Sponsors Link

7 Makanan Burung Gereja yang Bernutrisi Tinggi

Burung Gereja

Pecinta burung semua, sebelumnya sudah disampaikan perihal tentang makanan burung hantu liar. Sekarang ini adalah tentang makanan burung gereja, apa saja. Mengingat banyak yang mempertanyakan jenis-jenis yang menjadi makanan si burung gereja tersebut. Banyak sudah hal-hal mengenai burung yang sudah di uraikan pada artikel sebelumnya, termasuk juga mitos-mitosnya. Diantara mitos mengenai burung tersebut adalah tentang mitos burung pipit masuk rumah malam hari, mitos memelihara burung hantu.

Anda pun tentu tidak asing dengan yang namanya burung gereja, kan? Setidaknya meskipun belum pernah melihatnya secara langsung anda bisa searching di internet dan atau mendengar namanya. Apa sih spesies burung ini dan apa saja makanan yang tepat dan paling bernutrisi bagi burung gereja?

Burung gereja atau dikenal juga dengan Burung Pingai adalah jenis burung pipit kecil yang berasal dari keluarga Passeridae. Burung-burung ini akan mendiami kota-kota tertentu dalam jumlah yang cukup besar. Pada umumnya, burung gereja mempunyai ciri fisik berbentuk kecil, berwarna coklat-kelabu, gemuk, berekor pendek, serta memliki paruh yang sangat kuat. Makanan utama dari burung gereja adalah biji dan juga beberapa jenis serangga kecil yang akan disampaikan dibawah. Pada awalnya, burung gereja atau sparrow berasal dari Eropa, Afrika, dan Asia, kemudian burung ini disebarkan ke Australia dan Amerika oleh penduduk. Mengapa disebut dengan burung gereja?

Disebut burung gereja lantaran habitatnya di halaman maupun atap gereja. Burung gereja tak jauh berbeda dengan burung pipit seperti yang anda ketahui pada umumnya. Untuk jenis burung gereja jantan memiliki keunikan yakni mampu mengeluarkan suara nyaring.

Jika anda memilikinya dirumah, ada cara burung gereja cepat gacor yang bisa anda simak. Karena suara memberikan ketertarikan tersendiri, jadi penting sekali anda membuat burung gereja gacor dengan cepat. Burung gereja yang ditemukan di dataran Afrika antara lain jenis burung gereja Passer, burung gereja Petronia, serta burung gereja Montifringila. Sedangkan burung gereja yang seringkali anda temui bernama Passer Domesticus. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat Anda berikan terhadap burung gereja:

1. Beras Merah

Beras merah sangatlah baik untuk pertumbuhan burung gereja bila anda berikan untuk yang dewasa, nantinya pertumbuhannya sangat cepat dan berkualitas. Mengapa harus beras merah? Karena sudah menjadi makanannya, dan burung gereja bisa serta mampu memakan beras merah. Disamping itu kandungan gizi di dalamnya sangatlah penting untuk kesehatan burung gereja. Nutrisi yang terkandung didalamnya menambah stamina bagi burung gereja.

Akan tetapi jika anda ingin di berikan pada anakan burung gereja, alangkah baiknya untuk memberikan beras merah tersebut, di tumbuk dulu agar lebih halus dan kasihlah beras tersebut air sedikit hingga menjadi adonan namun masih padat cara memberikan makannya dengan cara menyuapkan adonan beras merah tersebut ke mulut burung gereja tersebut.

2. Jagung

Selain beras merah, makanan burung gereja lainnya adalah jagung. Merupakan biji-bijian yang bisa anda berikan pada burung gereja dewasa baik ditumbuk ataupun tidak. Tetapi jika anda berikan pada anakan burung gereja haruslah ditumbuh sampai halus guna mempermudah proses pencernaan dan menelan. Tetapi sebaiknya anda menumbukknya untuk burung gereja dewasa ataupun anakan.

3. Padi

Padi menjadi makanan semua jenis burung, termasuknya juga si burung gereja. Padi adalah sumber protein yang baik di konsumsi dan diberikan pada sang burung baik dewasa atau anakan. Selain protein padi juga mengandung karbohidrat yang mampu memberikan efek positif masa pertumbuhannya. Makanan ini juga cocok diberikan ketika Anda menerapkan cara ternak burung emprit sawah paling mudah berikut.

4.  Serangga

Tak hanya biji-bijian, nyatanya burung gereja juga memakan serangga dan semua jenis serangga kecil lainnya. Jangan salah, karena serangga pun juga mempunyai kandungan nutrisi yang cukup banyak dan dibutuhkan oleh tubuh si burung. Serangga sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Salah satunya untuk menunjang kekuatan dan daya tahan tubuh. Adapun beberapa jenis serangga yang bisa anda berikan adalah jangkrik, belalang, dan juga kroto. Tetapi yang harus anda ingat bahwa untuk memberikan serangga jangan terlalu sering, cukup berikan dua kali dalam satu minggu saja.

5. Voer

Jenis makanan burung gereja yang kelima ini adalah pakan instan pabrikan yakni voer. Anda pastinya sudah tahu voer, yang bisa dibeli dari kios pakan ternak dengan harga terjangkau. Jika anda memelihara burung gereja dirumah, sebaiknya tidak lupa memberikan voer sebagai pakan selingan. Kandungan voer didalamnya sangat baik untuk menunjang pertumbuhan si burung.

6. Buah-Buahan

Bukan hal asing lagi bahwa semua burung ternak pun bisa memakan buah. Anda bisa memberikan buah-buahan segar yang banyak memiliki kandungan air pada burung gereja, diantaranya adalah apel, pir, tomat, pepaya, pisang dan beberapa jenis lainnya.

7. Sayuran

Tidak semua sayuran bisa anda berikan pada burung gereja, beberapa yang bisa dikonsumsikan adalah kol, brokoli yang mempunyai kandungan gizi baik untuk burung gereja. Sedangkan untuk burung ciblek, berikut beberapa jenis sayuran untuk burung ciblek yang bisa Anda berikan.

Itulah daftar 7 makanan burung gereja yang bisa anda berikan, selamat membaca dan selamat mencoba.

, , , ,
Post Date: Monday 18th, November 2019 / 16:06 Oleh :
Kategori : Burung