Sponsors Link

Jenis-Jenis Semut yang Sering Ditemukan di Sekitar

Semut

Hewan kecil sekali, bahkan sampai tak terlihat dikenal dengan nama semut. Ketika banyak, keberadaanya cukup mengganggu manusia. Meskipun semut tergolong hewan tak berbahaya, tapi satu hal yang harus anda ketahui bahwa ada Jenis-Jenis Semut yang bisa saja mengancam anda. Hanya saja, sejauh dari yang sering dijumpai, macamnya semut tergolong tidak mematikan dan hanya datang lantaran mencium aroma manis. Ya, semut adalah binatang yang menyukai manis dan tergolong sebagai serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera.

Berdasarkan spesiesnya, semut mempunyai lebih dari 12.000 jenis dan sebagian besar hidup di kawasan tropika. Akan tetapi sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Sedang untuk anggota koloninya sendiri terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula ada juga untuk jenis kelompok semut penjaga. Jenis semut apa saja yang ada di Dunia ini terutama paling sering ditemukan, hal itu dapat anda simak pada kesempatan kali ini.

Harus anda ketahui meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Bahkan sang semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dan dapat anda bandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Semut hanya akan tersaingi oleh kumbang badak yang kuat dan mampu menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.

Semut Kroto menjadi salah satu yang paling sering ditemukan untuk diternak, karena memang menguntungkan sekali. Berikut ini cara ternak kroto menggunakan botol aqua yang bisa dilakukan dengan mudah di tempat kecil sekalipun. Dan untuk memperlancar ternak jangan lupa juga simak cara mempercepat kroto bertelur, dan ketika panen penting untuk memperhatikan cara panen kroto agar tidak digigit berikut.

Jenis-Jenis Semut

1. Semut Gula

Banyak dikenal sebagai semut gula, nama lainnya juga sering disebut dengan semut hantu. Nah, jenis semut ini yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan mungkin yang selalu bikin kesal anda. Darimana datangnya? Hmm, pertanyaan semacam ini seringkali terjadi mengingat selalu merusak hal-hal indah anda tentang makanan manis. Darimanapun, semut jenis ini akan bermunculan kala ada makanan atau minuman manis yang beberapa waktu dibiarkan.

2. Semut Firaun

Jika anda merasa jengkel dengan semut gula, mungkin hal itu tak akan lebih menyebalkan bila anda menemui semut firaun. Ya, namanya memang semut firaun yang banyak menjumpai manusia dan seringkali menggigit. Akan tetapi semut ini tidak akan menyengat, hanya gigitan kecil saja. Biasanya semut jenis ini aktif di malam hari untuk mencari makanan. Sumber pakannya berupa protein yang berbasis minyak.

3. Semut Gila

Ternyata bukan hanya manusia yang bisa gila, semut pun bisa. Dinamakan semut gila, yang harus anda ketahui bahwa jenis ini berwarna hitam dan berkaki panjang dan bahkan dapat bergerak tak menentu kesegala arah. Tapi jangan khawatir, karena semut ini tidak sejail semut firaun yang menggigit. Namanya semut gila tetapi jenis ini tidak akan menggigit atau bahkan menyengat. Jadi, aman-aman saja ketika anda menjumpainya. Semut jenis ini biasanya bersarang dibawah pot, alias outdoor dan memakan gula.

4. Semut Tukang Kayu

Ada juga jenis semut lainnya yang biasa dinamakan tukang kayu. Unik bukan? Semut Tukang Kayu ini memakan embun madu dan serangga-serangga yang sudah mati. Sedang untuk ukuran semut ini sebesar (17mm), namun warna tubuh sulit untuk diidentifikasi.

Semut tukang kayu ini lebih memilih untuk bersarang di pohon dan struktur kayu. Masuk ke dalam jenis semut ini menggigit kayu saat proses pembuatan sarangnya di pohon, tetapi mereka tidak memakan kayu sama seperti rayap dan tidak akan menggigit manusia.

5. Semut Peternak

Jenis semut selanjutnya adalah semut peternak, jadi bukan cuma manusia yang bisa beternak alias memelihara hewan lain untuk dikonsumsi, semut juga. Hanya saja bedanya adalah kalau hewan-hewan yang diternakkan manusia umumnya adalah hewan-hewan mamalia atau unggas, maka hewan yang diternakkan semut adalah sesama serangga.

Macam-macam serangga yang diternakkan oleh semut adalah serangga yang bisa menghasilkan cairan manis seperti madu, cairan kesukaan semut. Perilaku beternak semut ini disebut sebagai salah bentuk simbiosis mutualisme lantaran semut tersebut melindungi hewan-hewan tersebut dari musuh-musuhnya dengan imbalan cairan manis yang mereka hasilkan.

6. Semut Petani

Diketahui sebagai pemotong daun, namanya adalah semut petani atau  (leafcutter ant) dari genus Atta & Acromyrex yang hidup di wilayah selatan AS & Amerika Latin. Sesuai dengan namanya, kedua genus semut itu terkenal lantaran kebiasaannya memotong dedaunan. Semut ini melakukan aktivitas memotong daun untuk keperluan pertaniannya, sehingga lebih dikenal dengan semut petani.

7. Semut Tukang Roti

Ternyata semut juga bisa membuat roti, lantas bagaimana caranya? Ini hanyalah sebuah panggilan atau sebutan saja untuk si hewan kecil tersebut. Sejatinya jenis ini adalah semut penuai atau harvester ant dari dari genus Messor yang terkenal karena kebiasaannya mengumpulkan biji-bijian sebagai makanan utamanya. Semut penuai sendiri biasanya akan membuat roti untuk memudahkan seluruh anggota sarang mengkonsumsi biji-biji makanannya tanpa harus bersusah payah mengupas kulitnya.

Itulah jenis-jenis semut yang bisa anda kenali, dan Anda dapat mengetahui juga cara ternak semut rangrang dengan mudah untuk pakan ternak hewan lainnya, atau mungkin Anda memiliki tempat terbatas, bisa menerapkan cara ternak rangrang di media toples berikut. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Friday 20th, September 2019 / 23:20 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan