Sponsors Link

7 Tips Burung Ditinggal Mudik

Sponsors Link

Hampir semua orang menyukai burung untuk di pelihara, khususnya pria. Sedangkan wanita tetap masih ada yang menyukainya dan ada yang tidak, sehingga bisa di simpulkan bahwa penyuka burung cukup banyak sekali. Jika anda sendiri salah seorang yang menyukai hewan kicau, lantas apa yang akan anda lakukan? Selain memberikan perawatan harian seperti memberi makan dan minum pastinya anda memikirkan perawatan penunjang lain.

ads

Apalagi jika anda sudah sangat cinta pada burung peliharaan anda, rasa sayang itu bisa melebihi rasa sayang pada diri sendiri. Bahkan sedetik pun rasanya sulit untuk pisah. Padahal, dalam kehidupan sehari-hari anda sendiri tidak lepas dari bepergian. Entah jauh atau dekat, lama atau sebentar yang namanya kegiatan sehari-hari tiada yang tahu, baik di rencanakan atau tidak. Begitu pula yang terjadi pada hari besar seperti lebaran. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Puyuh di Lahan Sempit)

Apa yang terpintas di pikiran anda jika menyebutkan lebaran? Mudik, inilah jawaban yang paling dominan. Nah, adapun pembahasan kali ini tentang Tips Burung Ditinggal Mudik yang bisa anda pelajari. Bicara soal lebaran tentu berkaitan erat dengan mudik, dan hal ini pasti akan anda lakukan karena sudah menjadi momentum spesial. Tapi bagaimana dengan semua burung peliharaan anda jika melakukan mudik? Hanya akan ada dua pilihan disini yaitu di bawa mudik atau terpaksa di tinggal. Keduanya sama-sama berat, karena berbagai hal berikut:

Jika di Tinggal:

  • Kondisi burung tak terawat
  • Mudah sakit dan mati
  • Kurangnya gizi
  • Kurus
  • Bau lantaran tidak di mandikan teratur

Jika di Bawa:

  • Hanya maksimal dua ekor saja yang bisa di bawa
  • Susah dalam membawa sangkarnya
  • Menjadi masalah jika ketahuan polisi karena cukup berbahaya membawa hewan di dalam mobil
  • Bisa membuat burung mati dalam perjalanan

Bingung juga harus dengan cara apa agar burung tetap sehat sembari anda mudik. Tips Burung Ditinggal Mudik akan di sampaikan pada artikel ini, sebaiknya anda harus menyimak dengan baik agar bisa mencari cara tepat untuk burung jelang mudik. (Baca Juga: Manfaat Beras Merah Untuk Burung Parkit)

1. Titipkan Pada Tetangga

Kenapa harus tetangga? Karena ini adalah cara yang tepat dan mudah. Tetangga adalah orang yang selalu ada di lingkungan dekat rumah anda. Sehingga anda juga harus bisa meminta tolong pada tetangga untuk memberikan pakan dan minum secara rutin selama mudik, minimal ini saja. Karena jika anda membebani tetangga dengan banyak syarat malah di khawatirkan justru keberatan.

2. Sewa Perawat Bayaran

Sewalah orang untuk menjaga burung anda selama mudik. Bedakan, mana yang sewa dan mana yang meminta bantuan pada tetangga. Namun yang pasti jika anda hendak mudik, sewalah orang untuk merawat burung dengan baik. Jangan lupa berikan pakan kering seperti milet, voer atau yang lainnya agar lebih mudah. Jangan lupa serta anda harus memberikan upah untuk orang tersebut. (Baca Juga: Manfaat Jangkrik Untuk Burung Jalak Suren)

Sponsors Link

3. Titipkan Pada Saudara

Apabila anda merasa keberatan atau sungkan menitipkan burung peliharaan anda kepada tetangga, sebaiknya titipkan saja pada saudara. Dengan saudara anda lebih merasa lepas untuk meminta bantuan apa-apa mengenai perawatan sang burung. Meskipun tetap sama, anda memberikan imbalan tetapi rasa percaya diri lebih natural pada saudara di bandingkan dengan orang lain.

4. Jual Sementara

Lakukan sistem jual sementara juga menjadi bagian dari Tips Burung Ditinggal Mudik. Cara ini dilakukan dengan cara menjual burung anda di atas perjanjian bahwa anda akan membeli kembali burung tersebut dengan harga lebih mahal. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Suara Kutilang Pada Burung Trucukan)

5. Berikan Pakan Kering

Jangan lupa untuk memberikan pakan kering saja selama anda mudik. Karena pakan basah di khawatirkan bisa berjamur dan menyebabkan sarang penyakit. Adapun pakan kering untuk burung seperti voer, millet, jagung dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan untuk minumnya tetap air biasa.

6. Hindari Pemberian Buah

Buah memang biasa diberikan pada burung untuk menunjang nutrisinya. Adapun buah yang di maksud yakni seperti apel, tomat, dan beberapa jenis buah lain. Karena pakan ini berair dan bisa membusuk. Padahal anda akan mudik, tentu tidak hanya satu hari satu malam saja.

7. Terpaksa di Bawa Mudik

Tips Burung Ditinggal Mudik yang terakhir ini adalah dengan membawa burung ikut mudik. Mungkin anda mendengar aneh sekali, namun apa boleh buat. Selama anda mempunyai kendaraan sendiri, pasti mudah untuk anda membawa burung mudik. Hanya saja burung yang boleh di bawa naik mobil hanya dua ekor saja. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah yang akan datang berikutnya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Mental Burung Kenari)

Apakah anda sudah merasa puas dengan tips di atas? Cara manapun yang akan anda gunakan, sebagai pemiliknya anda yang lebih tau mana yang terbaik untuk peliharaan anda sendiri. Tidak segampang yang anda bayangkan selama ini jika memelihara hewan apapun. Salah satu masalahnya seperti ini, keinginan pemilik untuk mudik namun tak ingin kehilangan burung. Demikian yang bisa di sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 24th, January 2019 / 17:07 Oleh :
Kategori : Burung