Sponsors Link

8 Manfaat Memandikan Perkutut Malam Hari

Sponsors Link

Memelihara burung memang menjadi hal yang cukup menarik karena seseorang menjadi lebih mempunyai waktu saat senggang. Kebanyakan yang memelihara burung yakni mereka para pecinta burung, entah suka karena kicauannya atau keindahan bulunya. Burung yang umumnya di pelihara sangat banyak sekali jenisnya, mulai dari cucak ijo, cucak rowo, beo, kenari, pentet, dan masih banyak lagi termasuk perkutut. Nah, bagi sebagian orang tentu sudah tidak asing lagi dengan burung perkutut.

ads

Burung ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak di gemari oleh sebagian orang. Tak terkecuali bagi pecintanya sendiri pastinya, mungkin anda pun salah satu orang yang menyukai burung kicau. Perkutut banyak di jumpai di pasar, dijual dengan harga cukup terjangkau. Oleh sebab itu banyak sekali yang memilih burung ini untuk di budidayakan dan kemudian di jual atau sebagai peliharaan saja.

Dalam memelihara burung, anda harus mengerti langkah-langkah perawatan tepat. Salah satunya yakni memandikan di malam hari, lalu apa manfaatnya? Memandikan burung pada umumnya di pagi dan sore hari seperti yang di ketahui secara umum. Tetapi sebagian besar orang yang memelihara burung memandikan di malam hari. Manfaat memandikan Perkutut malam hari ada banyak sekali, dan tentunya hal itu mengarah pada kualitas perkutut nantinya. (Baca Juga: Manfaat Pakan Perkutut Untuk Lovebird)

Tetapi kasus yang sering terjadi, pemilik burung memandikan perkutut peliharaannya pada malam hari biasanya karena sang burung tersebut mengalami over birahi. Adapun over birahi sendiri merupakan kondisi dimana birahinya terlalu berlebihan sehingga tidak terkendali lagi. Baik Kurang birahi maupun over birahi, kedua problem ini sama-sama tidak baik bagi burung sehingga harus distabilkan.

Sedangkan untuk gejala burung perkutut yang over birahi dapat diketahui dari perilakunya yang cukup agresif atau berkicau secara berlebihan. Over birahi biasanya terjadi lantaran telah mengkonsumsi pakan dengan kadar nutrisi seperti protein yang terlalu tinggi, usia yang belum mapan, pemberian pakan secara berlebihan, ataupun kondisi tubuh burung yang kurang fit. Tetapi selain itu, ada beberapa manfaat ketika Anda memandikan Perkutut di malam Hari lainnya. Seperti yang dapat anda simak berikut ini:

8 Manfaat Memandikan Perkutut Malam Hari

1.Mengatasi Over Birahi

Salah satu manfaat dari mandi malam untuk perkutut adalah untuk mengatasi over birahi, dimana sang burung dalam kondisi yang ingin di pijahkan. Seperti yang di ketahui, gejalanya dapat di lihat dari tingkah laku burung perkutut sendiri yang sering berkicau. Selain itu, ia akan sering mengepakkan sayapnya. (Baca Juga: Manfaat Kacang Ijo Untuk Perkutut)

2.Mengatasi Kurangnya Birahi

Selain untuk mengatasi over birahi, mandi malam untuk perkutut juga baik dalam mengatasi sang burung kurang birahi. Maksudnya yakni, burung yang kurang birahi akan sulit untuk di pijahkan. Tentu saja ini akan menjadi masalah, terutama untuk mereka yang beternak dan kemudian di jual kembali.

3.Menjinakkan Burung Perkutut

Untuk perkutut yang masih giras, memandikan di malam hari bertujuan untuk menjinakkan. Karena burung bakalan yang sedang dalam masa dilatih biasanya masih giras sehingga harus dijinakkan terlebih dahulu. Salah satu caranya tentu seperti ini, yakni dengan memandikannya pada malam hari. Bukan hanya burung bakalan saja, tetapi burung yang sudah mapan pun terkadang bisa menjadi giras sehingga dapat juga dimandikan pada malam hari untuk bisa membuat lebih jinak. (Baca Juga: Ternak Perkutut Bangkok)

Sponsors Link

4.Membuat Burung Lebih Gacor

Satu manfaat lainnya yang tak kalah penting adalah untuk membuat perkutut lebih gacor apabila anda memandikan di malam hari. Cara ini banyak di praktekkan sebagian orang untuk membuat burung perkutut mereka aktif gacor.

5.Melatih Jantung

Memandikan perkutut di malam hari sama berarti dengan membuat burung lebih sehat. Pasalnya mandi malam ini seperti sedang melatih jantungnya. Sehingga lebih kebal dan sehat, tentunya tidak mudah kaget. Pada saat malam, tentu suhu lebih dingin di bandingkan pada siang hari saat sang surya bersinar. Sehingga dingin ini yang awalnya membuat burung terkejut, tetapi aman karena air bisa di pakai untuk terapi jantung. (Baca Juga: Cara Memberikan Minyak Ikan Pada Perkutut)

6.Menghilangkan dari Stres

Stres tak berkesudahan bagi perkutut menjadi pertanyaan oleh sebagian pemelihara. Pasalnya burung yang berlarut-larut stres bisa saja akan mati mendadak. Untuk itu tidak ada salahnya anda memandikan di malam hari karena manfaatnya bisa menghilangkan atau menghindarkan burung dari stres.

7.Menambah Kekebalan Tubuh

Memandikan burung perkutut di malam hari nyatanya mampu membantu menambah kekebalannya. Sehingga burung tidak akan sering stres, atau sakit yang berujung mati. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Perkutut Bangkok)

8.Membuat Burung Lebih Fresh

Pastinya, memandikan burung perkutut di malam hari untuk membuat burung lebih fresh. Burung pun akan terlihat segar dan ceria, berbeda sekali jika di bandingkan dengan burung perkutut yang tidak di mandikan pada waktu malam hari.

Demikianlah manfaat Memandikan Perkutut Malam Hari yang perlu Anda ketahui selengkapnya agar Anda tidak perlu ragu lagi jika hendak memandikan burung kesayangan di malam hari. Semoga informasi ini cukup membantu.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 04th, January 2019 / 17:45 Oleh :
Kategori : Burung