Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Perjalanan

Kucing Stress

Kucing, tentu bukan hal baru lagi yang disampaikan dan hampir semua orang di dunia ini tahu tentang hewan berkumis lucu tersebut. Kucing adalah salah satu mamalia yang sering dijumpai dan banyak dijadikan peliharaan dirumah. Banyak artikel mengenai kucing yang telah disampaikan sebelumnya, diantaranya yakni jenis kucing exotic shorthair yang menjelaskan tentang karakteristik, ciri-ciri, sampai dengan perawatan, makanan dan harganya. Memang cukup banyak jenis kucing menarik, dari segi ras dan harganya pun berbeda. Bahkan ada pula varian kucing termahal di dunia yang harus anda ketahui.

Namun tidak mudah merawat seekor kucing, apalagi dengan ras cantik seperti anggora, persia, spinx, maincoon dan semua jenisnya. Berbeda halnya dengan kucing kampung yang mungkin lebih mudah untuk dirawat. Beberapa yang harus anda simak kembali adalah cara merawat bulu kucing dan penyebab bulu kucing botak.

Nah, belum lagi dimana saat-saat anda menghadapi kucing yang stres. Salah satu yang dimaksud disini adalah cara mengatasi kucing stres karena perjalanan. Perihal mengapa kucing sampai mengalami masalah perjalanan, biasanya ini lantaran anda membelinya dari tempat yang sedikit jauh dari rumah. Sehingga memaksanya harus untuk ikut dalam perjalanan anda. Mau tidak mau, masalah seperti yang dihadapi ini pun akan terjadi, mengingat habitat kucing yang jarang sekali terlibat di perjalanan.

Cara mengatasi kucing stres karena perjalanan menjadi salah satu yang banyak dicari dan dipertanyakan. Hal ini karena banyak yang bingung bagaimana akan cara mengatasinya tersebut. Berikutlah yang bisa anda simak:

1. Mengistirahatkan

Ketika anda telah sampai, dan melihat bahwa kucing stres akibat dari perjalanan maka biarkan dia istirahat. Berilah waktu untuk tenang, tanpa harus ada gangguan apapun. Karena disaat kucing merasa stres butuh ketenangan dan istirahat cukup.

2. Berilah Tempat Nyaman

Jangan lupa juga untuk memberikan tempat yang nyaman, karena kondisi kucing yang stres memerlukan stimulus yang benar-benar mampu menaklukkannya. Terkadang kucing yang stres tidak mau didekati dan susah sekali melakukan aktivitas. Oleh karena itu karena setelah perjalanan harus di istirahatkan maka berikan tempat tidur yang nyaman. Berikut ini cara membuat kucing nyaman di kandang yang bisa Anda terapkan.

3. Seringlah Mengelusnya

Jangan karena kucing stres lalu anda abaikan dan tinggalkan. Memang, disaat-saat yang seperti ini memang kucing memerlukan ketenangan, namun bukan berarti tidak butuh perhatian. Justru kasih sayang dari majikan sangat membantu proses kesembuhannya. Jadi, sesekali eluslah dia dan tunjukkan bentuk dari kasih sayang anda terhadapnya.

4. Bawa ke Dokter

Cara yang efektif untuk mengatasi kucing stres adalah dengan membawanya ke dokter. Ini menjadi langkah mudah untuk anda memberikan perawatan yang tepat. Dokter lebih tau mana yang harus di lakukan dan apa-apa yang boleh di berikan. Selain itu anda juga akan mendapatkan saran-saran terbaik darinya. Mungkin saja dokter juga akan memberikan vaksin untuk mengatasi stress tersebut.

5. Berikan Vitamin

Nah, ada lagi yang harus anda ketahui disini yaitu memberikan vitamin untuknya. Kucing stres benar-benar memerlukan perawatan dan penanganan intensif karena jika di abaikan bisa tidak mau makan dan ujung-ujungnya akan mati. Vitamin tersebut dapat anda beli di petshop dengan mengkonsultasikan kondisi kucing anda yang sebenarnya. Ada beberapa macam jenis vitamin yang bisa diberikan, mulai dari vitamin untuk kucing sakit, vitamin untuk kucing agar nafsu makan, hingga vitamin kucing hamil.

6. Berikan Susu

Letakkan susu didekatnya, meskipun kucing dalam kondisi stres susah untuk makan dan minum tetapi saat anda meninggalkannya sendiri maka susu akan diminumnya juga. Mengapa harus susu? Karena dengan memberikannya berupa air maka kucing akan lebih sering merasa haus, dan susu bisa menjadi pngganjal perutnya lantaran nafsu makannya mulai menurun.

7. Berikan Makanan Kesukaan

Meskipun semua yang berbau amis kucing mau, tetapi hewan ini juga mempunyai makanan favorit. Letakkan makanan kesukaan kucing disampingnya, kebanyakan adalah tuna yang dijual di petshop atau supermarket.

8. Jangan Dibawa Pergi Dahulu

Sementara menunggu kondisi sang kucing pulih, jangan membawanya pergi-pergi dahulu sekalipun hanya di lingkungan sekitar rumah anda. Biarkan dia sembuh dan tenang di tempat yang telah anda siapkan.

Jadi, delapan poin di atas dapat anda terapkan ketika kucing dalam kondisi yang tidak stabil. Contohnya adalah stres perjalanan tersebut, karena kucing bukan hewan yang terbiasa menghadapi perjalanan panjang. Jadi, jika anda mempunyai kucing sebaiknya tidak selalu membawanya pergi dari jauh-jauh rumah yang akan menyebabkannya mengikuti perjalanan panjang seperti sang majikan.

Hal yang harus anda perhatikan, bahwa kucing yang stres bisa berakibat fatal jika di abaikan. Penanganannya harus benar-benar baik, dan langkah yang tepat agar tidak menjadi dan ujungnya mati. Adapun tanda-tanda kucing yang stres adalah sebagai berikut:

  • Banyak diam
  • Tatapan matanya sayu dan khawatir
  • Takut dengan manusia, sekalipun majikan
  • Menjauh bila didekati
  • Tidak mau makan dan minum

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi kucing stres yang dapat diterapkan bagi sang pemilik, agar kesehatannya tetap terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Tuesday 26th, November 2019 / 04:08 Oleh :
Kategori : Kucing