7 Perbedaan Burung Zebra Finch Jantan Dan Betina

Hewan burung menjadi salah satu binatang peliharaan yang memiliki manfaat beragam, akan tetapi kebanyakan hewan kicau tersebut sering kali dipilih oleh seseorang berdasarkan suara yang dihasilkan oleh sang burung. Dikarenakan jenisnya yang sangat banyak, maka untuk perbedaan suara yang dihasilkan olehnya pun sangat beragam juga.

Namun ada juga beberapa jenis burung yang mengandalkan bentuk tubuhnya, ada yang berpenampilan sangat mencolok dan menarik, ada juga burung dengan penampilan sederhana akan tetapi memiliki tingkat dan sifat yang yang lucu, seperti burung Zebra Finch ini misalnya. Tidak terlalu besar sih memang, akan tetapi burung ini imut dan lucu.

Jumlah peminat kalangan terhadap burung satu ini juga lumayan banyak, sehingga memungkinkan cukup menjanjikan jika anda melakukan ternak burung jenis berikut. Dan jangan khawatir dalam masalah perkembangannya, berikut ini perbedaan burung zebra finch jantan dan betina yang dapat diketahui. Sehingga anda tidak akan keliru lagi dalam melakukan perkawinan.

Perbedaan Burung Zebra Finch Jantan Dan Betina

1. Keberadaan Tompel di Bagian Kepala

Salah satu ciri khas yang menandakan kalau burung zebra finch itu jantan yakni terkait keberadaan tompel warna pada bagian wajah, atau tepatnya di bagian pipi sang burung. Untuk tompel ini berbentuk bulat dan biasanya berwarna oranye atau kadang bisa juga berwarna hitam.

Namun kalau burung zebra finch betina cenderung lebih mulus di bagian wajahnya, tidak memiliki tompel pada bagian pipinya. Dari sini saja, mungkin anda sudah bisa mengetahui manakah yang jantan dan mana yang betina bukan? Tapi, untuk lebih jelas bisa lihat perbedaan yang lain.

2. Garis Hitam Vertikal Dibawah Matanya

Berkebalikan dengan yang point pertama tadi, dimana kali ini yang memiliki tanda tersebut cuman ada di burung zebra finch betina saja. Jadi bisa dikatakan kalau jenisnya betina, maka terdapat tanda garis vertikal dibawah matanya, sedangkan kalau jantan terdapat tompel warna orange atau hitam.

3. Warna Paruh

Perbedaan berikutnya yang bisa diketahui oleh pemilik yakni terkait warna paruhnya. Tidak begitu jelas sih, karena betina ataupun jantan sama-sama memiliki paruh warna oranye. Hanya saja untuk jenis kelamin jantan ini paruhnya lebih cerah.

Sedangkan betina memiliki paruh tidak begitu cerah alias kurang mencolok. Dan berkaitan dengan paruh, penting juga mengetahui cara mengobati luka pada paruh burung cendet berikut yang bisa juga diterapkan pada burung zebra finch.

4. Corak Hitam di Bagian Dada

Sama seperti bagian wajahnya tadi, dimana untuk betina ini lebih mulus di bagian dadanya dari segi warna. Pada bagian tersebut memiliki warna krem kekuningan yang terkesan lebih lembut dan menyatu terhadap badannya.

Beda dengan sang jantan dimana pada bagian tersebut memiliki pola kehitaman pada bagian tengah, depan dan juga memiliki pola garis-garis di bagian sisi lehernya. Dengan demikian, penampilan burung sang jantan terkesan lebih kekar ketimbang betina.

5. Warna Tubuh Zebra Finch

Dan di bagian tubuhnya pun juga demikian, pada bagian samping kiri dan kanan sang jantan terdapat pola oranye atau terkadang juga warna hitam dengan bintik-bintik putih. Sedangkan sang betina warnanya terkesan lebih kalem, dan tingkat perataan warnanya pun juga tidak kontras banget. Baca juga soal cara menjaga warna burung kenari tetap bagus.

6. Varian Suara

Untuk anda yang mungkin tidak memperhatikan tampilannya saja, melainkan juga ingin menikmati suara dari burung zebra finch ini, sebaiknya memilih untuk memelihara yang jantan saja. Dikarenakan untuk burung tersebut memiliki varian suara yang lebih beragam, dan ocehannya terkesan lebih menarik.

Berbeda banget dengan sang betina yang suaranya tidak terlalu bervariasi seperti jantan, dengan demikian bisa dikatakan anda akan merasakan kebosanan lebih cepat. Akan tetapi untuk lebih rekomendasinya, anda dapat melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap kedua jenis burung tersebut.

Bukan cuman agar memiliki suara lebih beragam, melainkan agar anda dapat mengembang biakkan burung itu sendiri, sehingga menghasilkan keturunan baru yang pastinya akan menguntungkan bila dirawat dengan baik. Dan ketahui soal cara mengobati burung hilang suara atau cara mengobati suara serak pada burung, agar kicauan zebra finch tetap merdu.

7. Tingkah Laku

Sebenarnya untuk mengetahui perbedaan dari segi tingkah lakunya ini cukup sulit, karena memang keduanya sama-sama memiliki sifat aktif di dalam kandang. Akan tetapi untuk jantan terkesan lebih aktif dan mungkin ketika berada di genggaman cenderung lebih besar berontaknya. Berbeda dengan sang betina yang memiliki sifat lebih kalem meski digenggam sekalipun.

Itulah berbagai macam perbedaan burung zebra finch jantan dan betina yang bisa anda ketahui dengan seksama. Setelah mengetahui berbagai macam perbedaan yang sudah disampaikan tadi, tentu saja anda bisa melakukan perkembang biakan sendiri dengan mudah.

Namun dalam perawatan burung zebra finch ini anda harus memperhatikan beberapa macam hal, termasuk diantaranya yakni seperti cara merawat burung agar rajin berkicau, cara merawat burung yang sedang mabung, hingga mengetahui manfaat pakan ikan untuk burung yang mungkin belum banyak peternak mengetahuinya.