Sponsors Link

Manfaat Daun Sirih Pada Burung Lovebird Yang Baik Untuk Kesehatannya

Sponsors Link

Setiap pecinta dan pemilik burung tentu mengiginkan adanya kondisi tertentu pada burungnya seperti memiliki kicauan yang merdu, gacor, dan lain sebagainya, serta tentunya terhindar dari berbagai macam permasalahan kesehatan. Untuk menjadikan keinginan tersebut terwujud maka perlu proses perawatan yang baik yang salah satunya tentu dalam hal pemilihan makanan. Beberapa jenis makanan tentu memiliki manfaat tersendiri bagi burung seperti jenis burung lovebird. Dalam penjelasan kali ini, arenahewan.com akan mengulas mengenai manfaat daun sirih pada burung lovebird yang diulas dalam uraian di bawah ini.

ads
  1. Mencegah terjadinya kutuan pada lovebird

Burung lovebird yang mengalami masalah pada bulunya dengan munculnya kutu merupakan kondisi yang tentunya dapat mempengaruhi kesehatan lovebird maupun penampilannya. Kondisi kutuan tersebut tidak boleh dibiarkan terjadi pada burung dapat dapat dicegah dengan rutin memandikan burung lovebird. Untuk meningkatkan pencegahan terhadap kondisi burung lovebird yang kutuan maka dapat digunakan air rebusan daun suruh yang digunakan dengan cara mengoleskan pada bulu burung tersebut. (Baca juga : tips membeli lovebird untuk pemula)

  1. Mengatasi burung lovebird yang kutuan

Manfaat daun sirih pada burung lovebird selain membantu mencegah terjadinya kutuan juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi kutuan yang sudah terjadinya. Penggunaan rebusan daun sirih tersebut dapat dilakukan ketika memang muncul beberapa tanda yang menunjukan bahwa burung lovebird mengalami kutuan diantaranya seperti burung yang terlihat lesu, bulu yang kusam, prilaku lovebird yang sering mencabut bulunya sendiri, dan beberapa gejala lainnya. (Baca juga : cara beternak lovebird warna)

  1. Mencegah infeksi pada luka

Rebusan daun sirih maupun sirih langsung dapat diberikan pada bagian tubuh burung tertentu yang mengalami luka. Daun sirih tersebut dapat berguna untuk mencegah infeksi pada luka yang sudah terjadi pada burung agar tidak semakin memburung dan tentunya membantu proses penyembuhannya. Manfaat daun sirih pada burung lovebird tersebut bisa diperoleh karena adanya sifat antiseptik.  (Baca juga : cara memelihara lovebird di rumah)

  1. Mengatasi penyakit snot

Manfaat lain yang dimiliki oleh daun suruh untuk burung lovebird adalah membantu mengatasi penyakit snot yang sering menyebabkan para pemilik burung menjadi pusing. Penyakit snot sendiri merupakan penyakit yang dapat menyebabkan munculnya masalah pada mata burung lovebird. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dapat menggunakan air daun sirih langsung pada mata burung ataupun mencampurkan daun sirih sebagai makanan tambahan.  (Baca juga : cara memelihara burung lovebird)

  1. Mengatasi masalah kesehatan pada burung yang berkaitan dengan infeksi

Infeksi merupakan salah satu jenis permasalahan kesehatan yang dapat menyerang burung dan tentunya perlu perhatian khusus agar dapat teratasi, Sifat antibakteri pada daun sirih ternyaga mampu membantu mencegah maupun mengobati berbagai macam permasalahan kesehatan pada burung yang berhubungan dengan infeksi. Daun sirih dapat dicoba sebagai makanan tambahan karena memang kandungan nutrisinya cukup baik bagi kondisi kesehatan burung.  (Baca juga :  cara menyembuhkan patek pada burung lovebird)

  1. Manfaat lainnya 

Selain bermanfaat untuk burung, daun sirih sudah lama dikenal bermanfaat bagi manusia dalam hal membantu menghentikan pendarahan pada hidung atau yang dikenal dengan mimisan, mengatasi batuk, mengatasi bau badan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa manfaat daun sirih pada burung lovebird yang perlu diketahui terutama bagi para pecinta burung yang sering menemukan masalah penyakit snot dan kutuan pada burungnya.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 03rd, December 2018 / 01:53 Oleh :
Kategori : Burung