Sponsors Link

4 Jenis Makanan Bayi Hamster Berdasarkan Usianya

Makanan Bayi Hamster

Hamster adalah sebuah nama hewan lucu dan berbulu lembut. Banyak yang mengatakan bahwa hewan ini adalah tikus, tetapi bukan. Memang secara golongan masih sekeluarga dengan tikus, tetapi bukan. Tidak benar jika hamster adalah tikus, karena meskipun keduanya merupakan hewan pengerat tetapi hamster bukan termasuk hama seperti halnya tikus yang banyak merugikan. Selain itu, hamster lebih lucu, dengan warna-warna variatif dan cantik. Tubuhnya gemuk, pendek dan ekornya lebih pendek dari tubuhnya. jenis-jenis Hamster sangat banyak sekali yang bisa anda ketahui, sebagaimana pada artikel yang sebelumnya disampaikan.

Indukan hamster sudah sangat lucu sekali, tentunya akan lebih menggemaskan bayi hamster. Namun, apa yang menjadi Makanan Bayi Hamster tersebut? Jika melihat indukan hamster yang memakan biji-bijian, mungkinkan si bayi hamster juga demikian? Mengenai hal itu, akan disampaikan pada laman kali ini tentang jenis Makanan Bayi Hamster tersebut. Banyak sekali yang sudah di paparkan mengenai hewan lucu nan menggemaskan ini, diantaranya adalah seperti cara mengajak bermain Hamster, untuk anda yang memeliharanya dirumah dan bingung mengajaknya bermain.

Selain itu, sudah di sampaikan tentang cara agar Hamster tidak bau, mengingat sejauh ini banyak yang menilai bahwa memelihara hamster cukuplah berbau. Bahkan tentang tanda-tanda Hamster mau mati pun sudah di sampaikan pada kesempatan sebelumnya, yang mana di tandai dengan hal-hal sederhana yang tidak terlihat.

Kali ini, adalah tentang apa yang menjadi Makanan Bayi Hamster akan disampaikan. Meskipun cara membedakan Hamster jantan dan betina terbilang cukup sulit, namun untuk membedakan bahwa hamster tersebut indukan atau anakan tentu bukan hal yang sulit. Berikut yang bisa anda simak beberapa jenis pakan yang harus anda berikan pada bayi hamster.

Makanan untuk Bayi Hamster Berdasarkan Usianya

1. Usia 1 Hingga 15 Hari

Bayi hamster memang sangat menggemaskan, meskipun mungkin akan sedikit geli lantaran bulunya masih belum sebanyak indukan. Jika anda mempunyai anakan hamster, bukan sembarangan anda bisa merawatnya. Salah satunya adalah dengan pemberian makanan yang tepat. Bukan dari apa-apa jenis makanan yang bisa anda berikan, hal ini melihat dari usia si bayi hamster tersebut. Untuk usia 1 sampai dengan 10 hari, makanan hamster pada usia tersebut tidak lebih dari air susu ibunya. Belum saatnya anda memberikan jenis pakan lain.

Jadi, pada fase ini anda bertugas untuk memastikan apakah bayi hamster tersebut sudah cukup tersuplai susu ibunya dengan cukup ataukah belum. Selain itu pastikan pula bahwa indukan sudah kenyang, tersuplai dengan makanan dan minuman yang cukup. Karena bukan tidak mungkin lagi jika sang induk merasa kelaparan akan memangsa anaknya sendiri. Apalagi pada tingkat menyusui, hamster indukan tersebut akan meningkatkan daya konsumsi pada makanan dan atau minuman.

2. Usia 16 Hingga 30 hari

Bayi hamster pada usia 16 hari sampai dengan satu bulan sudah boleh dicobakan dengan pemberian air putih. Namun pastikan semua bersih, mulai dari wadah sampai dengan air yang anda berikan. Karena bayi hamster yang masih muda sekali mempunyai daya imun sangat rentan, sehingga jika kurang bersih dikhawatirkan dapat menyebarkan penyakit. Namun jangan melulu diberikan air, tetap masih dalam pantauan induknya yakni mendapat asupan susu ibunya. Hanya saja usia seperti ini sudah bisa dicoba untuk diberikan sayuran brokoli.

3. Usia 1 Bulan Lebih Hingga Dewasa

Sungguh pertumbuhan yang sangat cepat, hamster tergolong jenis hewan yang cepat besar. Usia satu bulan lebih bisa di katakan sudah mencapai dewasa, sehingga jenis Makanan Bayi Hamster pada usia tersebut tentu sudah berbeda sekali. Sebagaimana anda ketahui, bahwa hamster dewasa memakan biji-bijian seperti biji padi, biji bunga matahari, biji jagung, kacang hijau dan masih banyak lagi. Lalu untuk bayi hamster di usianya yang sudah menginjak satu bulan lebih sampai dengan dewasa sudah bisa diberi makanan berupa biji-bijian, tetapi tidak penuh. Selingi dengan makanan lembut seperti sayuran gambas atau kol. Selain itu pada usia ini sudah bisa diberikan sayuran lain seperti wortel, tetapi pemberiannya harus dengan di rebus dan kemudian di potong-potong guna memudahkan untuk di konsumsi.

4. Hamster yang Sudah Berusia Dewasa

Nah, jika sudah menginjak dewasa anda lebih tenang memberikan pakan untuknya. Sudah pantas anda memberikan biji-bijian seperti yang sudah disebutkan.

Dalam memelihara hamster, jangan sampai wadah makanan dan minuman kosong. Pastikan semua selalu ada dan tersedia, agar hamster tidak sampai merasa lapar dan marah. Untuk membuatnya tumbuh berkembang dengan baik jangan lupa serta memberikan vitamin yang cukup dan memberikan pakan tambahan lain dengan gizi yang seimbang.

Demikian adalah jenis Makanan Bayi Hamster yang bisa anda coba untuk diberikan. Dan untuk teknik perawatannya bisa ikuti cara merawat Bayi Hamster berikut, dan kalau memang barusan banget lahir, ini dia cara merawat bayi hamster yang baru lahir. Selamat mencoba.

, , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 25th, September 2019 / 09:50 Oleh :
Kategori : Hamster