Sponsors Link

7 Manfaat Bawang Putih untuk Perkutut Lokal

Sponsors Link

Tahukah anda bawang putih? Ya, salah satu bahan untuk melengkapi masakan menjadi lebih gurih melalui bumbunya. Selain itu, bawang putih juga selalu menjadi bagian dari pembuatan sambal jenis apapun supaya lebih nikmat. Nah, namun di samping itu ada banyak manfaat lainnya dari bawang putih yakni salah satunya untuk burung. Misalnya seperti manfaat Bawang Putih untuk Perkutut Lokal yang mungkin belum banyak anda ketahui. Saat ini dunia kicau sudah familiar sekali, mungkin anda salah satu bagian dari pecinta burung itu sendiri. Sebagai pecinta burung, tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan perkutut lokal.

ads

Perkutut lokal atau perkutut jawa (Geopelia striata) merupakan salah satu spesies burung dalam suku Columbidae, dari genus Geopelia. Burung ini juga menjadi jenis burung pemakan biji-bijian saja, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan apabila burung ini juga akan memakan serangga di habitat aslinya. Perkutut lokal inilah yang seringkali di kenal dengan perkutut jawa yang mempunyai ukuran tubuh kecil yakni 21 cm. Tubuh ramping, ekor yang panjang menjadi ciri khas perkutut lokal. Kemudian untuk kepala dengan warna abu-abu, leher serta bagian sisi bergaris halus, punggung coklat dengan tepi yang hitam.

Sisi menarik lainnya yakni bulu sisi terluar dari ekornya kehitaman dengan ujung warna putih. Iris dan juga paruhnya abu-abu biru, kaki merah jambu tua. Hidup secara berpasangan atau kelompok kecil adalah cara habitat mereka untuk membentuk suatu populasi. Perkutut lokal lebih makan ke permukaan tanah. Tetapi terkadang mereka juga berkumpul untuk minum di sumber air. Sementara untuk sarangnya berbentuk datar tipis dari ranting-ranting, dan telur berwarna putih dengan jumlah 2 butir. Suara dari perkutut jawa atau lokal ini relatif kecil dan tipis jika dibandingkan dengan jenis perkutut thailand alias bangkok. (Baca Juga: Manfaat Beras Merah Untuk Perkutut)

Secara umum burung perkutut yang di pelihara yakni sebagai klangengan (peliharaan) oleh kebanyakan penghobi, dan biasanya juga di beri makan hanya berupa biji-bijian saja seperti milet putih, milet merah, jewawut, gabah dengan ukuran kecil dan sedikit ketan hitam. Terkadang ada pula penghobi yang mau memberi pakan tambahan berupa canary seed, biji godem dan biji sawi serta pakan ekstra guna kebutuhan mineral berupa tulang sotong.

Selain pemberian pakan seperti yang di sebutkan, perkutut lokal yang di pelihara di sangkar juga memerlukan penjemuran di bawah sinar matahari langsung untuk menjaga kesehatannya dan mendapatkan vitamin D. Para penghobi biasanya akan menjemur perkutut lokal kesayangannya di tiang kerekan dengan ketinggian sekitar 7 meter selama kurang lebih 5 menit saja.

Nah, namun di samping semua itu sebenarnya anda bisa memberikan bawang putih. Entah akan anda berikan sebagai pakan atau terapi, namun yang pasti ada manfaat yang harus anda pahami. (Baca Juga: Manfaat Biji Sawi Untuk Perkutut)

Manfaat Bawang Putih untuk Perkutut Lokal

1.Berguna Sebagai Anti-Bakteri

Salah satu manfaat dari bawang putih adalah sebagai antibakteri. Beberapa penelitian telah mengungkapkan, bahwa zat alisin yang terkandung di dalam satu siung bawang putih memiliki sifat antibakteri, termasuk bakteri-bakteri dari kelompok Escherichia, Salmonella, Staphylococcus, Streptococcus, Klebsiella, Proteus, Bacillus, dan juga Clostridium. Lantaran mempunyai sifat antibakteri inilah, bawang putih bisa mengobati burung kicau anda seperti perkutut lokal yang mengalami gangguan pencernaan yang disebabkan bakteri.

2.Berguna Sebagai Anti-Jamur

Selain berguna untuk antibakteri, bawang putih juga mampu menangkal jamur, inilah mengapa bawang putih lebih di sebut sebagai antijamur. Efek dari sifatnya ini sangatlah kuat dan bisa menghambat pembentukan mikotoksin seperti aflatoksin dari parasit aspergillus (Aspergillus parasiticus). Jadi, bawang putih ini mampu mencegah aneka penyakit yang disebabkan jamur dan menyerang pada perkutut anda. (Baca Juga: Manfaat Kencur Untuk Suara Perkutut)

Sponsors Link

3.Berguna Sebagai Antiparasit

Bawang putih sudah lama sekali banyak digunakan sebagai obat cacing, karena di dalamnya memiliki efek antiparasit. Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa alisin di dalamnya cukup efektif melawan beberapa jenis parasit yang biasa menyerang burung peliharaan.

4.Berguna Sebagai Ativirus

Alisin yang terkandung di dalam bawang putih bisa berfungsi sebagai antivirus yang akan mampu mencegah burung terinfeksi dari serangan virus, baik itu yang berasal dari burung liar, lingkungan kotor, atau bahkan dari air minum. (Baca Juga: Manfaat Memandikan Perkutut Malam Hari)

5.Mengatasi Flu dan Pilek

Bawang putih cukup efektif sekali dalam melawan berbagai virus yang menyebabkan flu dan juga pilek pada burung perkutut terutama pada musim pancaroba, atau selama musim hujan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya anda mencoba memberikan bawang putih pada burung kesayangan anda.

6.Mampu Menghangatkan Tubuh

Bawang putih mempunyai banyak manfaat lainnya, yakni seperti mampu menghangatkan tubuh. Terutama di musim dingin, cobalah memberikan bawang putih pada burung anda. (Baca Juga: Manfaat Pakan Perkutut Untuk LoveBird)

7.Mampu Mengobati Luka

Bawang putih cukup berkhasiat dalam menyembuhkan luka pada burung kicauan. Bahkan bawang putih sering digunakan sebagai salah satu terapi dalam menumbuhkan bulu sayap dan juga ekor dari burung kicau seperti perkutut.

Demikianlah 7 Manfaat Bawang Putih untuk Perkutut Lokal yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini cukup membantu pembaca semua.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Friday 11th, January 2019 / 17:15 Oleh :
Kategori : Burung