Sponsors Link

Fungsi Pembuluh Arteri pada Kucing

Sponsors Link

Pembuluh darah adalah bagian dari sistem sirkulasi yang memiliki fungsi mengangkut darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah merupakan jaringan yang berbentuk seperti tabung berongga atau bisa dibilang seperti selang yang terdapat di hampir semua bagian tubuh kita.

ads

Ada tiga jenis utama dan fungsi pembuluh darah, yaitu arteri, yang membawa darah dari jantung; kapiler, yang memungkinkan pertukaran air dan bahan kimia antara darah dan jaringan; dan pembuluh darah vena, yang membawa darah dari jaringan kembali ke jantung. aliran darah dari kiri ke kanan. (Baca juga penyakit pada kuku kucing)

Pembuluh darah tidak seperti selang biasa yang ukurannya tetap, akan tetapi pembuluh darah arteri dan vena dapat mengatur diameternya untuk mengembang (Vasodilatasi) dan menyempit (vasokonstriksi) akibat adanya lapisan otot polos di dalamnya. Fungsi pembuluh darah ini diatur oleh sistem saraf otonom (saraf tak sadar) dengan otomatis yang juga dapat dipengaruhi oleh rangsangan atau sinyal tertentu.

Struktur dan Fungsi Pembuluh Darah

Lebih lanjut mengenai struktur dan fungsi pembuluh darah, berikut penjelasannya

Pembuluh Darah Arteri

Karakteristik struktur: Arteri terdiri dari tiga lapisan, lapisan terluar merupakan jaringan keras, lapisan tengah adalah otot yang membuatnya elastis dan kuat dan lapisan dalam berupa sel epitel (endotel) yang halus, sehingga darah mengalir dengan mudah tanpa hambatan. (Baca juga penyakit pada telinga kucing)

Fungsi Pembuuluh darah Arteri: Membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Darah dipompa keluar dari jantung melalui Aorta. Aorta ini kemudian bercabang menjadi struktur yang lebih kecil (arteri) yang menyebar ke seluruh tubuh.

Ketika jantung memompa darah, dinding otot arteri akan mngembang sehingga terisi darah. Ketika jantung rileks (relakasi), arteri akan mengencang (kontraksi) dengan kekuatan yang cukup kuat untuk mendorong darah ke seluruh tubuh. Hal ini akan menciptakan sistem sirkulasi yang efisien. (Baca juga gangguan peredaran darah pada hewan kucing)

Arteri, kapiler, dan vena bertugas untuk mengontrol jumlah sirkulasi darah dalam tubuh tiap waktunya. Juga mengontrol plasma darah yang termasuk di dalamnya gula, hormon, garam, keasaman, dan konsentrasinya. Tekanan darah (blood pressure) adalah komponen lain dari sistem kardiovaskular yang sehat yang membutuhkan pemantauan terus-menerus oleh tubuh.  

Jantung kucing terletak di dalam rongga dada antara paru kanan dan kiri, memiliki pembungkus yang sangat tipis yang disebut pericard atau perikardium. Letak jantung kucing sepanjang tulang rusuk ketiga hingga keempat. Pembuluh darah keluar dari jantung dan membentuk sistem saluran ke seluruh tubuh yang membawa darah ke seluruh organ, jaringan, dan sel. (Baca juga penyakit kucing pada musim hujan)

Sponsors Link

Struktur Umum Sistem Kardiovaskular Kucing

Jantung merupakan organ pusat yang berkontraksi secara ritmis untuk memompa darah terus-menerus melalui pembuluh darah. Kontraksi yang berirama tersebut dinamkan detak jantung.

Jantung memiliki empat ruang yakni dua atrium dan dua ventrikel. Berikut ini adalah bagian dari jantung:

  • Atrium Kanan

Sebagai ruang terkumpulnya darah yang berasal dari bagian tubuh yang jauh (dari jantung). Darah dibawa kembali ke bilik kanan atas di beragam pembuluh darah. Level oksigen dalam darah pada ruang ini sangat rendah. Saat atrium kanan berkontraksi, darah mengalir melalui katup trikuspidalis ke dalam ventrikel kanan.

ads
  • Ventrikel Kanan

Merupakan bilik atau ruang jantung yang letaknya di sebelah kanan bawah. Saat ventrikel kanan berkontraksi, darah yang diterima dari atrium kanan dipompa keluar jantung menuju arteri pulmoner. Katup pulmoner terletah pada bukaan arteri pulmonaris dan mencegah darah kembali ke dalam ventrikel kanan setelah berkontraksi.

Arteri pulmonaris membawa darah ke paru, di mana darah mengambil oksigen dan ‘membuang’ karbondioksida. Karbondioksida meninggalkan tubuh selama ekspirasi (menghembuskan napas) dan oksigen diambil saat inspirasi (menarik napas).

  • Atrium Kiri

Darah yang kaya oksigen yang berasal dari paru kembali ke jantung masuk ke ruang jantung sebelah kiri atas yang disebut atrium kiri. Atrium kiri merupakan ruang terkumpulnya darah kaya oksigen yang kemudian dipompa ke ventrikel kiri. Katup yang memisahkan atrium kiri dan ventrikel kiri adalah katup mitral.

  • Ventrikel kiri

Adalah ruang pompa utama jantung. Ruang yang berada di sebelah kiri bawah dari jantung ini bertanggung jawab dalam memompa darah yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh. Darah yang berasal dari ventrikel kiri masuk ke aorta melalui katup aortis. Aorta dan arteri lainnya mengedarkan darah kaya oksigen ini ke seluruh tubuh.

  • Septum

Adalah dinding muskular yang memisahkan sisi kiri dan kanan jantung.

  • Otot jantung

Otot yang bekerja secara terus-menerus (berkontraksi dan relaksasi) sehingga memerlukan suplai oksigen dan nutrisi yang juga konstan. Arteri koronaris adalah jaringan pembuluh darah yang membawa darah yang oksigen dan nutrisi untuk jantung itu sendiri.

Arteri merupakan pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen dari jantung ke berbagai bagian tubuh. Dinding arteri terdiri dari tunica adventitia, tunica media, dan tunica intima. Pembuluh darah kecil yang merupakan cabang dari arteri disebut arteriol.

Vena merupakan pembuluh darah yang tipis yang membawa darah dari berbagai bagian tubuh atau organ kembali ke jantung. Seperti halnya arteri, vena juga memiliki tiga lapis yang tidak setebal lapisan arteri. Vena juga terdiri dari katup, yang memungkinkan aliran darah hanya pada satu arah menuju jantung. Katup-katup tersebut menghentikan darah mengalir kembali ke organ. Pembuluh darah kecil yang mengarah dari kapiler ke vena yang lebih besar disebut venula.

Kapiler merupakan pembuluh darah terkecil yang bahkan hanya beberapa sel darah merah yang bisa lewat melalui tengah kapiler dalam waktu yang bersamaan. Kapiler biasanya berada di antara arteriol dan venula. Dinding kapiler bertindak sebagai membran yang memungkinkan berbagai substansi untuk melakukan pertukaran di antara darah ke dalam jaringan. Substansi ini termasuk oksigen, karbondioksida, air, elektrolit (misalnya sodium, potasium, dll), nutrien, dan mineral. Kapiler adalah tempat utama pertukaran materi antara darah dan jaringan.

Sponsors Link

Sebagai bagian dari sistem sirkulasi darah, fungsi pembuluh darah adalah membantu dalam pertukaran gas. Oksigen (terikat hemoglobin dalam sel darah merah) adalah nutrisi yang paling penting yang dibawa oleh darah. Dalam semua arteri, selain dari arteri pulmonalis, hemoglobin sangat jenuh (95-100%) dengan oksigen. Dalam semua pembuluh darah vena, selain vena pulmonalis, hemoglobin kehilangan oksigen sekitar 75%, untuk berikatan dengan karbon dioksida.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 09th, January 2019 / 07:30 Oleh :
Kategori : Kucing