6 Makanan Trenggiling yang Aman Untuk Diberikan

Sebagian besar dari anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan hewan satu ini. Walaupun langka dan tidak banyak dijumpai di berbagai tempat, akan tetapi hewan ini sering kali muncul dalam program televisi dalam tampilan secara nyata atau mungkin sekedar bentuk animasi visual saja. Bagi yang penasaran, bisa temukan hewan ini di kebun binatang yang menyediakan.

Untuk hewan mamalia dari ordo Pholidota ini terkenal dengan teknik menggelindingnya untuk melindungi diri, lebih jelasnya dapat diketahui dalam cara trenggiling melindungi diri beserta fakta-fakta uniknya tersebut. Karena memang bagian punggung tubuhnya lebih keras, sehingga cukup aman mempertahnkan diri saat melingkar.

Selain berada di penangkaran, tidak jarang orang individu memelihara hewan berbentuk unik satu ini. Mungkin anda menjadi salah satunya, namun masih merasakan kebingungan untuk makanan trenggiling seperti apakah yang bisa diberikan. Kalau penasaran dan ingin tahu, bisa langsung simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Makanan Trenggiling

1. Semut

Semut menjadi makanan utama dalam pemeliharaan trenggiling, karena memang untuk jenis serangga satu ini memang menjadi favorit hewan yang bisa dikatakan lumayan punah tersebut. Terlebih lagi, untuk hewan ini juga sangatlah mudah untuk didapatkan, dimana anda cukup menaruh makanan manis saja, maka langsung berdatangan sendiri.

Namun karena tingginya nafsu makan trenggiling membuat anda harus ekstra dalam mendapatkan semut. Meski demikian tidak perlu khawatir, lantaran ada beberapa peternak yang bisa anda andalkan untuk suplai makanan hewan trenggiling anda.

Atau mungkin ada inisiatif dalam melakukan ternak ktoro sendiri, sehingga bisa memenuhi makanan trenggiling dengan baik dan pastinya lebih hemat. Namun anda harus memperhatikan cara ternak kroto dengan media kardus ini terlebih dahulu, pertimbangkan kendala dalam beternak kroto hingga mengetahui cara mempercepat kroto bertelur.

2. Serangga Lain

Bukan cuman semut saja, dikarenakan trenggiling merupakan hewan insektivora, maka bisa juga memakan beberapa jenis serangga lain. Beberapa dianatara jenis serangga lain yang bisa diberikan yakni seperti lalat, rayap, atau mungkin yang lain.

Selama anda masih bisa mendapatkan serangga untuk hewan trenggiling peliharan itu, bisa coba untuk diberikan saja. Kalau memang dimakan, maka dirasa makanan tersebut cukup cocok sebagai pemenuhan kebutuhan yang diperlukan.

Namun tetap saja, untuk paling rekomendasi dan mudah didapatkan yakni seperti pada point pertama. Perlu untuk dikenali jenis jenis semut berikut agar lebih paham serta dapat sembari mempelajari lebih dalam terkait spesies semut di dunia.

3. Makanan Burung

Beberapa pemelihara ada yang mencoba memberikan trenggiling peliharaannya makanan burung, dan ternyata memang dimakan juga. Dengan demikian, bisa dikatakan kalau sebenarnya makanan burung juga tidak terlalu buruk untuk dikonsumsi oleh hewan tersebut. Hanya saja untuk takaran dan pemenuhan kebutuhan nutrisinya yang kurang. Simak juga jenis makanan tambahan burung zebra finch.

4. Nasi dan Sayuran

Ini jelas saja cukup melenceng dari jenis hewan trenggiling yang masuk dalam insektivora, karena memang tidak ada unsur serangganya sama sekali. Namun hewan ini juga sama seperti yang lain, yakni perlu melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitaran untuk mempertahankan hidupnya.

Bilamana memang trenggiling sedari kecil sudah diberikan makanan seperti nasi campur sayuran, maka bisa jadi ketika tumbuh dewasa akan terbiasa dengan makanan seperti itu. Dan bisa jadi malah mereka akan asing dengan makanan serangga yang seharusnya jadi makanan utamanya. Jangan lewatkan pembahasan tentang manfaat brokoli untuk burung kenari.

5. Dedak Padi + Tepung Jagung + Kroto

Bagi anda yang mungkin tidak ingin menghabiskan banyak serangga dalam pemberian makan terhadap trenggiling, mungkin bisa menggunakan perpaduan seperti berikut. Ini sempat dilakukan penelitian oleh sejumlah pengamat, dan ternyata trenggiling umur dewasa cukup bisa menerima makanan seperti itu.

Hanya saja untuk campuran dedak padi, tepung jagung, dan juga kroto ini tidak disarankan dijadikan sebagai makanan utama, melainkan sekedar alternatif alias sampingannya saja. Ketika trenggiling sudah terbiasa dengan serangga, ya lebih baik diberikan makanan serangga lebih sering saja agar nafsu makannya tidak menurun. Berikut cara menambah nafsu makan anjing.

6. Dedak Padi + Tepung Jagung + Rayap

Ini hampir sama dengan point sebelumnya, dan cocok sebagai makanan alternatif trenggiling. Hanya saja untuk kombinasi makanan alternatif kedua ini bisa dikatakan lebih rekomendasi, karena trenggiling rata-rata suka terhadap serangga rayap, mungkin dari segi ukuran serta rasa yang dihasilkan.

Dengan demkian, tingkat diterimanya oleh hewan mamalia peliharaan satu ini lebih besar jika dibandingkan dengan kombinasi yang lain. Dan bagi anda yang ingin mudah dapatkan rayap, berikut ini beberapa cara budidaya rayap bagi pemula yang bisa anda lakukan untuk memperbanyaknya. Sehingga tidak perlu beli atau mencari lagi untuk trenggiling peliharaan.

Kira-kira itulah berbagai macam jenis makanan trenggiling yang bisa anda berikan untuk menjaga kesehatan dan pemenuhan kebutuhan makan dari hewan tersebut. Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam makanan trenggiling ini apakah masih ingin memeliharanya? Atau mungkin ingin tau cara memelihara biawak di rumah, atau mungkin cara memelihara iguana di rumah.