Sponsors Link

8 Tanda-Tanda Hamster Mau Mati yang Bisa Diketahui dengan Mudah

Hamster Mau Mati

Mempunyai binatang peliharaan dirumah memang sesuatu yang berbeda, karena tidak semua orang bisa melakukannya mengingat pula tak semua orang menyukai binatang. Dari beberapa jenis hewan yang sering dijumpai dilingkungan atau rumah ke rumah yakni seperti anjing, kucing, dan kelinci.

Satu lagi yang harus anda ketahui adalah hamster, yang bentuknya mirip seperti tikus tetapi bukan. Ya, hamster bukanlah tikus karena keduanya memang berbeda dari segi fisik maupun karakter. Bicara soal hewan peliharaan, sebelumnya sudah disampaikan tentang cara bermain dengan Kucing di rumah dan cara melatih Anjing Kampung agar pintar.

Baik hamster maupun tikus sejatinya sama-sama jenis hewan pengerat, akan tetapi dilihat dari karakternya hamster bukan hama dan tikus tergolong hama. Soal hamster sendiri, hampir ada di tiap negara ada dan beberapa jenis pula. Bentuknya hamster lucu, kecil nan mungil dengan bulu yang lembut serta mudah dibawa kemana-mana. Jika anda memeliharanya tidak perlu kandang luas seperti halnya anda beternak ayam atau bebek. Bahkan jika anda mempunyai kucing, anjing atau kelinci sekalipun, kandang hamster jauh lebih praktis. Sehingga hal itu akan memudahkan anda nantinya apabila ingin membawanya kemanapun. Cara memilih Kandang Kelinci yang bagus bisa anda simak kembali untuk menjadikan referensi apabila ingin memperindah kandang sang hamster.

Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika memelihara hamster. Sama halnya kucing, atau hewan peliharaan lainnya bahwa sebagai majikan tentunya harus memperhatikan kesehatan serta pola makan. Jika memang sudah cinta, melihat sang piaraan sakit tentunya sangat sedih. Berikut akan disampaikan mengenai beberapa Tanda-Tanda Hamster Mau Mati. Bicara tentang hewan mungil yang satu ini, sudah dipaparkan pada artikel sebelumnya yakni tentang cara agar Hamster tidak bau dan cara membuat Kandang Hamster.

Tanda-Tanda Hamster Mau Mati

1. Banyak Tidur

Tanda bahwa hamster anda sedang akan mati, yang bisa dikenali adalah seringnya tidur. Seperti yang anda ketahui bagaimana aktifnya hewan yang satu ini, jadi sangat mudah dikenali jika melihat beberapa hari hamster yang sering memilih tidur. Bukan karena sudah mulai malas, namun ini menandakan bahwa tubuhnya mulai lelah dan daya imunnya berkurang. Anda harus segera memberikan asupan penting seperti nutrisi atau memberikan vaksin agar tidak berkelanjutan.

2. Banyak Minum

Kondisi hamster yang sudah tidak enak badan dan merupakan salah satu dari Tanda-Tanda Hamster Mau Mati adalah seringnya minum. Di dalam tubuhnya seperti kekurangan cairan, atau bisa dikatakan dehidrasi. Jika anda sudah mendapati kedua tanda tersebut pada hamster anda sebaiknya cepat melakukan sesuatu.

3. Badan Lemas

Tanda ketiganya bisa dikenali dengan kondisi badannya yang mulai lemah, letih dan lesu. Hamster akan menunjukkan ketidakberdayaaanya, bilamana tubuhnya diangkat akan terasa sangat ringan sekali. Bahkan posisi kepala akan lemas atau layu, hamster juga tidak akan berontak ketika digendong.

4. Tidak Mau Makan

Detik-detik dimana hamster tidak mau makan, salah satu tandanya bahwa akan mati. Karena bukan tanpa alasan dan sebab yang pasti hamster mati, kebanyakan lantaran sakit. Sehingga tidak mau makan akibat dari sakit yang sedang di deritanya dan membuatnya malas makan. Nafsu makan hamster berkurang sehingga tidak ada asupan yang diterima tubuhnya.

5. Tidak Aktif

Hamster yang mau mati pastilah tak se-aktif hamster yang masih sehat lainnya. Perlu anda waspadai jika sudah menghadapi kasus yang seperti ini, biasanya sudah mendekati dengan kematian. Seperti kebanyakan hamster yang lainnya, mereka akan lincah bermain dan gerak kesana kemari. Namun Tanda-Tanda Hamster Mau Mati yakni terdiam dan tidak banyak tingkah.

6. Pandangannya Sayu

Kondisi matanya akan cekung atau terlihat layu, dan menatap pun akan terlihat sayu. Ini pertanda bahwa hamster sedang menghadapi kondisi tubuh yang tidak baik-baik saja.

7. Memujat dan Kumel

Kulitnya memucat, dan warnanya yang cerah akan memudar. Selain itu akan disertai bulu-bulu lembutnya yang bagus akan terlihat kumel tak terawat. Sekalipun anda sudah membasahi dan mencucinya, namanya sudah sakit tentu bulunya akan kembali kumel.

8. Muntah-Muntah

Tanda paling umum terjadi, hamster akan muntah-muntah melawan penyakit yang dideritanya. Sehingga jika hal ini terjadi maka bisa menjadi tanda bahwa maut sudah dekat dan hamster tersebut akan cepat mati. Dengan kata lain ini adalah tahap ketika di awal tanda si hamster tidak langsung di tangani.

Kurang lebih memang tanda-tandanya seperti halnya kucing yang akan mati. Namun semua hewan peliharaan pada dasarnya akan sama, mengalami beberapa tanda dan gejala. Jadi, sebaiknya anda rajin memberikan vaksin atau vitamin pada hewan peliharaan anda untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Apalagi untuk hewan yang usianya masih muda/ kecil akan sangat rentan terjangkit penyakit dan mati.

Itulah beberapa tanda-tanda Hamster mau mati yang penting untuk diketahui oleh sang pemilik sehingga bisa melakukan penanganan yang tepat sebelum semuanya terlambat. Dikarenakan biasanya kalau masih sekarat saja masih bisa terselamatkan nyawa Hamster. Namun kalau sudah menghembuskan nafas terakhir ya tak tertolong lagi. Berikut tips memlihara hamster yang baik dan teknik khusus cara merawat hamster hamil untuk meminimalisir kematian. Semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Post Date: Sunday 22nd, September 2019 / 09:53 Oleh :
Kategori : Hamster