Sponsors Link

7 Cara Agar Hamster Tidak Bau yang Perlu Dicoba

Hamster Bau

Bagaimana cara agar Hamster tidak bau? Mungkin anda pemelihara hewan imut ini, atau sangat menyayangi hewan yang satu ini. Ya, hamster merupakan salah satu hewan kecil yang sangat imut menggemaskan, mempunyai kumis tipis yang menunjukkan keunikannya. Hamster adalah jenis binatang pengerat, terdapat berbagai jenis di dunia dan hampir ada di tiap negara dan saat ini pun ada di Indonesia.

Anda tentu sering menjumpainya, entah dijual atau menemui milik orang lain dilingkungan sekitar. Bentuknya yang kecil membuat hamster mudah untuk dibawa ke mana-mana serta tidak membutuhkan kandang yang sangat besar untuk merawatnya. Cara membuat kandang Hamster dapat anda simak kembali, setelah sebelumnya disampaikan.

Hamster sendiri juga termasuk ke dalam subfamili Cricetinae, yang mana subfamili ini terbagi ke dalam sekitar 18 spesies, yang diklasifikasikan ke dalam enam atau tujuh genus sekaligus. Sekilas memang mirip dengan tikus, namun keduanya berbeda. Hamster ini mempunyai tubuh gemuk dengan ekor yang lebih pendek, sedangkan tikus mempunyai ekor yang cukup panjang. Rambut yang dimilikinya cukup tebal, mungkin jika untuk kucing setebal kucing persia atau mungkin seperti jenis kelinci Anggora. Warna dari hamster ini tergantung dari spesiesnya, baik berwarna putih sampai abu-abu dan hitam.

Hamster adalah makhluk omnivora, yang sudah pasti tidak akan makan daging-dagingan. Adapun beberapa jenis makanan mereka biasanya butir padi, tetapi juga termasuk buah segar, akar, bagian hijau tumbuhan, invertebrata dan beberapa binatang kecil lainnya (serangga seperti belalang) namun bukan daging-dagingan. Mungkin makanan kelinci Anggora agar cepat besar bisa anda berikan pada hamster, karena kelinci juga tidak memakan daging. Kebanyakan akan memakan sayuran hijau seperti kangkung, dan yang lainnya seperti lobak atau wortel. Akan tetapi jika anda memelihara hamster, sediakan pakan berupa biji-bijian saja.

Kebanyakan orang hanya kurang menyukai baunya, memang terkadang menyengat dan anda sebagai pemilik memang harus telaten menjaga kebersihannya. Lalu bagaimana cara agar Hamster tidak bau?

1. Menjaga Kebersihan Kandang

Salah satu yang paling penting dan utama dalam memelihara hamster tanpa harus bau adalah dengan rajin membersihkan kandangnya. Mengapa? Karena kondisi hamster yang terus saja di kandang akan selalu membuang kotoran disitu dan disitu saja, sehingga jika tidak dibersihkan akan menumpuk dan lama kelamaan akan menimbulkan bau cukup menyengat. Lantas bisakah memelihara hamster tanpa adanya kandang seperti halnya cara beternak ayam petelur tanpa kandang?

Tentu saja sulit, bukan berarti tidak bisa. Anda bisa memelihara hamster tanpa kandang jika halaman rumah anda tertutup dan cukup luas. Maka hamster bisa bergerak bebas dan membuang kotoran langsung dihalaman. Namun jika anda tidak mempunyai halaman tertutup, dikhawatirkan jika hamster bisa pergi dan menghilang. Jadi rajinlah untuk membersihkan kandang minimal satu hari sekali.

2. Memandikan Hamster

Sama halnya kucing, hamster juga boleh dimandikan asalkan jangan terlalu lama dimainkan pada air karena akan membuatnya dingin. Mandikan dengan air hangat (jangan panas) dan gunakan kain untuk mengusap tubuhnya. Jangan lupa memberikan sabun agar senantiasa wangi, kemudian bilas hingga busa sabun benar-benar hilang.

3. Semprot dengan Perfum

Jika anda mempunyai kucing dirumah, tentu anda mengenal perfum kucing yang biasa digunakan untuk menyemprot agar tubuhnya wangi. Nah, anda bisa mencoba menggunakan perfum kucing tersebut pada hamster agar senantiasa wangi. Lakukan penyemprotan perfum ini sehari sekali pada hamster agar selalu wangi dan menutupi aroma baunya.

4. Pasang Pengharum

Bila perlu, anda bisa memasangkan sebuah pengharum yang diletakkan di area kandang hamster. Minimal ini mampu meminimalisir bau hamster yang cukup menyengat. Dengan demikian, Anda ataupun keluarga bisa betah berada di sekitarannya.

5. Cuci Kandang

Jika pada poin pertama adalah membersihkan kandang, maka bisa berupa membersihkan alas kandang sampai dengan mengelap kandang saja. Tetapi untuk mencuci kandang ini adalah dengan mengosok kandang menggunakan sabun dan membilasnya kembali hingga bersih.

6. Menjemur Kandang

Cara lainnya yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan bau pada Hamster yakni dengan menjemur kandangnya. Karena bau yang sudah menempel pada kandang sulit untuk terpecahkan dengan sempurna kecuali anda bisa menjemurnya dibawah panas matahari kurang lebih selama satu jam. Setelah itu ganti semua alas dengan yang bersih.

7. Menjemur Hamster

Adapun yang dimaksud dengan menjemur hamster ini adalah membawanya berada dibawah sinar matahari langsung di pagi hari, bukan siang hari. Kurang lebih caranya seperti halnya dalam perawatan burung. Seperti tips memelihara Burung Jalak Kapas bagi pemula, yang mana di dalamnya terdapat tips untuk menjemur di pagi hari. Lakukan hal yang sama pada hamster untuk membuang bau tak sedapnya. Waktu yang tepat adalah pagi jam 8.00 – 09.00. Akan tetapi durasi yang terbaik dan disarankan adalah 15 menit saja, tidak kurang dan tidak lebih.

Demikianlah cara agar Hamster tidak bau yang bisa Anda terapkan pada hewan peliharaan, sehingga Anda bisa betah dan berlama-lama di dekat kandangnya. Oh ya, Anda juga bisa ikuti tips memelihara Hamster yang baik agar lebih aktif dan tumbuh sehat. Semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Post Date: Thursday 29th, August 2019 / 09:22 Oleh :
Kategori : Hamster