Sponsors Link

8 Cara Membuat Pupuk Organik dari Limbah Sapi

Melihat kotoran sapi tentu banyak yang geli, namun hal itu harus terpaksa di lupakan oleh semua peternak. Hal itu karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya sendiri menangani segala sesuatu tentang hewan ternakan mereka, termasuk kotoran sapi. Bagi anda sendiri mungkin merasa enggan apabila membayangkan untuk membersihkan kotoran sapi. Padahal tidak semua yang terlihat menjijikkan atau terkesan jorok sesuatu yang sia-sia. Justru kotoran sapi ini yang seringkali di tanyakan oleh sebagian besar orang untuk menyuburkan tanaman.

Ya, bicara saja mengenai kotoran sapi yaitu bermanfaat sekali untuk dijadikan pupuk organic. Anda pun tahu seperti apa peranan penting pupuk bagi tanaman, yakni menyuburkan. Selain ramah lingkungan juga terbilang murah dibandingkan pupuk jenis lainnya. Sekarang ini sudah banyak yang mencoba membuatnya, entah dijual kembali atau di pakai sendiri dan anda pun seharusnya perlu mengetahui cara membuat Pupuk Organik dari limbah Sapi yang mudah dan murah. (Baca Juga: Cara Membuat Pupuk Organik dari Ikan)

Dengan membuat pupuk jenis ini anda sekaligus tidak membuang kotoran begitu saja, lantaran bisa berguna sekali terlebih lagi mendapatkan sedikit uang. Berikut ini akan di sampaikan mengenai beberapa cara yang bisa anda terapkan dirumah.

Cara Membuat Pupuk Organik dari Limbah Sapi

1. Mengumpulkan Kotoran Sapi

Kumpulkan semua kotoran sapi ternakan anda, dan akan ada baiknya jika anda langsung membersihkan kotoran seketika sapi telah membuang kotoran. Sehingga tugas pembersihan kandang juga tidak akan menumpuk begitu saja.

2. Sediakan Wadah Kotoran

Setelah anda mengumpulkan semua kotoran yang ada, jadikanlah satu di dalam wadah. Berikan wadah khusus untuk kotoran sapi dan seharusnya memang besar. (Baca Juga: Cara Membuat Pupuk Organik dari Kotoran Babi)

3. Penjemuran

Kotoran sapi sebelum dijadikan pupuk organic harusnya kering dan setidaknya juga akan menghilangkan baunya. Nah, tugas anda tidak hanya mengumpulkan saja melainkan juga harus siap menjemurnya. Gunakan alas seperti karung beras atau alas lain yang sudah tidak di butuhkan lagi untuk menjemur kotoran sapi. Dalam proses ini ratakan semua kotoran agar cepat kering selama 2 jam.

4. Siapkan Jerami Cacah

Dalam proses pembuatan pupuk organic limbah sapi ini di butuhkan juga jerami sebagai campuran. Sedangkan jenis jerami yang di pakai semuanya saja, tidak berbeda. Hanya saja untuk proses ini jerami di cacah sebelum di campurkan pada kotoran sapi. (Baca Juga: Manfaat Pupuk Urea Untuk Ikan Lele)

5. Siapkan EM4

Selain jerami, kotoran sapi akan melalui tahap dengan tambahan bahan lain seperti EM4. Aktifkanlah terlebih dahulu EM4, dan gunakan cara membuat larutan gula sebanyak 1.5 liter untuk 3 – 4 sendok gula. Usai hal ini tambahkan 2 – 3 EM4 ke dalam, lalu kocok sampai menyatu dan diamkan selama 2 jam. Sebenarnya paling tepatnya adalah satu malam.

6. Pencampuran dengan Jerami

Kotoran sapi yang telah anda jemur tadinya harus di campurkan dengan cacahan jerami. Setelah itu ratakan di alas yang di pakai untuk menjemur, lalu taburkan percikan EM4 di atasnya secara merata.

7. Penutupan

Setelah semua selesai atau bahan habis, langkah selanjutnya adalah dengan menutup bakal pupuk organic di dalam sebuah wadah. Lalu tutup rapat dengan menggunakan bahan apapun yang terpenting tidak di berikan lubang udara masuk. Anda bisa gunakan plstik besar sebagai penutupnya. Jika anda menggunakan plastic atau benda penutup ringan lainnya sebaiknya berikan beban di atasnya agar tidak mudah  dibuka. (Baca Juga: Cara Ternak Cacing Tanah Bagi Pemula)

8. Pemrosesan

Langkah pemrosesan ini adalah dengan membiarkan bakal pupuk tertutup dengan lamanya dua hari dua malam. Setelah itu anda bisa membukanya dan mengaplikasikan pada semua tanaman.

Dengan panduan cara berikut ini anda bisa mengikuti petunjuk pembuatan yang tepat. Pupuk organic adalah jenis pupuk yang terbuat dari sisa-sisa tumbuhan atau hewan. Jenis pupuk ini ada dua yakni cair dan padat, tergantung pembuatnya sendiri. Kandungan unsur di dalam pupuk ini sangat membantu pertumbuhan tanaman mulai dari proses pertumbuhan vegetative, pertumbuhan akar dan juga tunas, serta pembungaan sampai dengan pembuahan. (Baca Juga: Cara Buat Pakan Udang Organik)

Sementara itu manfaat dari kotoran sapi sendiri sangatlah banyak, diantaranya yakni sebagai berikut:

  • Ramah lingkungan karena kotoran sapi yang dijadikan pupuk tidak akan merusak kontruksi tanah.
  • Lebih hemat karena dengan memanfatkan sisa-sisa yang tak terpakai sehingga harga lebih murah.
  • Kotoran sapi mengandung unsur hara yang memang sangat di sarankan untuk semua jenis tanaman. Adapun kandungan unsur hara sendiri adalah sebagai berikut:
  • Mampu menghasilkan nitrogen hingga sebanyak 28.1%
  • Mampu menghasilkan fosfor hingga sebanyak 9.1%
  • Mampu menghasilkan kalium hingga sebanyk 20%.

Tetapi kandungan yang ada di dalam unsur hara tersebut tetap tergantug dari berat setiap ekor sapi atau kotorannya. Dengan begitu maka untuk nitrogen, fosfor dan juga kalium akan menyesuaikan.

Demikianlah cara membuat Pupuk Organik dari limbah Sapi yang dapat Anda terapkan sendiri di Rumah untuk mengembangkan maupun merawat tanaman yang ada di kebun agar terlihat makin subur tanpa tercampur bahan kimia terlalu banyak.

, , , , ,
Post Date: Wednesday 27th, February 2019 / 17:05 Oleh :
Kategori : Sapi