Sponsors Link

5 Tips Budidaya Ikan Oscar Untuk Pemula Yang Baik Dan Benar

Memelihara ikan merupakan salah satu bentuk hobi yang banyak dilakukan di masyarakat oleh beberapa orang. Hobi memelihara ikan tersebut sudah ada sejak jaman dahulu dan bertahan hingga sekarang. Terkait dengan aktivitas memelihara ikan tersebut ada berbagai macam jenis ikan yang hilir mudik menjadi ikan yang banyak dicari atau ikan populer yang salah satunya adalah ikan oskar. Meningkatnya kebutuhan ikan oscar dan daya tarik yang dimilikinya menjadikan proses budidaya ikan tersebut akan menguntungkan. Berikut beberapa tips budidaya ikan oscar untuk pemula agar dapat memberikan hasil panen maskimal dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Kebutuhan akuarium dan pakan ikan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam tips budidaya ikan oscar untuk pemula adalah kebutuhan akan akuarium dan pakan ikan yang sebelumnya harus sudah dipersiapkan. Ukuran ikan oscar cukup besar sehingga ukuran akuariumpun harus disesuaikan dengan minimal 200 liter. Air akuarium harus benar benar diperhatikan dan dibersihkan secara berkala. Untuk pakannya, secara umum dapat diberikan pakan apapun namun pemilihannya tetap harus bijak dan di alam liar ikan ini memakan serangga kecil serta krustaceae. Alga atau ganggang dapat ditambahkan di dalam akuarium untuk memenuhi kebutuhan serta dan vitamin C bagi ikan. (Baca juga : cara agar warna ikan oscar bagus)

  1. Pemilihan indukan ikan

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam proses budidaya ikan oscar adalah pemilihan indukan yang tepat. Indukan jantan dan betina dapat dimasukan sepasang dalam satu akuarium dan pastikan jenis kelaminnya. Jantan memiliki tubuh yang lebih panjang dan alat kelamin yang menonjol dibandingkan betina. Indukan jantan yang dipilih harus sehat dan lincah, sedangkan indukan betina harus sudah matang gonadnya dengan ciri perut yang membesar. (Baca juga : cara membuat vitamin untuk ikan hias)

  1. Proses pemijahan

Setelah kedua indukan dipilih maka tips budidaya ikan osca untuk pemula selanjutnya yang juga perlu diperhatikan dengan baik adalah proses pemijahan atau perkawinan ikan. Pemijahan dilakukan secara alami dengan memasukan indukan jantan dan betina yang sudah masak gonadnya dalam satu akuarium. Proses pemijahan tersebut biasanya akan berlangsung dengan cepat ketika kedua indukan memang sudah siap dan matang gonadnya. Untuk membantu proses pemijahan maka sesuaikan suhu air dengan kondisi lingkungan pada musim hujan karena ikan oscar lebih mudah memijah pada saat musim hujan. (Baca juga : jenis jenis ikan hias air tawar)

  1. Pemeliharaan benih ikan

Telur ikan yang dikeluarkan oleh indukan betina perlu dipisahkan dalam kolam penetasan. Telur yang sudah menetas tidak perlu diberikan pakan selama 4 hari awal kehidupannya karena masih memiliki persediaan makanan sendiri. Ikan yang berumur 5 hari perlu diberi pakan rotifera untuk menghindari sikap kanibal. Ikan yang semakin dewasa dapat diajari dengan pemberian pakan yang lebih kasar secara bertahap seperti kutu air saring di usia 10 hari dan cacing rambut pada usia 2 minggu. (Baca juga : cara budidaya ikan di empang)

  1. Pembesaran ikan

Setelah bibit ikan oscar dapat dipelihara maka langkah terakhir dalam proses budidaya ikan oscar tersebut adalah membesarkan ikan. Pembesaran ikan dilakukan pada kolam pembesaran dengan ukuran yang cukup besar hingga dapat menampung 300 ekor ikan sekaligus. Hingga usia 1 – 5 bulan ikan yang dibesarkan diberika pakan cacing rambut dan sebaiknya mulai dikurangi jumlahnya atau dibagi dalam kolam lain maksimal berisi 200 ikan. Pada umur 6 bulan, ikan sudah dapat diberi pakan udang rebon hingga tumbuh dewasa. (Baca juga : cara memelihara ikan aquarium agar tidak mati)

Itulah beberapa tips budidaya ikan oscar untuk pemula yang perlu diperhatikan dengan baik agar prosesnya berjalan dengan lancar dan dapat memberikan hasil yang maksimal.

, ,
Post Date: Tuesday 14th, May 2019 / 01:18 Oleh :
Kategori : Ikan