Sponsors Link

7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Rumah

Bicara mengenai seafood, tentunya anda berfikir bahwa akan banyak kelezatan yang diperoleh dari sebuah menu tersebut. Tentunya akan banyak juga hewan air yang bisa dikonsumsi selain ikan, seperti udang misalnya. Untuk jenis yang akan disampaikan pada topik kali ini adalah jenis air tawar. Udang air tawar adalah jenis yang hidup pada perairan tawar, bukan air asin. Jadi, sepertinya akan mudah untuk dibudidayakan dirumah. Apalagi bisnis udang tentu membawa keuntungan besar.

Bagaimana tidak, jika hampir kebanyakan restoran cepat saji menyediakan menu seafood mulai dari ikan sampai dengan udang dan segala jenis teman-temannya yang lain. Sehingga tak hayal apabila udang selalu ditafsir dengan harga yang tidak murah, mungkin sekitar 70rb per kilonya dan itupun tergantung jenisnya dan berat badannya. Bagimana, apakah anda tertarik untuk melakukan budidaya Udang Air Tawar di rumah?

Bicara mengenai budidaya udang air tawar, tentu anda berfikir cukup rumit untuk menyiapkan semua yang dibutuhkan. Jadi, didalam sebuah bisnis ternak atau budidaya pastilah harus ada resiko serta ketlatenan yang harus dilakukan. Semuanya memang memerlukan perjuangan keras, namun hasil akan menyesuaikan. (Baca Juga: Manfaat Udang Untuk Ikan Hias)

Sama seperti berbudidaya udang air tawar ini, jika anda bisa melakukan dengan tahapan-tahapan yang benar dan tlaten maka hasilnya juga tentu memuaskan. Untuk lebih jelasnya, anda dapat menyimak beberapa poin atau tahapan di dalam melakukan berbudidaya berikut ini:

Budidaya Udang Air Tawar di Rumah

1. Persiapan Media

Langkah yang pertama dalam budidaya ini, tentu saja harus mempersiapkan media yang diperlukan dirumah, mungkin seperti akuarium atau kolam. Anda bisa membeli sebuah akuarium di toko, atau mungkin akan membangun kolam ukuran yang tidak terlalu besar atau menyesuaikan kapasitas yang akan anda budidayakan. (Baca Juga: Cara Buat Pakan Udang Organik)

2. Pemilihan Bibit

Setelah persiapan media klolam atau aquarium selesai maka tahapan selanjutnya adalah harus memiliki bibit. Dalam hal ini pastikan pula bahwa bibit yang akan anda gunakan merupakan bibit yang berkualitas dan juga memiliki produktifitas tinggi. Untuk mengetahui beberapa jenis udang yang berkualitas, anda bisa menggunakan beberapa panduan berikut sebagai patokan:

  • Tidak pucat atau berbeda dengan yang lain
  • Lincah, nafsu makan normal
  • Bobot besar, tidak kurus
  • Warna kulit cerah mengkilap

3. Persiapan Pakan dan Vitamin

Selanjutnya dalam Budidaya Udang Air Tawar di Rumah adalah dengan mempersiapkan pasokan pangan yang akan anda berikan nantinya. Dalam hal ini bukan berarti anda hanya butuh memberikan pakan saja, melainkan juga harus menyediakan vitaminnya. (Baca Juga: Cara Menumbuhkan Plankton Pada Tambak Udang)

Berikut yang harus anda persiapkan:

  • Biji jagung
  • Tepung terigu
  • Ketan padi
  • White germ meal
  • Rice brean

4. Tahapan Budidaya

Jika ketiga tahap telah dipersiapkan, selanjutnya anda langsung melakukan budidaya dengan langkah sebagai berikut:

  • Membersihkan kolam atau aquarium
  • Mengisi dengan air tawar dan bersih, lalu cek pH air dengan ideal yakni pada angka 6 – 7
  • Kemudian cek suhu air yang idealnya adalah 25-26 derajat celcius
  • Gunakan pompa yang sering digunakan dalam berbudidaya ikan, guna menyediakan oksigen dalam kolam atau akuarium
  • Masukkan potongan paralon untuk tempat bersembunyi
  • Tebar udang air tawar

5. Perawatan dan Pemeliharaan

Kunci sukses dari budidaya udang ini dinilai dari perawatan serta pemeliharannya. Maka lakukan yang terbaik, berikan pakan minimal dua kali dalam sehari pada pagi dan sore hari. Adapun komposisinya yakni 40% di pagi hari dan 60% di sore hari.  Selain itu penting juga untuk menjaga kualitas air, karena akuarium atau kolam terbilang menjadi sebuah bidang sempit sehingga tentu saja ada tumpukan debu disana yang akan membawa dampak buruk bagi udang anda.

Tahap selanjutnya pada perawatan serta pemeliharaan ini adalah menjalankan proses pemijahan. Ini terjadi secara alamiah yang akan dilakukan dengan sendirinya oleh udang. Bahkan relatif bahwa proses ini tidak memerlukan bantuan manusia, untuk itu disebutkan di atas agar anda menyediakan potongan paralon. Nantinya yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan pasangan udang untuk dipijahkan. (Baca Juga: Cara Mengatasi Penyakit Pada Udang Windu)

6. Persiapan Panen

Tibalah dimana waktu yangs udah di tunggu tiba, yakni persiapan masa panen. Umumnya, persiapan panen dilakukan minimal 1 minggu sebelum panen benar-benar tiba saatnya. Anda harus bisa memanfaatkan waktu ini untuk mencari pengepul atau pangsa pasar.

7. Pemanenan

Usai melalui beberapa tahap dalam Budidaya Udang Air Tawar di Rumah, dan persiapan menuju panen maka anda tentu sudah menemukan pengepul atau jaringannya. Sehingga pada masa panen anda hanya perlu mengambil hasil ternakan udang anda, dan memilih jenis yang bobotnya sudah matang dan besar. Tinggalkan usia yang masih muda untuk selanjutnya diternakan lagi. (Baca Juga: Cara Budidaya Udang Vaname Tanpa Kincir)

Itulah ketujuh tahapan di dalam berbudidaya udang air tawar yang bisa anda lakukan dirumah dengan mudah. Lakukan seluruh point dengan ketlatenan dan kesabaran, dikarenakan sebagai peternak memang tidak bisa instant kesuksesannya, semua butuh proses. Selamat mencoba.

, , , , ,
Post Date: Saturday 03rd, August 2019 / 09:22 Oleh :
Kategori : Udang