Sponsors Link

10 Manfaat Daun Pepaya untuk Budidaya Ikan Lele

Daun pepaya memiliki gizi yang cukup beragam diantaranya vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligr tiap 100 gr, vitamin C 140 miligr tiap 100 gr daun pepaya, kalori 79 kal tiap 100 gr, protein 8,0 gr tiap 100 gr, lemak 2,0 gr tiap 100 gr, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gr tiap 100 gr, kalsium 353 miligr tiap 100 gr, dan air 75,4 gr tiap 100 gr.

Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing. Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Diam-diam daun yang berbentuk menyerupai tangan manusia ini memiliki banyak manfaat, termasuk bagi ikan lele.

Daun pepaya merupakan salah satu cara untuk menstabilkan pH air di dalam kolam ikan hewan lele. Daun pepaya dapat menjadi obat herbal bagi ikan hewan lele yang sakit atau mengalami stress. Terlebih jika musim hujan, maka kondisi pH air di kolam yang terbuka semakin menurun, dan tingkat ke-stress-an ikan hewan lele akan semakin naik, ditandai dengan sering naiknya ikan ke atas permukaan kolam dalam keadaan mengambang atau mati. Sebab  itu, perlu digunakan pakan tambahan, yakni daun pepaya. Berikut 10 Manfaat Daun Pepaya untuk Budidaya Ikan Lele.

1. Sterilisasi air kolam

Hewan lele yang baru dimasukkan ke dalam kolam perlu adanya adaptasi dan terbebas dari beragam penyakit ikan. Untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kerugian akibat banyak hewan lele yang mati saat penebaran benih atau saat pembesaran dan pemeliharaan. Maka kolam yang akan di gunakan perlu di strerilkan terlebih dahulu dengan cara menggunakan daun pepaya dan tangkainya di tumbuk halus terlebih dahulu, kemudian tebarkan ke seluruh kolam ikan hewan lele dengan perbandingan 1 genggam untuk 1 m2.

Dengan demikian maka kolam ikan terbebas dari berbagai penyakit. Jika menggunakan terpal baru, cara mensterilkan adalah dengan menggunakan daun pepaya yang ditumbuk halus dan dicampur air. Aduk rata dan diamkan selama ±15 menit. Kemudian semprotkan ke seluruh permukaan terpal  baru, biarkan ramuan kering ±5 hari, dan bersihkan kembali kotoran daun pepaya dari kolam bilas hingga bersih. Kemudian isi air dan kolam siap dipakai serta terbebas dari penyakit.

2. Obat penenang

Bukan hanya manusia yang butuh ketenangan, ikan hewan lele juga membutuhkannya. Ikan hewan lele yang baru di beli bisa dimasukan ke dalam kolam pembenihan atau penebaran yang telah di sterilkan terlebih dahulu. Agar ikan tetap tenang maka perlu suatu cara, dan cara untuk  menenangkan ikan hewan lele yaitu dengan menggunakan daun pepaya yang di rajang halus hingga mengeluarkan air, kemudian tebarkan air tersebut ke dalam kolam sebagai pakan ikan hewan lele sekaligus obat penenang yang ampuh.

3. Kekebalan tubuh

Dalam sebuah penelitian, daun pepaya terbukti ampuh memiliki ragam manfaat. Ekstrak daun pepaya saja memiliki kandungan enzim papain yang memiliki aktivitas protoelitik dan antimikroba, dan alkaloid carpain yang berfungsi sebagai antibakteri. Selain itu, ada juga kandungan tocophenol dan flavonoid yang memiliki daya antimikroba. (baca juga : cara menghilangkan parasit pada hewan ikan hias mas koki)

Ekstrak daun pepaya terbukti sangat ampuh sebagai antibakteri serta imunostimulan, yang keduanya berfungsi sebagai pencegah dan obat bagi ikan hewan lele yang terinfeksi bakteri Aeromonas Hydrophila.

4. Menghilangkan kanibalisme

Ikan hewan lele adalah salah satu ikan yang memiliki sifat kanibalisme. Untuk menghilangkannya yaitu dengan memberikan daun pepaya yang telah di cincang halus dengan campuran sedikit tetesan molase atau tebu, aduk hingga ramuan merata dan diamkan selama ±15 menit kemudian ramuan siap di sajikan dan di berikan kepada ikan hewan lele di dalam kolam.

5. Pakan alami

Tidak hanya dapat di gunakan untuk menstabilkan pH kolam, daun pepaya juga bermanfaat sebagai pakan alami ikan hewan lele. Daun pepaya yang dimasukkan ke dalam kolam ikan hewan lele akan ditumbuhi lumut dimana lumut tersebut akan dimakan oleh ikan hewan lele yang sudah pasti makanan tersebut baik dan mengandung kandungan yang menyehatkan ikan hewan lele anda.

6. Obat herbal

Penggunaan daun pepaya ini rupanya sangat beragam bagi kesehatan ikan hewan lele. Lumut yang muncul di dalam kolam menjadi obat herbal yang baik untuk kesehatan ikan hewan lele anda. (baca juga : tips melakukan kultur jentik untuk pakan hewan ikan hias)

7. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Daun pepaya merupakan salah satu bentuk pakan yang memiliki nilai nutrisi tinggi bagi hewan ikan hewan lele sehingga dengan memberikan ikan hewan lelenya pada hewan ikan hewan lele maka akan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan oleh hewan ikan hewan lele untuk dapat hidup dengan normal. Tingginya nilai gizi pada daun pepaya memang sudah dipercaya dengan bukti penggunaan daun pepaya sebagai pakan hewan ikan hewan lele hampir pada seluruh jenis hewan ikan hewan lele. (baca juga : jenis pakan alami untuk hewan ikan hias)

8. Membantu proses perkembangan ikan hewan lele

Daun pepaya sebagai pakan alami yang disebutkan diatas memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dengan adanya protein tersebut menjadikan ikan hewan lele daun pepaya sebagai salah satu pakan yang membantu dalam proses perkembangan hewan ikan hewan lele. Hewan ikan hewan lele yang berkembang dengan baik tentu menjadi suatu tujuan dalam pemeliharaan hewan ikan hewan lele sehingga hewan ikan hewan lele akan terus hidup hingga lama. (baca juga : cara beternak hewan ikan hias cupang yang baik)

9. Mudah dikembangbiakkan

Daun pepaya menjadi salah satu jenis pakan bagi hewan ikan hewan lele yang mudah untuk dikembang biakkan. Kemudahan pengembang biakannya tersebut menjadikan ikan hewan lele pemenuhan kebutuhan pakan bagi hewan ikan hewan lele. Dengan kemudahan tersebut pemilik hewan ikan hewan lele tentu akan lebih mudah memilih jenis pakan alami bagi hewan ikan hewan lelenya yang dipelihara.

10. Sebagai peluang usaha 

Daun pepaya yang mudah untuk dikembang biakan juga menjadi salah satu peluang bagi para penyedia pakan hewan ikan hewan lele karena dengan kemudahan pembiakannya maka stok pakan yang dimiliki tentu akan lebih berlimpah dan sulit untuk kehabisan stok. (baca juga : cara membuat pakan hewan ikan hias tanpa mesin)

Sampai jumpa di artikel berikutnya.

, , , , ,
Post Date: Monday 24th, June 2019 / 19:10 Oleh :
Kategori : Ikan