Sponsors Link

Cara Memilih Indukan Ikan Gurame Yang Baik Dan Benar

Ikan gurame merupakan jenis ikan tawar konsumsi yang masih sangat populer dan memiliki banyak perminataan di masyarakat. Tingginya permintaan tersebut menjadikan usaha budidaya ikan gurame terus diminati oleh para pembudidaya ikan konsumsi. Dalam prosesnya melakukan aktivitas budidaya ikan gurame agar dapat menghasilkan ikan dengan kualitas yang baik tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah pemilihan indukan ikan gurame yang akan digunakan untuk proses pembibitan. Berikut beberapa cara memilih indukan ikan gurame dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Indukan yang dipilih harus berpasangan

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam cara memilih indukan ikan gurame adalah jenis kelamin indukan harus berpasangan. Untuk membedakan ikan gurame jantan dan betina dapat dilihat dari ciri ciri berikut ini :

  • Indukan ikan gurame jantan dapat diketahui dari dahi yang menonjol, dagu tebal, ujung sirip ekor membundar, tulang insang berwarna kuning, dasar sirip berwarna putih, dan perut meruncing.
  • Ikan gurame betina memiliki ciri dahi rata, dagu tidak tebal, ujung sirip ekor rata, tutup insang berwarna putih kecoklatan, dasar sirip hitam, dan perut membundar. (Baca juga : cara merawat induk pada ikan gurame)
  1. Pertumbuhan badan yang cepat

Indukan ikan gurame yang baik harus memiliki pertumbuhan badan yang baik dan cepat jika memang ikan tersebut dibesarkan sendiri Bentuk tubuh ikan juga harus ideal dengan kondisi yang tidak terlalu panjang, beratnya ideal, ukuran kepala relatif kecil, kulit licin mengkilap, warna sisik lebih cerah, ikan bergerak aktif, dan tidak ditemukan adanya kondisi luka atau cacat pada tubuh ikan. (Baca juga : cara ikan gurame cepat bertelur)

  1. Posisi badan saat dipegang

Indukan ikan gurame harus dipilih dari jenis ikan yang memang benar benar berkualitas baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menentukan kualitas ikan gurame baik adalah dengan memperhatikan posisi badan ikan ketika dipegang. Ikan jantan ketika dipegang secara normal akan melengkuk seperti akan melingkari tangan, semakin kuat lekukannya berarti semakin bagus untuk proses pemijaran. Ikan betina akan relaitf lebih diam dan tidak melekukkan badannya ketika dipegang. (Baca juga : budidaya ikan gurame untuk pemula)

  1. Perhatikan dagu yang dimiliki oleh ikan jantan

Ikan gurame dikenal memang memiliki dagu yang khas dan dapat menujukan kualitas dari ikan. Ikan gurame jantan yang akan digunakan sebagai indukan harus memiliki dagu yang tebal dan besar. Dagu indukan jantan harus kuat dan lebar tersebut karena akan digunakan sebagai sarang dimana telur tersimpan. (Baca juga : cara supaya ikan gurame cepat besar)

  1. Perhatikan kondisi sisik ikan gurame

Selain memperhatikan dagu ikan gurame jantan, sisik ikan gurame juga perlu diamati dalam cara memilih indukan ikan gurame yang baik. Sisi ikan gurame yang akan dipilih sebagai indukan harus tertata rapi, tidak ada yang terkelupas, dan bebas dari penyakit cacar maupun parasit. (Baca juga : cara ternak gurame kolam beton)

  1. Memiliki umur yang cukup

Hal terakhir yang juga menjadi pertimbangan dalam memilih indukan ikan gurame adalah umur ikan. Calon indukan ikan jantan harus berusia 4 tahun dengan bobot antara 2 sampai 3 kg. Sedangkan indukan betina harus berumur 3 tahun dengan berat antara 2 sampai 2,5 kg.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara memilih indukan gurame yang baik dan benar agar dapat menghasilkan telur yang berkualitas baik.

, , ,
Post Date: Monday 25th, February 2019 / 12:36 Oleh :
Kategori : Ikan