Sponsors Link

Karakteristik Kucing Exotic Shorthair – Cara Perawatan – Makanan – Harganya

Kucing Shorthair

Ada banyak jenis kucing yang bisa anda ketahui di dunia ini, mulai dari yang berbulu tebal sampai dengan yang tak berbulu sekalipun. Mengenai hal ini, kabar menarik datang dari seekor kucing hasil persilangan yakni Exotic Shortair. Ya, Kucing Exotic Shortair adalah jenis kucing imut dan berhidung sangat pesek, banyak digemari. Disebut juga dengan kucing bulu pendek yang merupakan salah satu ras hasil persilangan kucing amerika shortair dan persia.

Kucing Exotic Shorthair juga merupakan salah satu jenis kucing memang dikembangkan menjadi kucing ras Persia dengan versi ukuran bulu yang pendek, sehingga dinamakan shorthair. Tak heran jika kucing ini sekilas mempunyai kemiripan dengan kucing persia. Berikut hal-hal yang bisa anda simak dari kucing ras shortair tersebut mulai dari karakteristik sampai dengan harganya yang cukup mahal. Dan jangan lupa juga untuk mengetahui tentang cara merawat kucing anggora agar bulunya tidak rontok. Sayang kan, kalau kucing cantik itu sampai mengalami kebotakan.

Karakteristik

Kucing Exotic Shortair memiliki badan yang pendek, bahu yang besar, dan otot yang kuat, dengan berat badan dapat mencapai sekitar 3.5-6 kg. Selain itu bulunya juga pendek, akan tetapi lebih panjang sedikit dari kucing berbulu pendek lainnya, halus, lembut, padat, dan berdiri. Kepalanya bulat dan besar, hidung pesek dengan dahi yang lebar, pipi yang berisi, dan rahang yang kuat. Matanya bulat dan besar mencorong, dengan warna mata berwarna kuning, biru, tembaga, dan keemasan. Dan tentu saja ini berbeda dengan ciri-ciri kucing anggora asli.

Telinga ras kucing ini pendek, kecil, dan berjauhan dari telinga yang ada di sebelahnya. Lehernya juga ikut pendek dan tebal. Kakinya pendek, lurus, dan besar, sedangkan, ekornya pendek, tebal, melengkung kebawah dengan ujungnya yang cukup tebal. Tampilannya sangat ekstrim atau alias dengan wajah yang lebih rata serta memiliki pola cincin. Hal ini lantaran hidungnya tidak mancung, dan kucing ini juga cenderung memiliki masalah pernapasan.

Kepribadian

Sedangkan secara kepribadian, kucing eksotis adalah kucing yang berjiwa tenang, anggun, lincah, dan aktif. Kucing eksotis juga merupakan kucing yang selalu ingin tahu, senang bermain, dan pendiam. Selain itu, ras kucing ini juga menjadi jenis kucing yang sosial, tidak suka menyendiri, suka berada dekat dengan pemiliknya, dan merupakan kucing yang mandiri. Karena dekatnya, berikut cara agar kucing tidak naik kasur yang bisa diterapkan.

Cara Merawat

Ada cara perawatan tersendiri yang harus anda ketahui dari Kucing Exotic Shortair tersebut, beberapa poinnya dapat anda simak berikut ini:

1. Konsultasi Bila Bulu Kusut

Kucing ini memang mempunyai perawatan lebih intensif dibanding jenis kucing umum atau lokal pada umumnya. Bahkan ketika bulunya tampak kusut anda harus segera melakukan konsultasi pada dokter. Hal ini karena bulu kusut tersebut akan menyakitkan serta menjadikan kulit kucing tertarik sehingga kucing menjadi terluka. Berikut cara merawat bulu kucing yang dapat Anda terapkan juga.

2. Rutin Menyisir Bulunya

Kucing tidak akan pernah bisa melakukannya sendiri, itulah sebabnya sebagai salah satu tugas anda dari cara perawatannya maka sisirlah bulu kucing ini. Minimal anda harus melakukan dua kali dalam sehari dengan menggunakan sisir logam agar bulunya senantiasa bersih dan terjaga.

3. Memperhatikan Nutrisi dan Vitaminnya

Selain makanan, anda juga wajib memperhatikan segi nutrisi yang terkandung dan vitamin yang sudah memenuhi kebutuhannya. Jangan sampai kurang, karena hal itu akan berpengaruh pada kesehatannya. Berikut vitamin bulu kucing agar halus.

4. Mengajaknya Bermain

Sempatkanlah waktu sebentar untuk mengajak kucing anda bermain, walau hanya sekedar bercanda. Selain kucing bisa menjadi jinak, hal ini juga akan membuatnya takhluk dengan anda. Tidak harus lama, sebentar saja asalkan rutin adalah cara yang terbaik.

5. Bersihkan kandang

Jangan lupa akan hal penting lain yakni membersihkan kandang setiap hari supaya kebersihannya senantiasa terjaga. Selain itu, usahakan untuk membuat kandang bersih dan nyaman untuk di tempati sang kucing hingga merasa betah. Perhatikan tips memilih kandang kucing yang baik ini juga.

6. Mandikan dan Jemur

Mandikan kucing minimal satu kali dalam sehari, dan jangan lupa untuk menjemurnya setiap pagi untuk mendapatkan sumber vitamin D murni dari cahaya matahari. Waktu penjemuran yang terbaik yakni mulai jam tujuh sampai dengan sembilan, terserah anda memilih pada waktu yang mana dan durasinya cukup 20 menit saja.

Jenis Pakan

Kucing Exotic Shortair juga dikenal dengan garfield yang mempunyai jenis pakan dengan tekstur berbeda dari kucing pada umumnya. Tekstur makanannya harus lembut dan mudah ditelan. Hal ini harus dilakukan lantaran umumnya kucing ras ini kerap kali mengalami masalah pada giginya, jadi makanannya harus lunak agar mudah di cerna pula.

Selain itu kandungan pada makanannya yakni seperti kaya akan protein hewani, bebas gandum, karbohidrat rendah, tidak menggunakan pewarna buatan, tidak menggunakan perisai rasa, tidak menggunakan pengawet buatan dan yang pastinya mudah untuk dikunyah. Kandungan air yang lebih banyak pada makanan basah akan mampu membantunya mencegah terjadinya urolitiasis kalsium oksalat pada ginjal atau lebih umum disebut sebagai batu ginjal yang sangat rentan diidap oleh kucing ras ini.

Beberapa rekomendasi jenis pakan yang bisa anda berikan adalah sebagai berikut:

  • Purina ONE Grain Free Formula

Merupakan merk pakan populer untuk si garfield yang aman karena tidak mengandung gandum dan bahan penyusun utamanya adalah ikan laut berdaging putih serta memiliki kandungan air yang tinggi.

  • Tiki Cat Gourmet Whole Food

Jenis makanan ini tidak mengandung karbohidrat dan gandum. Selain itu, makanan ini juga memiliki sertifikat untuk manusia sehingga sangat aman diberikan pada kucing shortair.

  • Stella & Chewy’s Freeze Dried for Cats

Merk ini merupakan jenis pakan kering, namun tidak langsung diberikan pada kucing. Anda harus menambahkan air terlebih dahulu sebelum diberikan pada kucing anda.

Harga

Satu ekor Kucing Exotic Shortair mempunyai kisaran harga Rp. Rp. 2.000.000 sampai dengan Rp. 15.000.000. Memang berbeda jika dibandingkan dengan kucing lokal, ras ini memang jauh lebih mahal. Namun kalau sama anakan anggora sepertinya tidak jauh berbeda, dan berikut cara merawat kucing anggora umur 3 bulan. Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

, , , , , , ,
Post Date: Sunday 27th, October 2019 / 22:42 Oleh :
Kategori : Kucing