Sponsors Link

7 Manfaat Keong Turbo di Dalam Aquascape

Sponsors Link

Dunia kelautan atau air mungkin sangat indah jika anda mau mengenal berbagai jenis binatang yang ada. Disana ada ragam jenis ikan, dan semua binatang air lainnya termasuk keong. Nah, keong sendiri merupakan salah satu binatang laut bercangkang yang mudah sekali di temui. Tanpa harus berada di laut atau pantai, di perairan kecil seperti sungai pun anda bisa menemuinya. Apalagi jika musim hujan tiba, rasanya keong seperti menampakkan populasi utuh.

ads

Keong menjadi salah satu jenis binatang yang cantik untuk isi aquascape. Jenisnya sendiri cukup beragam, seperti yang akan di bahas kali ini adalah keong turbo. Jika anda tidak mengenal jenis keong ini, mungkin pernah mendengar keong turbo? Ya, kedua nama tersebut sama untuk satu keong turbo ini. Apa saja manfaat Keong Turbo di dalam Aquascape? Apapun itu, semuanya akan di sampaikan pada beberapa poin berikut.

Tetapi perlu anda ketahui bahwa keong turbo ini menjadi jenis paling populer dikalangan penghobi aquascape. Sedangkan untuk nama latin atau nama ilmiah keong turbo ini yaitu Neritina turrita atau Neritina Natalensis. Penampakan keong ini akan makin cantik lantaran mempunyai corak atau warna cangkang emas dengan garis-garis hitam belang seperti zebra. Ukuran umumnya biasanya 1-3 cm. (Baca Juga: Jenis Ikan Pembersih Untuk Aquascape)

Apabila anda salah satu orang yang ingin memelihara keong turbo di dalam aquascape, jangan lupa untuk mengetahui berbagai macam manfaat Keong Turbo ketika berada di Aquascape berikut. Adapun habitat asli untuk keong ini  yaitu perairan berarus deras.

Bukan saja memiliki penampilan yang indah, tetapi keong turbo ini juga mengusung kelebihan untuk memakan dan membersihkan lumut yang menempel pada kaca akuarium, batu dan bahkan daun sekalipun. Lantaran mempunyai ukuran yang cukup besar dan juga lebih berat dari pada jenis keong yang lainnya, sehingga keong turbo tidak mampu memakan lumut di daun yang berukuran kecil. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Manfaat Keong Turbo di Dalam Aquascape

1. Membersihkan Aquascape

Manfaat yang pertama keong turbo atau keong zebra ini adalah untuk membersihkan aquascape atau juga akuarium. Secara menyeluruh, jika anda memelihara jenis keong ini maka tidak perlu membersihkan aquascape atau akuarium terlalu banyak. (Baca Juga: Tips Budidaya Ikan Sapu-Sapu Hias Bagi Pemula)

2. Membersihkan Dinding Kaca

Sebagaimana anda ketahui bahwa aquascape tidak jauh berbeda dengan akuarium yang terbuat dari kaca-kaca. Hanya saja untuk aquascape ini ukurannya lebih besar. Jadi, adapun manfaat dari adanya keong turbo pada aquascape ini adalah untuk membersihkan dinding-dinding kaca. Sehingga kaca akan senantiasa bening tanpa harus anda yang membersihkannya. Namun jika merasa kurang puas, anda bisa menambahkan untuk membersihkannya sendiri.

3. Membersihkan Alga

Alga adalah salah satu tumbuhan air yang menjadi bagian dari ibarat sampah. Artinya, dalam sebuah aquascape sendiri alga sangat tak di butuhkan dan menjadi kotoran saja. Aquascape anda akan menjadi kotor jika terdapat alga yang bersarang disana. Jadi, dengan adanya keong turbo di dalamnya menjadikan aquascape lebih bersih karena habis termakan oleh keong tersebut.

Jika anda belum mengerti bentuk alga, sejatinya tanaman ini mirip rumput dan sekilas memang mirip dengan rumput laut, cukup besar dan bersemak di dalam air. (Baca Juga: Jenis Telur Ikan Untuk Makanan)

Sponsors Link

4. Membersihkan Lumut

Jika poin di atas membahas tentang alga, maka berbeda lagi dengan lumut kali ini. Pentingnya mengapa saran untuk anda agar menyediakan keong turbo di dalam aquascape yakni untuk membersihkan aquascape dari lumut yang menebal. Lumut yang tidak di bersihkan akan semakin menumpuk dan menjadi makin kotor. Sehingga hal itu tentu saja akan mendatangkan banyak bakteri dan penyakit untuk peliharaan di dalamnya seperti ikan misalnya. Jadi, rawatlah keong turbo sebagai bagian yang mampu membersihkan lumut.

5. Membersihkan Kotoran Ikan

Banyak ikan maka akan semakin banyak pula kotoran yang ada di dalam akuarium atau akuascape. Jadi, sangat berguna sekali jika anda merawat keong turbo atau keong zebra ini didalamnya. Nantinya keong tersebut akan berkemampuan untuk memakan kotoran ikan tersebut. (Baca Juga: Jenis Ikan Pembersih Kaca Kolam)

6. Menjernihkan Air

Bagaimana bisa jika keong turbo ini bisa menjadikan air makin bersih atau jernih? Hal itu lantaran kemampuannya yang luar biasa untuk mencerna semua kotoran dan mengurangi tingkat kekusaman air. Sehingga air akan senantiasa bersih dan jernih.

7. Menambah Eksotika AquaScape

Nah, sementara di samping enam manfaat di atas ternyata keong turbo ini juga mampu menjadi pelengkap keindahan aquascape. Keberadaan keong zebra akan menambah eksotika di dalam aquascape sehingga terlihat natural.

Saat ini dunia air seperti aquascape makin banyak di kembangkan sebagai salah satu bisnis. Namun jika ternyata hal itu tidak seindah yang di bayangkan para konsumen tentu saja akan mengurangi kuantitas hasil. Bagi anda yang sedang memulai usaha untuk mengembangkan bisnis aquascape maka jangan lupa untuk memberikan keong turbo di dalamnya mengingat manfaat Keong Turbo di dalam Aquascape. Salam sukses!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 17th, May 2019 / 21:08 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak