Sponsors Link

10 Manfaat Susu untuk Kucing Persia

Sebagai pemilik hewan kucing persia yang penyayang, memang timbul keinginan untuk memberikan segalanya yang terbaik, mulai dari makanan dan minuman,tempat tinggal, hingga kasih sayang.

Hal tersebut tak jarang menjadi alasan diberikannya susu pada hewan kucing persia. Namun susu yang diberikan pada hewan kucing persia tak boleh sama seperti yang dikonsumsi manusia.

Harus susu yang memang khusus untuk hewan kucing persia, sebab susu untuk manusia yang umumnya terbuat dari susu sapi dan mengandung gula tidak baik untuk pencernaan hewan kucing persia, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan pencernaan. Sebab itu, tak apa sobat menyayangi hewan kucing persia, namun berikan semua yang memang ditujukan untuk hewan kucing persia, bukan memberikan produk manusia.

Syarat Susu untuk Kucing persia

Susu pada umumnya mengandung laktosa atau gula yang merupakan salah satu komponen khas di dalamnya bersama trigliserida (lemak) dan kasein (protein). Untuk mencerna laktosa, pencernaan harus menggunakan enzim laktase. (Baca juga mengenai manfaat kucing dalam kehidupan sehari hari)

Hewan kucing persia tidak dapat memproduksi laktase sehingga laktosa menjadi tidak terurai. Butiran laktosa laktosa tersebut akan tertinggal di muka lubang usus halus dan menyerap banyak air dari sekitarnya sehingga menimbulkan diare. (Baca juga mengenai manfaat obat cacing pada kucing)

Bakteri pun mudah menyerang usus dan menyebabkan fermentasi dalam jumlah besar untuk membentuk gas. Akibatnya hewan kucing persia akan merasakan rasa sakit yang luar biasa pada perutnya. Efeknya hewan kucing persia bisa menderita diare. Diare yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi pada hewan kucing persia dan dapat berujung kematian. (Baca juga mengenai lidah buaya pada kucing)

Merk Susu yang Baik untuk Hewan Kucing persia yaitu

Susu KMR (kitten replace milk) dan susu non laktosa. Banyak yang menyediakan di toko atau pet shop. Contohnya baby cat milk dari Top Growth (kitten replace milk), Royal Canin Vet care nutrition, whiskas cat milk dan sebagainya. (Baca juga mengenai manfaat suntik jamur pada kucing)

Jika Sobat tidak bisa mendapatkan susu khusus untuk hewan kucing persia tersebut, Sobat bisa juga menggantinya dengan susu bayi non laktosa seperti SGM LLM, SGM Soya, SINILAC, Nutrilon Soya, Vitalac BL, dan Bebelac FL. Meski sebenarnya susu bayi masih mengandung laktosa, tapi kandungannya hanya sedikit sehingga aman untuk Hewan kucing persia, tentunya dengan pemberian takaran yang sesuai dengan konsultasi dokter hewan. (Baca juga mengenai tahapan vaksin pada kucing)

Untuk hewan kucing persia bayi 0 – 1,5 bulan, usahakan mendapat ASI langsung dari induknya, karena asi induk hewan kucing persia mengandung kolostrum yang dapat menambah daya tahan tubuh. Jika tidak ada berikan susu KMR atau susu non laktosa.

Sedang untuk hewan kucing persia dewasa, sebenarnya tidak terlalu memerlukan asupan susu, karena makanan hewan kucing persia, dryfood maupun wetfood umumnya sudah memenuhi scirir gizi yang diperlukan. Hentikan pemberian susu bila hewan kucing persia mulai mengalami ciri ciri diare.

10 Manfaat Susu untuk Kucing Persia (yang memenuhi syarat susu khusus hewan kucing)

1. Memperkuat daya tahan tubuh.

2. Membantu menambah tenaga saat tubuh hewan kucing persia terasa lemah.

3. Secara perlahan dapat membantu menambah berat badan.

4. Menambah asupan vitamin yang diperlukan oleh hewan kucing persia.

5. Menjaga kesehatan tulang.

6. Membuat badan terasa rileks sehingga efeknya tidur menjadi lebih nyenyak.

7. Menunjang kesehatan pencernaan hewan kucing persia

Bakteri jenis Bifidus maupun bakteri asam laktat lainnya, merupakan jenis probiotik, yaitu bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan usus hewan kucing persia. Terutama untuk anak hewan kucing persia dan hewan kucing persia senior yang rentan mengalami gangguan perut.

Sobat perlu memilih susu yang tepat untuk memelihara kesehatan gastrointestinal mereka. Sobat bisa memilih susu hewan kucing persia yang bebas laktosa untuk menghindarkan hewan kucing persia dari gangguan perut. Produk seperti susu kambing alami juga disarankan.

Komposisi susu hewan yang paling mirip dengan induk hewan kucing persia adalah susu yang berasal dari induk kambing. Susu kambing murni hadir dengan formula alami dari indukan kambing pilihan yang cocok dikonsumsi oleh hewan kucing persia.

Rendah laktosa dan hypoallergenic, Susu kambing murni aman dan dapat membantu meningkatkan proses pencernaan. Untuk hewan kucing persia dewasa, susu kambing ini dapat berfungsi sebagai suplemen nutrisi untuk memelihara kesehatan. Selain itu, Susu kambing murni diklaim cocok dikonsumsi anak hewan kucing persia, hewan kucing persia dewasa, hewan kucing persia hamil, dan hewan kucing persia sakit untuk membantu penyerapan nutrisi.

8. Membantu memelihara kesehatan

Asam linoleic menjaga kulit hewan kucing persia tetap sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Fruktooligosakarida meningkatkan daya tahan tubuh. DHA dan EPA dari minyak ikan juga meningkatkan fungsi kognitif otak hewan kucing persia dan mendukung fungsi retina anak hewan kucing persia. Seperti halnya manusia, mineral seperti vitamin dan kalsium juga sangat diperlukan dalam memenuhi asupan gizi hewan kucing persia segala usia.

9. Melengkapi kebutuhan zat lainnya yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh

Taurin adalah sejenis turunan asam amino, yang banyak terkandung dalam susu untuk hewan kucing persia. Zat ini berguna dalam menjaga kesehatan mata dan organ dalam hewan kucing persia, serta membantu pemulihan tubuh. Karena tubuh hewan kucing persia tidak mampu produksi taurin secara alami, susu hewan kucing persia yang mengandung nutrisi tambahan seperti taurin sangatlah penting.

10. Sebagai suplemen

Bahan antioksidan kompleks seperti taurin, vitamin E, vitamin C, minyak ikan, dan fruktooligosakarida yang terdapat pada susu khusus hewan kucing persia dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak hewan kucing persia.

Susu khusus hewan kucing persia memiliki struktur bubuk granula mikro yang membuatnya cepat larut dan tidak gumpal. Kadar laktosanya cukup rendah sehingga mudah dicerna. Selain untuk anak hewan kucing persia, susu ini juga dapat dikonsumsi sebagai suplemen untuk indukan menyusui, hewan kucing persia sakit, dan hewan kucing persia berusia lanjut.

Nah sobat, itulah penjelasan lengkap mengenai susu untuk hewan kucing persia, ingat! jangan sembarangan memberikan nutrisi pada hewan kucing persia, berikan yang benar benar aman dan dibutuhkan olehnya, jauh lebih baik untuk disertai dengan konsultasi dengan dokter.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,
Post Date: Thursday 06th, December 2018 / 22:39 Oleh :
Kategori : Kucing