Sponsors Link

7 Cara Mengajak Bermain Hamster yang Tepat

Bermain Hamster

Hamster, siapa yang tidak mengenalnya? Seekor hewan kecil nan imut banyak dijadikan sebagai peliharaan dirumah. Sayangnya masih banyak yang menganggap bahwa hamster juga merupakan tikus. Perlu diketahui, bahwa hamster dan tikus adalah dua jenis hewan yang berbeda, mungkin sekilas memang mirip sama-sama mempunyai kumis dan ekor. Tetapi, tikus tergolong sebagai hama dan hamster tidak meskipun keduanya sama-sama menjadi hewan pengerat.

Sebelumnya sudah seringkali disampaikan mengenai hewan yang satu ini, diantaranya seperti cara agar Hamster tidak bau ketika anda memeliharanya, cara membedakan Hamster jantan dan betina, hingga beberapa jenis-jenis hamster yang unik dan lucu di Dunia. Beberapa alasan mengapa hamster layak dijadikan sebagai peliharaan karena tergolong jinak, bukan pemakan daging dan sangat lucu sekali. Selain itu kemudahan dalam memeliharanya yakni tidak memerlukan tenaga banyak untuk mengurus hewan ini karena tidak sangat rewel dan mudah sekali di atur.

Bahkan meskipun hewan jinak lain seperti halnya kucing tergolong mudah dipelihara, namun pembuatan kandangnya masih harus cukup besar. Berbeda dengan hamster ini yang hanya memerlukan kandang kecil saja, dan bagaimana pembuatannya bisa anda simak dalam artikel sebelumnya tentang cara membuat Kandang Hamster.

Hamster merupakan hewan dalam subfamili Cricetinae, yang mana terbagi ke dalam sekitar 18 spesies, yang diklasifikasikan ke dalam enam atau tujuh genus. Karakteristik hewan ini bertubuh gemuk dengan ekor yang lebih pendek daripada badannya dan memiliki telinga yang berambut, kaki yang lebar, pendek serta gemuk. Selain itu hamster juga memiliki rambut yang tebal dan panjang, dan rambutnya memiliki berbagai warna tergantung spesies hamster tersebut, contohnya hitam, abu-abu, putih, cokelat, kuning, dan merah. Jika anda memeliharanya dirumah, bagaimana Cara Mengajak Bermain Hamster?

Kali ini bukan lagi menemani anda untuk mencari tahu tanda-tanda Hamster mau mati seperti yang sebelumnya sudah disampaikan, namun lebih kepada mengajaknya bermain. Berikut ini yang dapat anda simak:

Cara Mengajak Bermain Hamster

1. Pembuatan Kandang yang Nyaman

Pertama-tama adalah memperkenalkan habitat barunya, agar hamster mudah dan terbiasa beradaptasi pada lingkungan baru. Karena dengan cara inilah akan menaklukkan hamster sehingga mudah untuk di ajak bermain. Kandang yang anda buat harus sedikit lebih luas dari tubuhnya yang sangat mungil. Selain itu gunakan material kuat dan pastinya harus bersih agar hamster sangat betah di dalam kandangnya dan anda akan mudah mengajaknya bermain.

2. Buatlah Wahana Bermain

Inilah alasan mengapa kandang hamster harus lebih besar dari tubuhnya, karena di dalam sana harus ada wahana bermain untuk si hamster. Hal ini merupakan bagian dari Cara Mengajak Bermain Hamster. Beberapa permainan hamster diantaranya seperti pipa atau sebuah kayu yang dibuat lorong hamster. Mudahnya gunakan bambu daripada kayu, dan buatlah permainan seperti roda-roda yang bisa diputar oleh hamster.

3. Memegang Hamster

Cara selanjutnya untuk bermain dengan hamster adalah dengan memeganginya, memegang tubuhnya dan seolah sedang menggodanya. Sesekali rabalah perutnya, namun jangan lama-lama karena bisa membuatnya sangat geli.

4. Pegangi Kumisnya

Nah, hamster mempunyai kumis tipis yang manis. Anda bisa menjadikan kumis tersebut sebagai alat untuk mengajaknya bermain. Caranya dengan sesekali menyentuh kumisnya atau menyentil, namun jangan terlalu keras akan membuatnya sakit. Biasanya kumis adalah letak paling mudah dalam membuat hamster peka dan akrab dengan anda.

5. Bermain dengan Ekornya

Cara Mengajak Bermain Hamster lainnya adalah dengan memegangi ekornya, biarkan dia berlarian kesana kemari dan sesekali pegang atau tariklah ekornya secara perlahan. Sama halnya kucing, apabila di pegang ekornya akan meresponnya, asalkan jangan terlalu kencang saat menarik. Kucing sendiri adalah hewan yang juga sama jinaknya, dan sudah disampaikan sebelumnya mengenai cara bermain dengan Kucing di rumah.

6. Goda dengan Makanan

Apa yang menjadi makanan kesukaan hamster? Banyak sekali, dan semua itu haruslah biji-bijian seperti biji paji, biji bunga matahari, kacang hijau, gabah, jagung, kacang kedelai dan masih banyak lagi. Nah, sesekali goda dengan makanan tersebut, taruhlah makanan tersebut kemudian ketika hamster hendak mengambil maka tariklah sampai hamster merespon.

7. Berilah Bola Hamster

Bukan hanya manusia saja yang bisa bermain bola, namun hamster juga demikian. Berilah bola hamster di kandangnya. Biarkan dia menggiringnya sendiri dan tugas anda adalah menggerakkan bola ketika sudah diam. Melihat bola yang bergerak maka hamster pun akan antusias menjadikannya permainan.

Nah, bagaimana? Bukan hal yang sulit pastinya mengajak hamster bermain. Kurang lebih sama seperti anda mengajak bermain kucing atau anjing. Hanya saja jika kucing dan anjing kebanyakan anda ajak bermain pada lingkungan yang lepas, namun untuk hamster ini cukup tetap berada di kandang saja sampai anda benar-benar mengenali karakternya dan tidak mudah kabur. Itulah beberapa cara mengajak si hamster bermain, semoga berhasil dan selamat mencoba.

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 24th, September 2019 / 09:34 Oleh :
Kategori : Hamster