Sponsors Link

10 Jenis Lobster Air Tawar yang Perlu Dikenali

Lobster adalah salah satu jenis hewan air yang banyak dikonsumsi, karena selain gurih dengan tekstur daging yang lembut ternyata didalamnya terkandung beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Adapun beberapa manfaat lobster bagi tubuh adalah sebagai berikut:

  • Multivitamin

Salah satu manfaatnya adalah guna mencukupi kebutuhan vitamin pada tubuh. Oleh karena itulah, mengapa Lobster dalam daftar menu masakan tergolong mahal sebab selain ternak sulit juga memiliki kandungan multivitamin yang tinggi.

  • Sumber Protein Tinggi

Selain untuk multivitamin tubuh, kandungan didalam lobster juga protein yang cukup tinggi. Dagingnya mengandung protein yang bisa dikatakan melebihi daging ayam atau sapi. Protein inilah yang berperan cukup prnting untuk pembentukan tulang, gigi, otot serta kulit.

  • Pembentukan Sel

Masih banyak manfaat lobster bagi tubuh sebelum sampai pada tahap pembahasan jenis Lobster air tawar. Diantaranya yakni sebagai sebagai salah satu dalam pembentukan sel. Harus diketahui bahwa neurogenenis masih terus berkembang pada manusia. Jadi, mengkonsumsi asam lemak omega-3 akan menjadi salah satu solusi alami dalam meningkatkan fungsi pembentukan sel. Hal itu bisa anda temukan pada lobster ini.

Sedang bicara mengenai lobster sendiri, banyak sekali yang menyukainya. Lobster bisa di olah menjadi berbagai hidangan lezat, dan bahkan harganya pun relatif mahal tergantung dari jenis dan bobotnya. Makanan seperti ini banyak ditemukan pada rumah makan seafood hingga restoran. Sedangkan untuk macamnya, lobster mempunyai beberapa jenis yang bisa anda ketahui. Berikut beberapa macam jenisnya yang dapat Anda ketahui lebih lanjut:

Jenis Lobster Air Tawar

1. Rainbow Papua Lobster

Untuk jenis Lobster yang pertama yakni Rainbow Papua Lobster, merupakan lobster air tawar atau crayfish yang juga berasal dari Indonesia. Lobster ini dinyatakan sebagai lobster dengan spesies baru serta merupakan salah satu lobster tercantik di dunia dan banyak yang menyukai. (Baca Juga: Cara Mengawinkan Lobster Air Tawar)

2. Dark Rainbow Lobster

Jenis kedua dari lobster pada laman ini adalah Dark Rainbow Lobster, namanya sedikit mirip tetapi berbeda. Untuk jenis ini dikenal juga dengan nama red brick kreb, red chili hummer. Lobster Dark Rainbow ini dapat hidup dalam suhu air dengan suhu berkisar 15-26˚C dan pH air antara 6,5 – 7,5.

3. Dark Blue Yabby Lobster

Lalu bagaimana dengan jenis yang satu ini? Ya, Dark Blue Yabby Lobster adalah jenis yang mana mempunyai ciri khas warna biru gelap. Tetapi ketika panjang dari lobster ini sudah mencapai 5 inchi, maka warnanya akan berubah menjadi lebih biru. (Baca Juga: Budidaya Lobster Mutiara)

4. White Lobster

Sesuai namanya jika jenis lobster ini lebih mempunyai warna putih cerah sebagai ciri khasnya. Bahkan perlu anda ketahui pula jika lobster ini memiliki nama lain yaitu Procambarus Clarkii. Jika dilihat dari warnanya, lobster ini cocok sekali dipelihara oleh seorang wanita.

5. Zebra Lobster

Zebra lobster juga menjadi salah satu jenis yang tak kalah menarik untuk dipelihara. Keunikan yang dimiliki pada corak tubuhnya menjadi daya tarik tersendiri. Adapun nama lain dari lobster ini adalah Cherax Sp, dimana lobster ini masih saudara dari Cherax Boesemani yang berada di daerah Papua. (Baca Juga: Cara Budidaya Lobster)

6. Astacopsis Gouldi

Sedang untuk jenis selanjutnya adalah Astacopsis Gouldi yang merupakan salah satu lobster hias yang sering dikenal dengan sebutan Tazmania Giant Freshwater Lobster. Dimana lobster ini memiliki warna tubuh coklat kehitaman, khususnya yaitu pada bagian badan, capit, dan juga pada bagian kepalanya. Selain itu lobster ini juga memiliki ukuran yang lebih besar apabila dibandingkan dengan jenis lobster yang hidup di air tawar pada umumnya.

7. Red Lobster Atau Procambarus Clarkii

Untuk jenis Lobster berikutnya yakni Red Lobster Atau Procambarus Clarkii yang berasal dari keluarga Cambaridae. Adapun ciri khas dari lobster ini yaitu seluruh tubuhnya yang mempunyai warna merah bata untuk yang jantan. Sedangkan untuk yang betina lebih memiliki warna orange kemerahan. (Baca Juga: Budidaya Lobster Air Tawar)

8. Red Claw Atau Cherax Quardricaritanius

Jenis lobster selanjutnya, sebut saja Red Claw, dimana lobster ini masih termasuk ke dalam jenis yang berasal dari keluarga Parastacidae. Nama Red Claw berasal dari warna merahnya yang terletak pada kedua ujung capitnya. Jenis lobster ini sangat cocok di budidayakan dalam suhu berkisar antara 20-240 C.

9. Marron Atau Cherax Tenumanus

Marron lobster, merupakan jenis berikutnya yang membawa ciri khas warna tubuhnya yang biru keunguan. Disinilah yang menjadi daya tarik orang untuk membudidayakan lobster jenis Marron atau nama lainnya Cherax Tetumanus. (Baca Juga: Cara Budidaya Lobster Air Laut)

10. Yabby Atau Cherax Destructor

Jenis lobster yang terakhir sebut saja Yabby yang masih satu keluarga dengan Parastacidae. Sedang untuk ciri khas utama dari lobster ini yaitu memiliki capit dengan ukuran yang besar. Bahkan capit tersebut mempunyai ukuran yang hampir sama dengan ukuran tubuhnya. Warnanya memang cantik, sayangnya jenis ini seringkali disebut sebagai lobster penghancur.

Itulah jenis lobster air tawar yang bisa Anda ketahui untuk referensi mungkin kalau mau ternak dan menjualnya ke pasaran, sebab Lobster memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Friday 02nd, August 2019 / 00:13 Oleh :
Kategori : Udang