Sponsors Link

8 Tips Memelihara Ikan Bandeng Organik

Sponsors Link

Bandeng menjadi salah satu jenis ikan yang banyak di jumpai sehari-hari, seperti halnya di pasar. Hampir sering anda menjumpai ikan bandeng karena banyaknya konsumen yang membutuhkan. Ya, kebutuhan konsumsi sehari-hari seseorang tidak lain memerlukan asupan protein yang bisa di dapatkan pada ikan bandeng. Artinya bandeng cukup mampu menjadi pemenuhan nutrisi tubuh manusia.

ads

Banyak yang menjual ikan bandeng lantaran jumlah permintaan konsumen yang terus meningkat. Apalagi banyak olahan yang bisa di sajikan di setiap rumah makan atau restoran. Misalnya saja adalah bandeng presto, dimana sudah pasti rasanya berbeda dengan olahan biasa. Untuk ajang bisnis, bandeng cukup menjanjikan sekali.

Jika anda mengincar bisnis yang berpeluang keuntungan cukup besar, maka budidaya bandeng adalah pilihan yang tepat. Tips memelihara Ikan Bandeng organik adalah ulasan yang harus anda simak agar mengerti tata cara perawatan yang benar dan tepat. Lantas mengapa harus organik? Belakangan terakhir memang banyak permintaan akan bandeng organik karena dianggap lebih steril dan aman dari bahan kimia. (Baca Juga: Cara Budidaya Bandeng Organik)

Disamping itu, bandeng jenis organik memang mempunyai rasa lebih gurih dan daging yang empuk menjadi alternatif pilihan terbaik. Bandeng jenis organik diberikan pakan yang alami, sehingga akan lebih sehat dan aman di konsumsi. Lantas bagaimana tips pemeliharaannya bisa anda simak berikut ini:

Tips Memelihara Ikan Bandeng Organik

1. Persiapan Lahan atau Tempat

Sudahkah anda mempersiapkan lokasi untuk bandeng? Karena di dalam budidaya ikan bandeng jelas yang di butuhkan pertama adalah tempat atau lahan. Budidaya ikan bandeng ini, mau tidak mau tetap harus ada lokasi yang free sehingga memuluskan jalannya anda dalam masa perawatan dan budidaya. (Baca Juga: Budidaya Ikan Bandeng di Keramba Jaring Apung)

2. Pemilihan Benih

Setelah anda menyiapkan lokasi lahan untuk berbudidaya, langkah selanjutnya pada rangkaian tips pemeliharaan terhadap Ikan Bandeng Organik ini adalah dengan melakukan pemilihan benih yang terbaik. Anda bisa membeli di penjual bibit ikan bandeng, namun perhatikan ciri-ciri ikan bandeng yang sehat seperti berikut:

  • Gerakan Lincah
  • Tidak Pucat
  • Tidak Sakit
  • Nafsu Makan Baik
  • Berat Badan Normal
  • Tidak Cacat Fisik

3. Persiapan Peralatan Budidaya

Dalam usaha budidaya ikan bandeng, tidak semata-mata anda hanya membutuhkan ikan dan air saja. Akan ada banyak perangkat yang nantinya di butuhkan misalnya seperti mesim pemompa air digunakan untuk mengisi air tambak, pipa paralon besar sebagai pendorong. (Baca Juga: Budidaya Ikan Bandeng Semi Intensif)

4. Pemberian Probiotik

Probiotik sama halnya memberikan nutrisi untuk sang ikan bandeng. Mengapa harus probiotik karena lebih alami dan bisa di buat sendiri dirumah. Nah, salah satu yang umum di gunakan adalah POC. Pemberian POC ini dengan cara di tebar ke atas permukaan air tambak dan di diamkan kurang lebih selama 7 – hari atau sama dengan semingguan.

Sponsors Link

5. Pemberian Pakan Terbaik

Bandeng organik tetap bisa di berikan pakan instan yang dibeli pada kios pakan. Asalkan tidak terlalu sering tidak masalah, mengingat jika harus diberikan pakan alami setiap hari akan membuatnya bosan dan belum tentu pemenuhan gizinya tercapai. Jadi, pakan yang biasa di beli di toko atau pakan buatan alami di berikan untuk menyeimbangkan nilai gizi yang ada di masing-masing pakan. Pakan terbaik adalah merek pakan ikan bandeng yang berkualitas dan terpercaya. (Baca Juga: Budidaya Bandeng Tanpa Pakan)

6. Pemberian Pakan Alami

Selain pakan instan, anda juga harus menyiapkan segala jenis pakan alami sebagai tambahannya. Disini anda bisa memberikan pakan ikan bandeng berupa sisa makanan yang tidak habis, sampai dengan sayuran seperti kangkung, kubis dan beberapa yang lainnya.

7. Pemupukan

Untuk tips berikutnya yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan memberikan pupuk yang tujuannya tak jauh berbeda dengan memberikan probiotik alami. Tujuannya yakni untuk mengembangkan ikan bandeng agar cepat besar dan berkembang pesat dengan kualitas terbaik. Sehingga anda harus menyiapkan jenis pupuk untuk ikan bandeng, dan menaburkan pada kolam atau tambak seminggu sekali dengan kadar yang menyesuaikan kapasitas bandeng. (Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Bandeng Tambak)

8. Penyortiran

Jika beberapa langkah di atas sudah anda lakukan, maka jangan lupa untuk melakukan penyortiran yang mana dibutuhkan untuk membedakan jenis ikan yang sehat atau yang sakit dan cacat. Penyortiran dilakukan dengan menyatukan jenis bandeng yang besar dengan yang besar dan yang sakit dengan yang sakit atau yang sehat dengan yang sehat sampai dengan yang kurus dengan yang kurus.

Nah, begitulah delapan poin dalam tips memelihara Ikan Bandeng Organik yang telah di sampaikan. Ketika semuanya sudah dilakukan dengan baik, maka pada masa panen akan mendapatkan hasil yang optimal. Namun anda harus benar-benar bisa memastikan bahwa ikan bandeng anda telah menuai masanya. Pilihlah bandeng yang sudah berusia tua dan mempunyai bobot normal besar, sehat dan tidak cacat. Maka demikian, bandeng akan laris di pasaran dengan harga jual cukup mahal. Demikian yang bisa di sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Friday 17th, May 2019 / 21:38 Oleh :
Kategori : Ikan