkat. Pasarnya sangat luas, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga merambah hingga ke pasar ekspor. Sayangnya, hingga saat ini produksi ikan konsumsi di Indonesia masih di bawah kebutuhan pasar.

Misalnya saja ikan gurami. Untuk daerah Jakarta saja, pasar ikan gurami menyerap 10—15 ton per hari. Angka tersebut belum ditambah kebutuhan dari kota-kota besar lainnya. Tingginya konsumsi ikan disebabkan masyarakat saat ini semakin sadar untuk mengonsumsi makanan sehat dengan harga yang lebih terjangkau.

Karena itu, setiap peternak ikan konsumsi tidak akan merasa kesulitan dalam memasarkan hasil panennya. Hal terpenting adalah bagaimana mengelola budidaya ikan konsumsi dengan baik agar dapat berjalan optimal dengan hasil melimpah. Berikut 11 Manfaat Usaha Budidaya Ikan Konsumsi yang bisa sobat pertimbangkan untuk dijadikan usaha an penghidupan dalam keseharian.

1. Dapat di Jual Mahal

Satu hal yang pasti keuntungan dari budidaya ikan konsumsi adalah penjualannya yang mahal di pasaran. Apalagi untuk saat ini, ikan konsumsi sering ditemui dan terus dibutuhkan sehingga harganya juga tentu mahal. Diketahui secara garis besar bahwa harga ikan konsumsi masih jauh di atas sayur. Sehingga tidak ada salahnya untuk bebudidaya ikan konsumsi dengan kondisi yang jarang ditolak. (Baca Juga: Cara Mengobati Perut Sapi yang Kembung)

2. Cepat Gemuk

Pada dasarnya memang ikan konsumsi adalah hewan yang cepat sekali gemuk. Dengan rutin memberikan makan setiap hari secara teratur maka pertumbuhan ikan konsumsi akan sangat pesat sekali. Akan tetapi sobat pun harusnya mempertimbangkan nilai gizi dengan kebutuhan tubuhnya meskipun ikan konsumsi tetap cepat gemuk meskipun di beri pakan apa saja. (Baca Juga: Cara Sukses Ternak Kambing Kacang)

3. Dagingnya yang Lezat

Tekstur daging ikan konsumsi memang lebih lezat dibandingkan dengan sayur. Ini menjadi keuntungan dari ikan konsumsi untuk dibudidaya. Seratnya yang lembut memang lebih gurih di santap. (Baca Juga: Bahan Pakan Ternak Ruminansia)

4. Membantu memenuhi kebutuhan pangan berkualitas

Di wilayah padat penduduk, ikan konsumsi menjadi strategi tepat dalam upaya membantu rumah tangga ekonomi lemah dalam memperbaiki keamanan pangan serta konsumsi pangan yang sehat. Produk ikan konsumsi dinilai lebih segar dan bergizi, dengan harga yang kompetitif, karena tidak melalui proses pengemasan, penyimpanan, dan pendistribusian yang memakan waktu berhari-hari.

5. Menciptakan lapangan pekerjaan

Budidaya ikan konsumsi tidak hanya sekadar tren gaya hidup saja, tapi juga dapat menjadi peluang bisnis, menciptakan lapangan pekerjaan dan pendapatan untuk masyarakat yang hidup di perkotaan maupun pedesaan. (Baca Juga: Cara Membuat Pupuk Organik dari Limbah Sapi)

6. Baik untuk kesehatan tubuh dan mental

Kegiatan budidaya ikan konsumsi juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana melatih fisik menjadi lebih kuat dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Budidaya ikan konsumsi membantu kita untuk kembali terhubung dengan alam. Kegiatan ini dapat menurunkan tingkat stres, serta menjaga kesehatan jiwa dan mental secara keseluruhan.  (Baca Juga: Cara Memilih Bibit Sapi yang Baik)

7. Menciptakan lingkungan sehat

Budidaya ikan konsumsi juga merupakan wujud upaya merevitalisasi lingkungan, menciptakan lahan hijau, mengurangi panas dan polusi dari udara, serta menurunkan risiko banjir dan tanah longsor.

8. Pangsa pasar luas

Ikan konsumsi merupakan salah satu ikan paling populer di masyarakat Indonesia. Ikan ikan konsumsi biasanya disajikan dengan cara dijadikan pecel ikan konsumsi, sambel ikan konsumsi, ikan konsumsi bakar, dan sebagainya.

Dengan banyaknya kreasi makanan berbahan dasar ikan konsumsi, membuat ikan konsumsi memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Selain dikonsumsi langsung, ikan konsumsi juga biasa menjadi sajian masakan di warung makan hingga restoran. Hal ini tentu memudahkan Sobat dalam memasarkan ikan ikan konsumsi.

9. Mudah dirawat

Sobat tidak perlu memberikan perlakuan khusus dalam merawat atau membudidayakan ikan ikan konsumsi. Di mana, ikan ikan konsumsi termasuk jenis ikan yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya, baik di kolam tanah, semen, atau terpal. Dimanapun tempat tinggalnya, ikan ikan konsumsi mampu bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik. Hal ini tentu dapat meringankan pekerjaan Sobat bukan? Namun, Sobat harus rutin memberi mereka makan agar dapat berkembang dengan baik.

10. Tahan penyakit

Beberapa jenis ikan yang dibudidayakan biasanya rentan terhadap serangan penyakit, namun tidak bagi ikan ikan konsumsi. Ikan ikan konsumsi terkenal akan ketahanannya terhadap serangan penyakit dan memiliki kekebalan tubuh yang baik. Sobat akan jarang menemukan ikan ikan konsumsi mati akibat serangan penyakit, karena ikan konsumsi telah dilindungi oleh lendir di bagian tubuhnya.

11. Keuntungan besar

Karena ikan ikan konsumsi memiliki waktu panen yang cepat dan memiliki harga jual yang stabill di pasaran, Sobat akan mendapatkan perputaran uang yang lebih cepat. Sobat juga tidak perlu merasa kesulitan dalam menjual hasil panen, karena akan selalu ada pembeli yang membutuhkan ikan ikan konsumsi, mulai dari pemilik warung makan, penjual ikan keliling, hingga restoran mewah sekalipun. Dengan perputaran uang yang lebih cepat, Sobat juga dapat lebih mudah untuk menambah jumlah kolam, sehingga hasil panen dan keuntungan yang Sobat dapatkan pun akan semakin besar.

Untuk memulai bisnis ini, hal pertama yang harus Sobat miliki adalah benih ikan ikan konsumsi. Sobat tidak perlu bingung bagaimana cara mendapatkannya, karena menemukan benih ikan ikan konsumsi pun sangat mudah dan harga yang ditawarkan pun murah. Dengan begitu, bisnis ikan ikan konsumsi akan memberikan keuntungan yang basar tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

, , , , ,
Post Date: Monday 24th, June 2019 / 19:29 Oleh :
Kategori : Ikan