6 Cara Zebra Melindungi Diri Dari Musuh

Setiap hewan tentunya memiliki cara untuk melindungi dirinya masing-masing, terlebih bagi mereka yang hidup di alam liar. Dimana mereka pada dasarnya terus diancam oleh makhluk hidup lainnya, entah itu dari kalangan sejenis untuk memperebutkan daerah kekuasan, atau mungkin karena dari segi rantai makanan yang sudah ditentukan.

Tidak terkecuali seperti hewan zebra ini, dimana memiliki beberapa cara untuk melindungi diri dari serangan gerombolan hewan zebra lainnya atau mungkin dari terkaman singa, buaya, atau mungkin hewan buas lainnya ketika berkeliaran. Ketahui juga hewan yang berasa dari afrika lainnya pada jenis gajah di Dunia, kucing termahal di dunia, dan jenis jenis penguin di dunia.

Mengingat benua Afrika sendiri sangatlah luas untuk alam liarnya, maka kawanan zebra ini bisa tersebar di berbagai tempat dan jelas saja kehadirannya bakalan selalu terancam. Walaupun demikian, untuk menjaga kepunahan tetap ada beberapa penangkaran yang dibuat untuk hewan ini. Lantas, apa saja cara zebra melindungi diri dari musuh?

Cara Zebra Melindungi Diri Dari Musuh

1. Mengandalkan Warna Belangnya

Jelas saja untuk teknik perlindungan diri paling utama dan paling mencolok dari hewan zebra adalah mengandalkan warna belang putih dan hitam. Hal itu dikarenakan untuk warna hitam putih pada bagian tubuh zebra bisa membuat musuh bingung, sehingga memungkinkan pemangsa berpaling dan memilih mangsa yang lain.

Bukan cuman hewan pemangsa saja, melainkan untuk lalat kuda sekalipun disebutkan juga dibuat bingung lantaran warna belang yang dimiliki oleh kuda zebra kali ini. Informasi tersebut berasal dari sebuah teori yang disebutkan beberapa tahun lalu.

Sedikit pembahasan soal lalat kuda, biasanya hewan ini suka sekali untuk menghisap darah sederet hewan mamalia, tidak terkecuali Zebra atau mungkin sederet jenis kuda lainnya. Baca juga soal manfaat hewan kuda untuk manusia dan cara mengatasi kuda sakit perut.

2. Berkelompok

Fakta menarik dari zebra yakni terkait kehidupannya yang berkelompok. Dikatakan kalau zebra merupakan salah satu hewan sosial yang hidup dalam kelompok kecil. Ada 2 macam kelompok zebra yang dapat anda temukan di alam liar.

Untuk kelompok pertama ini terdiri dari pejantan dan beberapa ekor betina, kemudian disertai anak-anak dari hasil perkawinannya. Dimana untuk pejantan memiliki tugas sebagai pemimpin kelompok, dan jika pejantan ini meninggalkan kelompoknya, maka betina dalam kelompok ini akan tetap bersama sampai ada pejantan baru untuk melindungi kelompok tersebut.

Sedangkan untuk kelompok yang kedua ini biasanya terdiri dari para pejantan muda yang masih belum melakukan perkawinan dengan betina. Dimana untuk kelompok-kelompok ini juga tidak berlangsung lama, karena masing-masing dari mereka akan membentuk kelompok pertama sendiri demi keberlangsungan populasinya.

3. Memilih Tinggal di Lahan Terbuka

Ini merupakan langkah strategis bagi zebra untuk mempertahankan diri dari serangan mangsa, lantaran dengan lahan yang terbuka dan terbentang luas, maka dirinya bisa mengetahui ketika ada hewan lain yang mencoba menyerang dirinya dari kejauhan, contohnya saja seperti hyena, singa, dan cheetah yang sering kali memburunya.

Biasanya, zebra akan memilih untuk tinggal di padang rumput, karena selain lahan yang luas, ada rumput yang bisa dimakan untuk mendukung keberlangsungan hidupnya. Dan ketika sudah mulai tidak tumbuh lagi, maka akan secara berkelompok melakukan migrasi ke tempat lain.

4. Berkelompok dengan Hewan Jenis Lain

Ternyata bukan berkelompok dari jenisnya sendiri, melainkan kuda zebra juga memungkinkan untuk berkelompok bersama sekelompok hewan wildebeest, sejenis lembu afrika. Untuk Wildebeest ini sendiri memiliki kemampuan untuk menyerang lebih dahsyat, sebab memiliki tanduk dan badan yang lebih kekar.

Akan tetapi untuk lembu afrika ini jarang dalam menyakiti kawanan zebra, melainkan malah bersedia membantunya dan saling bekerjasama. Dimana kedua jenis hewan ini akan saling memperingatkan satu sama lain ketika merasakan akan ada bahaya yang datang.

5. Zebra Memiliki Kemampuan Bertarung

Terlihat kalem, namun pada dasarnya zebra juga memiliki kemampuan untuk bertarung terhadap hewan karnivora yang sebagai musuh besarnya. Dan kemampuan bertarungnya juga cukup membuat pemangsa kewalahan. Beberapa jenis serangan yang bisa dilakukan oleh zebra jantan seperti menendang ataupun menggigit.

Disamping itu, untuk kuda zebra betina yang sudah memiliki anak akan berusaha merapat satu sama lain untuk melindungi anak-anak mereka. Dan biasanya strategi pertarungan mempertahankan diri seperti ini dilakukan untuk melawan Hyena, Cheetah, ataupun Buaya.

6. Lari Menyebar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dimana kawanan zebra akan berkelompok dalam kehidupannya di alam liar. Dan ketika mereka merasa terancam, selain menyerang mereka juga akan lari menyebar untuk membuat musuhnya lelah mengejar mereka kesana kemari, sebab satu sama lain akan saling alihkan perhatian.

Dan untuk strategi mempertahankan ini digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan Singa, yang pada dasarnya memiliki tubuh lebih besar, cepat, dan pastinya kuat. Karena memang hewan ini menjadi sang raja dari daftar hewan yang ada di Film The Lion King.

Itulah sederet cara zebra melindungi diri dari musuh yang dapat anda ketahui. Jadi, bukan berarti kalem tidak bisa melawan dan cuman mengandalkan warna belangnya saja untuk hewan satu ini. Jangan lupa ketahui juga cara membedakan ikan zebra jantan dan betina.