Sponsors Link

6 Mitos Burung Pipit Masuk Rumah Malam Hari

Burung PIpit

Semua orang pun mengerti, anda juga pastinya bahwa masyarakat Jawa mempunyai banyak sekali mitos. Mereka memiliki ikatan kuat dan bisa dibilang sangat erat terhadap lingkungan alam. Selain itu mereka juga sangat memperhatikan kejadian-kejadian yang sebagai pertanda dari alam sekitar. Semua itu berawal dari ilmu Titen, yakni ilmu kepastian feeling. Ilmu titen adalah ilmu yang mampu mendeteksi suatu kejadian yang konstan, yang terjadi terus-menerus dan juga berkaitan dengan kejadian lain yang konstan berlangsung dalam kondisi yang masih sama.

Salah satu mitos alam yang sering dan umum ramai adalah mengenai burung, ada beberapa jenis yang dianggap mendatangkan hal-hal tertentu. Mirip sekali seperti yang sudah disampaikan yakni tentang mitos memelihara burung hantu. Namun kali ini bukan tentang itu, melainkan spesies burung lain sebut saja burung pipit. Burung pipit merupakan sebuah nama umum untuk sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian yang menyebar di wilayah tropis Dunia Lama dan Australasia. Jadi, tidak sama seperti burung hantu si pemakan daging, dan beberapa makanan burung hantu liar dapat anda simak kembali yang semuanya merupakan daging-dagingan.

Sedangkan mengenai burung pipit, sekarang ini dimasukkan dalam suku Estrildidae, meski ada juga yang menganggap kelompok ini adalah anak-suku (Estrildinae), bagian dari suku Passeridae yang lebih luas. Namun untuk sebelumnya, kelompok burung ini ditempatkan dalam suku manyar-manyaran, Ploceidae.

Jenis-jenis dari burung pipit (termasuk bondol dan gelatik) senang berkelompok, dan sering terlihat bergerak serta mencari makanan dalam gerombolan yang cukup besar. Perawakan yang dimiliki oleh burung-burung ini masih serupa, begitupun dengan kebiasaannya. Uniknya, mereka mempunyai bulu-bulu bervariasi nan cantik. Lalu apa saja mitos burung pipit masuk rumah malam hari?

1. Pertanda Ada Kabar Baik

Salah satu mitos yang umum akan keberadaan burung pipit masuk kerumah pada malam hari adalah, adanya suatu kabar baik. Entah kabar tersebut mengenai keluarga, kerabat, sahabat, atau untuk diri sendiri yang pasti hal itu masih mengarah pada kabar yang berkaitan dengan rumah yang di hinggapi burung pipit pada malam hari. Misalnya, kabar mengenai seorang teman yang akan datang dan memberikan pekerjaan, kabar tentang diterimanya kerja, dan kabar baik yang lainnya.

2. Akan Kedatangan Tamu Istimewa

Selain kabar baik yang sudah disampaikan, mitos burung pipit masuk rumah malam hari juga dianggap sebagai pertanda bahwa akan ada tamu istimewa yang datang kerumah. Barangkali tamu istimewa tersebut adalah keluarga dari jauh, orang yang disayangi, atau tamu yang mempunyai wibawa dan atau orang-orang besar lain.

3. Kabar Baik Tentang Hubungan Asmara

Burung pipit selalu dikaitkan pula dengan  kabar menarik tentang hubungan asmara. Kemungkinan jika ada burung pipit yang masuk kerumah pada malam hari adalah adanya seseorang yang datang untuk melamar, seseorang yang sengaja datang karena hanya untuk bertamu lantaran ingin mendapatkan hati. Namun, tidak semua hal baik mengenai percintaan untuk si pemilik rumah.

Terkadang kehadiran burung pipit yang masuk rumah malam hari bisa juga akan segera mendapatkan undangan pernikahan. Sementara itu ada juga mitos ini karena ada seseorang yang mencintai dan sedang merindukan si pemilik rumah yang dihinggapi burung pipit. Berkaitan dengan itu, berikut ini ciri ciri kucing berhasil kawin dan hamil yang dapat diketahui juga.

4. Pertanda Buruk

Namun mitos burung pipit masuk rumah malam hari tidak sepenuhnya selalu berkaitan dengan kabar menarik. Mitos lain ada juga bahwa kehadiran burung pipit malam hari adanya pertanda buruk. Misalnya seperti pertanda akan ada maling atau pencuri, dan bahkan bisa juga di artikan sebagai pertanda akan kedatangan tamu yang memberikan maksud buruk atau kabar buruk.

5. Ilmu Hitam

Mitos lain mengenai burung pipit yang masuk ke dalam rumah pada saat malam hari, ada yang menganggap pula bahwa akan ada orang yang berniat buruk pada salah satu orang dirumah itu dengan menggunakan ilmu hitam alias guna-guna. Mungkin orang lain tersebut tidak menyukai salah satu atau semua anggota keluarga pemilik rumah yang dihinggapi burung pipit tersebut dan bermaksud untuk mengguna-gunai.

6. Datangnya Rejeki

Rejeki memang datang dari Yang Maha Kuasa, namun banyak perantaranya. Mitos tentang rejeki itu juga dikaitkan dengan munculnya burung pipit yang masuk kerumah malam hari. Entah malam itu juga, besok pagi atau lusa si pemilik rumah akan mendapatkan rejeki yang tidak selalu uang. Bisa jadi rejeki itu dalam kategori besar seperti akan mendapatkan hadiah umroh, mendapatkan undian berhadiah lomba dan masih banyak lagi.

Namun, mitos adalah sesuatu yang tidak seratus persen benar. Hal ini menjadi sesuatu yang sudah dipercaya sebagian besar masyarakat hingga sekarang ini. Hal-hal lain mengenai burung pipit yang dapat anda simak adalah seperti ciri-ciri burung pipit jantan dan betina, serta masih banyak lagi. Demikian yang bisa disampaikan semoga bermanfaat, dan jangan lupa mengetahui juga tentang cara ternak burung emprit sawah paling mudah.

, , , ,
Post Date: Sunday 17th, November 2019 / 15:58 Oleh :
Kategori : Burung