Sponsors Link

Jenis-Jenis Hamster yang Unik dan Lucu di Dunia

Jenis Hamster

Apa saja jenis-jenis Hamster di dunia? Sangat banyak sekali, dan beragam spesiesnya yang bisa anda ketahui disini. Bicara soal hamster, sudah disampaikan akan cara mengajak bermain Hamster dan tanda-tanda Hamster mau mati, sangat penting untuk disimak bagi anda yang memilikinya dirumah. Ya, hamster memang hewan lucu dan imut dengan bulu-bulunya yang lembut. Anda bisa memilikinya, karena tergolong hewan peliharaan jinak dan tidak berbahaya. Mengapa? Karena hamster adalah hewan omnivora, dan bahkan berbeda jauh dengan tikus. Meskipun keduanya adalah hewan pengerat, namun hamster bukanlah hama seperti halnya tikus yang banyak merugikan.

Terdapat banyak jenis di dunia ini, bahkan hampir di tiap negara ada jenisnya. Hamster mempunyai bentuk kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana dan praktis sekali karena tidak memerlukan kandang sangat besar. Cara membuat kandang Hamster dapat anda simak kembali untuk panduan pembuatan habitatnya. Atau, anda juga memerlukan referensi tentang cara agar Hamster tidak bau. Hewan ini banyak yang mengatakan sulit dibedakan antara jantan atau betina. Nah, jika anda salah satu yang mempertanyakan hal itu artikel tentang cara membedakan Hamster jantan dan betina dapat disimak kembali.

Hamster tergolong ke dalam subfamili Cricetinae, yang mana subfamili ini terbagi ke dalam sekitar 18 spesies, dan diklasifikasikan ke dalam enam atau tujuh genus. Ciri-ciri fisiknya adalah mempunyai tubuh atau badan gemuk serta ekor yang pendek. Telinganya juga berambut, kaki lebar sampai dengan pendek gemuk. Rambutnya (bulu) sangat tebal dan panjang, sehingga menggemaskan. Jenis-Jenis Hamster juga sangat banyak sekali, hal itu akan disampaikan dibawah berikut. Namun membicarakan soal habitat, bagian utara yakni dari Eropa tengah sampai Siberia, Mongolia, dan Tiongkok utara sampai Korea.

Jenis-Jenis Hamster

1. Hamster Roborovski White Face

Panjang sekali namanya, Roborovski White Face yang termasuk salah satu jenis hamster. Jenis ini adalah yang paling kecil dan cukup lincah sekali apabila dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Namun coraknya tidak begitu banyak, dan karakternya adalah penakut. Kemampuan larinya sangat cepat dan sulit sekali jika di ajak berteman. Jika anda memegangnya, hamster ini akan loncat dan menjauh lari.

2. Hamster Syirian Long Hair

Selanjutnya adalah hamster syirian yang merupakan jenis terbesar dari yang lainnya. Corak warnanya banyak jika dibandingkan dengan roborovski dan ada yang bulunya panjang dan ada juga yang pedek. Meskipun tubuhnya besar, hamster ini jinak karena gerakannya yang cukup lamban.

Bagi pemula, memelihara jenis ini akan lebih baik lantaran jenis ini mudah dipegang, dijinakkan, dan jarang mengigit. Akan tetapi dikarenakan tubuhnya yang lebih besar, maka kotorannya pun lebih banyak dan lebih berbau dari jenis hamster lainnya.

3. Hamster Winter White

Nama yang sangat bagus, Hamster Winter White adalah jenis yang membawa bentuk hampir sama dengan campbell. Hanya saja perbedaannya adalah bulu winter yang tak terlalu wool seperti halnya jenis hamster campbell dan juga bentuk kepalanya yang lebih bulat dibanding campbell. Salah satu keunikan dari hamster winter white yakni bulunya yang bisa berubah warna di setiap musim.

Perubahan warna ini dipengaruhi oleh adanya perubahan pigmen rambut yang dipengaruhi juga oleh hormon prolaktin serta genetik. Di musim panas, bulu hamster winter white ini akan mengalami perubahan dari abu-abu ke cokelat tua, atau terkadang berwarna coklat pucat.

4. Hamster Campbell

Campbell, jenis hamster yang perkembang biakannya paling banyak di pasaran, jenisnya pun sangat beragam dengan warna yang cerah seperti jenis panda, satin, dove, argente campbell dll. Karakteristik dari hamster campbell ini yaitu paling agresif dibanding dengan jenis hamster yang lainnya. Namun biasanya jika merasa terancam, dia akan langsung menggigit kemudian berlari.

5. Hamster Hybrid

Hamster Hybrid merupakan anak dari hasil hubunga hamster Campbel dengan hamster Winter White. Sebenarnya, hasil hubungan kedua jenis hamster tersebut sangatlah di tentang di daerah barat lantaran akan menghilangkan keaslian dan kemurnian dari sub spesies hamster Campbel dan Winter White. Oleh karena itulah it Hybrid bukanlah jenis  hamster yang murni.

6. Hamster Cina

Hamster Cina adalah jenis yang sangat jarang sekali di temui di Indonesia. Hamster Cina kebanyakan di miliki oleh Negara bagian barat terutama salah satunya adalah Amerika dan Inggris. Jenis hamster ini berasal dari Cina tepatnya di daratan utara Cina dan juga terdapat di daerah Mongolia juga. Banyak yang mengatakan bahwa hamster ini tergolong mini, namun padahal bukan. Tubuhnya memang kecil, namun bukan tergolong hamster mini. Jenis ini sangat mudah untuk dijinakkan, ramah dan tenang sekali.

7. Hamster Eropa

Bukan hanya hamster Cina namanya, namun ada juga hamster Eropa. Nama latin dari jenis hamster ini adalah Cricetus cricetus. Hamster jenis ini sangat umum dikenal sebagai European hamster atau hamster Eropa. Untuk di eropa sendiri, hamster ini dikenal dengan nama black-bellied hamster atau Alscae hamster.

Itulah jenis-jenis Hamster yang bisa anda ketahui, dan ketika Anda ingin memeliharanya berikut ini tips memelihara hamster dengan baik yang bisa diikuti. Selamat membaca.

, , ,
Post Date: Monday 23rd, September 2019 / 09:25 Oleh :
Kategori : Hamster