Sponsors Link

4 Cara Membedakan Ikan Sepat Hias Jantan Dan Betina Yang Tepat

Sponsors Link

Ikan sepat merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dimasukan dalam akuarium. Ikan jenis ini memiliki banyak peminat terutama anak anak sehingga membudidayakannya merupakan peluang yang baik untuk mendapatkan keuntungan lebih bagi para pedagang ikan. Untuk mereka yang pemula, maka langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum mengkawinkan ikan dan menjalani aktivitas budidaya adalah mengenal dan membedakan mana yang merupakan ikan sepat hias jantan dan maka yang betina. Berikut cara membedakan ikan sepat hias jantan dan betina yang perlu diperhatikan dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Melihat bentuk sirip ikan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membedakan antara ikan sepat jantan dan betina adalah melihat betuk dari sirip ikan sepat hias tersebut, terutama pada bagian sirip punggungnya. Sirip punggung ikan sepat betina akan terlihat membulat dan lebih pendek dibandingkan dengan ikan sepat hias jantan sehingga panjang dari sirip tersebut tidak mencapai dasar pangkal sirip yang berada dibagian ekor. Sedangkan sirip punggung ikan jantan akan terlihat meruncing dan panjang sehingga pangkal sirip punggungnya mencapai dasar sirip ekor yang dilengkapi dengan hiasan warna merah pada leher dan perut. (Baca juga : cara merawat ikan hias dalam toples)

  1. Postur tubuh

Cara membedakan ikan sepat hias jantan dan betina lainya adalah dengan melihat postur dari tubuh ikan tersebut. Postur tubuh ikan jantan dengan bentuk sirip yang disebutkan diatas akan terlihat menyerupai dengan ikan gurami sedangkan postur tubuh ikan betina tidak karena bentuknya lebih membulat dibandingkan dengan ikan jantang yang ramping. Perbedaan postur tersebut memang akan sangat sulit terlihat bagi yang belum memiliki pengalaman. (Baca juga : cara budidaya ikan di empang)

  1. Ukuran ikan

Perbedaan lainnya yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan maka ikan sepat hias yang berjenis kelamin jantan dan mana yang memiliki jenis kelamin betina adalah dari ukurannya. Ukuran ikan jantan lebih besar dan ramping dibandingkan dengan ikan betina yang terlihan lebih kecil namun memiliki tubuh yang membulat. Perbedaan tersebut baru akan terlihat dengan jelas ketika dua jenis kelamin ikan sepat hias yang berbeda dipersatukan. (Baca juga : cara memelihara ikan aquarium agar tidak mati)

  1. Ciri morfologi saat matang gonad

Ikan yang matang gonad merpakan salah satu sarat untuk dapat menjadikannya indukan dalam proses budidaya ikan sepat hias. Selain berguna untuk proses budidaya, bentuk atau ciri morfologi dari ikan saat matang gonad juga dapat menjadi dasar untuk membedakan jenis kelaminya antara jantan atau betina. Ikan betina yang matang gonad akan memiliki bentuk perut yang gendut dan mengarah pada bagian genitalnya sedangkan ikan jantan yang matang gonadnya akan memiliki tanda warna orange di sekitar dagu dari ikan tersebut. (Baca juga : cara membuat vitamin untuk ikan hias)

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membedakan ikan sepat hias jantan dan betina yang perlu diperhatikan dengan baik. Jika dilihat dari penjelasan diatas, cara untuk membedakan antara ikan sepat hias yang jantan dan betina memang terlihat cukup sulit terutama bagi pemula yang belum pernah memiliki pemahaman yang baik terhadap ikan tersebut.  Cara membedakan jenis kelamin yang dimiliki oleh ikan sepat hias ini sangat penting terutama untuk proses budidayanya. (Baca juga : jenis jenis ikan hias air tawar

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 24th, June 2019 / 05:17 Oleh :
Kategori : Ikan