11 Makanan Tambahan Burung Zebra Finch

Untuk burung zebra finch ini merupakan salah satu peliharaan yang paling menarik, pasalnya bukan cuman memiliki suara merdu saja melainkan juga memiliki penampilan menarik. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pajangan dan hiburan yang menyenangkan di rumah. Terlebih untuk melakukan ternaknya sendiri bisa dikatakan cukup mudah.

Asalkan anda dapat merawatnya dengan baik, maka burung zebra finch ini sudah bisa tumbuh sehat. Namun dalam cara ternak burung kali ini, sebagai pemelihara juga harus memiliki kemampuan dalam perbedaan burung zebra finch jantan dan betina. Dengan demikian, anda tidak salah beli burung sejenis yang tidak bisa menambah jumlah peliharaannya.

Dan bagi anda yang mungkin sudah atau sekedar rencana dalam memelihara, pakan menjadi hal yang tak boleh terlewatkan. Sebenarnya sama saja sih seperti pakan kenari, yakni gould amadine, java finch, dan lainnya. Akan tetapi untuk membuatnya lebih sehat dan disukai, harus ada beberapa macam tambahan yang diberikan. Makanan tambahan burung zebra finch yang bisa diberikan diantaranya yakni.

Makanan Tambahan Burung Zebra Finch

1. Kenari Seed

Untuk jenis makanan tambahan pertama yang bisa diberikan yakni kenari seed atau memiliki nama lain Canary Seed. Ini merupakan biji yang bisa ditanam untuk mendapatkan hasil lebih banyak, persis seperti padi.

Hanya saja untuk hasil dari biji setelah proses penanaman yang cukup panjang ini cukup banyak, dan anda bisa mendapatkan makanan ini lewat toko online atau toko pakan burung terdekat yang ada di wilayah anda. Ketahui juga soal manfaat air kelapa untuk burung kenari.

2. Millet

Makanan selanjutnya yang bisa digunakan sebagai tambahan untuk burung zebra finch yakni Millet, ini merupakan salah satu tanaman biji-bijian paling menyehatkan. Sebab, buahnya yang kecil-kecil ini memiliki kandungan 378,1 kalori, 11 g protein, 8 mg kalsium, 3 mg zat besi, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Jewawut

Biji berikutnya yang bisa digunakan sebagai tambahan makanan yakni Jewawut. Makanan ini juga biasa disebut dengan sekoi yang merupakan sejenis serealia berbiji kecil. Dulunya, biji ini juga pernah menjadi makanan pokok di Asia Timur dan Tenggara sebelum berbudidaya padi. Itu dikarenakan memang kandungan Nutrisi di Jewawut yang banyak.

4. Biji Selada

Cukup berbeda dengan sebelumnya dimana memang produksi utama dari tumbuhannya yakni menghasilkan biji. Namun kali ini cukup sulit, lantaran produksi biji selada tidak banyak dalam 1 tanaman, sebab akan muncul dalam bentuk bunga yang biasanya dimanfaatkan untuk tumbuhan baru.

Dikarenakan memang selada menjadi salah satu sayuran paling dikonsumsi oleh manusia, sehingga daunnya sendiri juga banyak yang membutuhkan. Namun, jika memang anda benar-benar ingin berikan biji selada ke burung zebra finch, bisa membelinya di toko yang menyediakan. Akan tetapi, pastikan untuk bersihkan terlebih dahulu sebelum memberikannya.

5. Biji Lobak

Hampir sama dengan biji selada, dimana kebanyakan biji untuk lobak ini ditanam dan hasilnya dikonsumsi oleh manusia. Akan tetapi tidak ada salahnya jika anda menyisihkan sebagian untuk burung kesayanangan agar terjaga untuk kesehatannya. Dan untuk lebih sehat lagi, berikut ini beberapa vitamin untuk burung di musim hujan untuk menjaga ketahanan tubuhnya.

6. Linseed

Dari bentuknya, biji ini memiliki kemiripan dengan kuaci akan tetapi bukan. Untuk rasanya sendiri juga berbeda dan sepertinya cukup jarang untuk ditemukan di Indonesia. Oleh karenanya, lebih rekomendasi jika anda memiliki tanaman ini sendiri untuk produksi bijinya. Sebab, tampilannya sendiri juga cantik untuk tanamannya, cocok sebagai penghias rumah atau kebun.

7. Fumayin

Makanan burung satu ini cukup banyak ditemukan di pasaran, namun cukup kontroversial. Hal itu dikarenakan biji tersebut dianggap memiliki kandungan narkotika yang bisa memabukkan seseorang. Namun kalau diberikan terhadap burung zebra finch atau jenis lainnya, bisa menaikkan birahi mereka. Selain Fumayin, berikut jenis makanan peningkat birahi lovebird yang bisa dicoba juga.

8. Haver

Untuk biji selanjutnya biasa disebut juga dengan oat, dimana ini merupakan serealia yang cukup penting pada daerah berikilim subtropis dan sedang. Tidak hanya bisa digunakan sebagai pakan burung yang menyehatkan saja, melainkan oat juga sering dimanfaatkan sebagai olahan makanan yang lezat oleh manusia.

9. Niger

Selanjutnya adalah biji niger, makanan burung ini memiliki khasiat yang cukup banyak, mulai dari penambah stamina, membuatnya lebih aktif bersuara, mempercepat pertumbuhan bulu, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan demikian, anda dapat mencampurkan biji ini ke dalam makanan utama burung zebra finch agar makin menyehatkan.

10. Padi

Di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi, karena memang ini menjadi makanan utama masyarakat lokal. Dengan demikian ketika anda membutuhkan padi untuk makanan burung zebra finch, sangatlah mudah untuk mendapatkannya, terlebih saat musim panen. Ketahui juga soal cara ternak burung emprit sawah paling mudah berikut.

11. Jagung Muda

Sama seperti padi, untuk biji ini juga mudah untuk didapatkan di Indonesia dan mungkin anda bisa menanamnya sendiri di halaman rumah bila memungkinkan. Sebab, untuk mendapatkan jagung yang benar-benar masih muda harus datang langsung ke penanamannya. Jarang penjual yang menggunakan jagung muda, karena rasanya yang masih hambar.

Itulah sederet makanan tambahan burung zebra finch yang bisa anda berikan sebagai pendukung makanan utamanya. Lebih disarankan untuk di random, agar burung tidak mudah bosan dengan makanannya. Dan sebagai penambahan, berikut ciri-ciri burung pipit yang perlu anda ketahui juga.