Sponsors Link

10 Manfaat Lidah Buaya pada Kucing

Sponsors Link

Beberapa situs menyebutkan bahwa tanaman lidah buaya beracun untuk hewan kucing dan dapat membahayakan kesehatannya. Kasus yang terkenal ialah Spike, hewan kucing tertua di dunia yang meninggal pada umur 31 tahun, mengonsumsi gel tanaman lidah buaya setiap hari. Jadi, mana yang benar?

ads

Lidah Buaya yang Digunakan Manusia

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui terlebih dahulu mengenai tanaman lidah buaya dan hewan kucing. Bagian bagian dari tanaman tanaman lidah buaya yang umum dimanfaatkan di antaranya daun, getah daun, dan gelnya.

Gel tanaman lidah buaya mengandung karbohidrat tercerna sehingga dapat digunakan sebagai minuman diet oleh manusia. Gel tanaman lidah buaya tersusun oleh 96 % air dan 4 % padatan yang terdiri atas 75 komponen senyawa berkhasiat. Khasiat hebat yang dimliki tanaman lidah buaya sangat terkait dengan ke 75 komponen tersebut secara sinergis. (Baca juga mengenai manfaat suntik jamur pada kucing)

Pemanfaatan tanaman lidah buaya semakin lama semakin berkembang. Awalnya, tanaman lidah buaya hanya dikenal sebagai obat luar dengan berbagai kegunaan. Diantaranya sebagai penyubur rambut, penyembuh luka (luka bakar/ tersiram air panas), obat bisul, jerawat/ noda hitam, pelembap alami, antiperadangan, antipenuaan, serta tabir surya alami. (Baca juga mengenai tahapan pasca embrionik pada kucing)

Kegunaan tanaman lidah buaya sebagai makanan/ minuman untuk manusia antara lain berkhasiat untuk cacingan, susah kencing, sembelit, batuk, radang tenggorokan, pelindung hati, pembangkit sistem kekebalan, diabetes melitus, penurun kolesterol, dan penyakit jantung koroner. (Baca juga mengenai tahapan vaksin pada kucing)

Menurut beberapa penelitian, yang paling baik digunakan untuk pengobatan adalah jenis tanaman lidah buaya barbadensis Miller. Tanaman lidah buaya jenis tersebut mengandung 75 zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, beberapa saat setelah daun tanaman lidah buaya dikupas, gelnya mulai mengalami oksidasi cepat. Dalam beberapa jam, seluruh gel sudah teroksidasi dan kehilangan sebagian besar manfaatnya. (Baca juga mengenai cara agar makanan kucing tidak disemuti)

Gel aloe yang dijual di pasaran biasanya sudah distabilkan terlebih dahulu sehingga bisa tahan hingga beberapa tahun. Pengawetan/ penstabilan ini bisa menggunakan asam sitrat, potassium sorbate atau sodium benzoat (benzoic acid). (Baca juga mengenai cara agar kucing tidak naik ke atas mobil)

Kisah Kucing yang Meninggal karena Lidah Buaya

Spike, kucing tertua di dunia, meninggal 2 bulan setelah merayakan ulang tahunnya yang ke 31. Spike, seekor kucing jantan berwarna red & white meninggal dalam pelukan pemiliknya di Bridport, Dorset, Inggris. Guinness Book of Record pun menyatakan Spike adalah kucing tertua yang pernah hidup.

Ketika berumur 19 tahun, perkelahian dengan seekor anjing hampir membuat hidup spike berakhir. Spike dibeli oleh Mrs Elkington di Pasar Brick Lane, London seharga harga 2 shilling 6 pence, pada tahun 1970. Spike mulai terkenal ketika ia

Sponsors Link

dibawa ke seorang dokter hewan. Dokter hewan tersebut terkejut ketika diberitahu umur spike. Menurut Mrs Elkington, Spike meninggal karena menelan lidah buaya, sebab itu jangan pernah memberikan lidah buaya pada kucing.

1. Jangan Asal Memberikan Lidah Buaya untuk Kucing

Sodium benzoat inilah yang berbahaya bagi hewan kucing. Jangan berikan tanaman lidah buaya mentah pada hewan kucing. Jika ingin memberikannya, pastikan gel tanaman lidah buaya untuk hewan kucing tidak mengandung sodium benzoat ini.

Jika sobat ingin memberikan tanaman lidah buaya untuk hewan kucing, jangan memberikannya secara langsung, melainkan yang sudah diolah dan memang khusus untuk hewan kucing, seperti diolah dalam bentuk shampo dsb. Konsultasikan juga dengan dokter hewan terlebih dahulu.

ads

2. Digunakan untuk Shampo Kucing (Harus yang sudah diolah, bukan lidah buaya murni)

Kandungan shampo untuk hewan kucing yang berisi tanaman lidah buaya harus sudah diolah, jangan memberikan hewan kucing lidah tanaman buaya langsung! Dalam produk yang sudah diolah, mampu menjaga kelembaban kulit sehingga bulu tidak akan rontok, ditambah dengan kandungan alami dari tanaman lidah Buaya yang memiliki banyak sekali vitamin dan mineral sehingga dipastikan kesehatan dari bulu serta kulit kucing akan selalu terjaga.

3. Dicampur dalam Produk Shampo dengan Salicylic Acid

Yakni berfungsi mengurangi rasa gatal akibat gigitan kutu.

4. Dicampur dengan Bahan Gliserin

Yakni akan membantu menjaga kelembaban kulit.

5. Dicampur dengan Vitamin

Selain tanaman lidah buaya yang mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E, ada 14 kelebihan lain yang diberikan lidah buaya bagi kesehatan rambut dan kulit, seperti mengurangi rasa gatal kulit, melembutkan rambut, mencegah kebotakan dan dsb, namun hanya dengan cara diolah dan ditambah vitamin lain, bukan dengan cara diberikan secara langsung.

6. Dicampur dengan Sulfur

Yakni dapat mengatasi iritasi ringan pada kulit dan masalah kulit ringan lainnya.

7. Lidah Buaya Mentah Bahaya untuk Kucing

Tanaman Aloevera atau lidah buaya ini memang diketahui banyak manfaatnya untuk manusia, tapi ternyata tidak untuk hewan kucing. Menelan sepotong kecil lidah buaya bisa menyebabkan kucing muntah dan air kencingnya berwarna kemerahan. Jadi jangan sekali kali memberikannya pada kucing.

8. Lidah Buaya Dapat Menyebabkan Alergi pada Kucing

Tanaman lidah buaaya dapat membuat kulit hewan kucing mengalami peradangan, kemerahan, dan alergi. Sebab itu jangan memberikan tanaman lidah buaya pada hewan kucing.

9. Lidah Buaya Dapat Menyebabkan Kram Perut

Lidah buaya juga dapat menyebabkan kram pada perut hewan kucing, tentunya karena kandungan di dalamnya dan dari racun yang berbahaya yang telah penulis jelaskan sebelumnya.

10. Lidah Buaya Beracun untuk Kucing

Tanaman lidah buaya termasuk ke dalam tanaman beracun yang harus dijauhkan dari hewan kucing. Tanaman lidah buaya ternyata termasuk tanaman yang paling bahaya untuk semua hewan peliharaan. Padahal tanaman tanaman lidah buaya sangat bagus dijadikan hiasan. Bisa berguna untuk mengurangi racun yang terdapat di rumah dan menjadi tanaman untuk menyegarkan ruangan yang sangat efektif.

Sponsors Link

Inilah yang membuat tanaman lidah buaya berbahaya untuk hewan kucing, karena bisa menyimpan racun racun dari udara. Jika hewan kucing makan daun tanaman lidah buaya bisa membuat diare, muntah, gemetar, depresi dan nafsu makan berkurang. Oleh karena itu sobat harus menjauhkan hewan kucing dari tanaman tanaman lidah buaya ini.

Nah sobat, dari berbagai penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya lidah buaya tidak memiliki manfaat untuk kucing. Untuk perawatan bulu, sebaiknya tak menggunakan lidah buaya sebab terkadang memiliki reaksi alergi, sebaiknya gunakan produk dengan bahan lain, intinya hindari lidah buaya.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 06th, December 2018 / 12:47 Oleh :
Kategori : Kucing